5 Atraksi Wisata Candi Prambanan yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

5 atraksi wisata candi prambanan yang menjadi daya tarik wisatawan

Libur akhir tahun sudah di depan mata. Anak-anak sekolah sudah terima raport hasil belajar mereka. Begitu juga dengan anak-anak saya. Mereka pun sibuk menanyakan pada saya mau kemana liburan nanti.

Untuk pilihan tempat berlibur selama libur akhir tahun ini, saya sudah punya beberapa pilihan. Salah satunya yaitu mengunjungi Jogjakarta, kota yang menurut saya unforgetable place.

Baca juga: Liburan Keluarga di Bandung

Selain dulu saya pernah menuntut ilmu di kota tersebut, juga karena Jogjakarta memiliki tempat wisata edukasi sejarah yang begitu banyak. Contohnya saja candi Borobudur dan candi Prambanan.

Nah..saya pengen banget nih membawa anak-anak saya berlibur tapi juga sekaligus mengedukasi mereka. Terutama untuk memupuk dan menumbuhkan rasa cinta tanah air mereka melalui sejarah bangsa.

Baca juga : Merantau ke Jogjakarta sesuatu hal yang mustahil saya lakukan tapi berhasil dilakukan

Candi Prambanan yang berada tidak jauh dari bandar udara Adi Sutjipto ini menurut saya memiliki keistimewaan tersendiri.

5 atraksi wisata candi prambanan yang menjadi daya tarik wisatawan
Dok : Pixabay

Candi Prambanan yang dikenal sebagai candi Hindu terbesar ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi ini diciptakan sebagai bentuk pemujaan kepada Trimurti, tiga besar dewa dalam agama Hindu yaitu Brahma, Syiwa, dan Wisnu.

Sejak direkonstruksi pada tahun 1990, Candi Prambanan menjadi pusat perayaan ritual agama Hindu di Pulau Jawa seperti Galungan, Nyepi, dan Tawur Kesanga.

5 Atraksi Wisata di Candi Prambanan

Apa saja sih atraksi wisata yang dapat teman-teman saksikan di Prambanan? Simak ulasan saya berikut ya.

1. Arsitektur dan Relief pada Candi Prambanan

Wilayah Candi Prambanan berada di Sleman dan Klaten. Candi berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta, sementara pintu masuknya di Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Candi Hindu ini dibangun dengan seni arsitektur tinggi yang menerapkan teknologi maju pada zamannya.

Kompleks Candi Prambanan sendiri memiliki 240 buah candi yang terdiri dari candi induk dan candi pengapit. Kompleks candi ini bernama asli Siwaghra yang artinya rumah Siwa, maka candi induknya dinamakan Candi Siwa, sementara pengapitnya yaitu Candi Wisnu dan Candi Brahma.

Di sekelilingnya terdapat Candi Apit, Candi Kelir, Candi Perwara, dan Candi Patok. Pada sekeliling candi, tergambar relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

2. Museum Rumah Joglo

Di dalam kompleks candi terdapat Museum Rumah Joglo, tepatnya di bagian utara. Museum ini memuat koleksi benda-benda purbakala yang ditemukan di sekitar candi seperti, arca, patung, hingga batuan purba.

5 atraksi wisata candi prambanan yang menjadi daya tarik wisatawan
Dok : Pixabay

Masuk ke dalam museum gratis setelah membeli tiket masuk Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal yaitu Rp30.000 (relatif terjangkau ya), sementara untuk turis asing sekitar Rp180.000.

3. Sendra Tari Ramayana

Salah satu daya tarik wisata Prambanan yang saya suka adalah Sendra Tari Ramayana yang digelar pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu ketika malam bulan purnama setiap bulan.

Pertunjukan ini digelar mulai pukul 20.00 – 22.00 WIB di panggung terbuka berlatar candi induk yang megah. Harga tiket pertunjukan berbeda menurut kelasnya, mulai dari Rp125.000.

4. Ritual Tawur Agung

Sebagai tempat pusat ritual Hindu di Pulau Jawa, setiap tahun Candi Prambanan menjadi lokasi perayaan Nyepi.

Hari Raya Nyepi diisi dengan ritual Tawur Agung yang dimulai pada malam sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan ritual Nyepi yang dimulai pada siang hari dengan prosesi pembakaran dupa diiringi bacaan Weda dan bunyi lonceng.

Ketika Tawur Agung dijalankan, peserta ritual membawa ogoh-ogoh dari kertas yang akan dibakar sebelum terbitnya matahari. Kalian boleh lho ikut menyaksikan rangkaian ritual ini, tapi dengan syarat tidak mengganggu jalannya prosesi.

5. Prambanan Jazz Festival

Bagi penggemar musik jazz tentu gak asing lagi dengan Prambanan Jazz Festival. Prambanan Jazz Festival adalah event musik tahunan yang diadakan di kompleks Candi Prambanan.

Musisi-musisi yang pernah tampil dalam ajang ini bukan hanya dari musisi lokal aja lho tapi juga musisi kelas dunia antara lain Diana Krall, Tulus, Boyzone, Glenn Fredly, Ari Lasso, dan Dewa 19.

Ketika digelar pada Agustus 2018 lalu, festival musik ini berhasil menyedot hingga 42.000 penonton. Tiket untuk menonton pertunjukan Prambanan Jazz Festival dapat dipesan jauh sebelum acara secara online.

5 Atraksi wisata candi Prambanan yang menjadi daya tarik wisatawan
Sendratari Ramayana di candi Prambanan (Dok: ugm.ac.id)

Cara Menuju ke Candi Prambanan

Bagi kalian yang ber-backpacker ke Candi Prambanan, dari bandara Adisucipto dapat menggunakan taksi langsung ke lokasi.

Tapi kalo berangkat dari kawasan Jalan Malioboro, dapat menaiki bus Trans Jogja nomor 1A dengan tarif Rp3.600. Gak kalah dengan Jakarta kan, kalau Jogja juga punya transportasi umum seperti Trans Jakarta.

Walaupun begitu ada juga bus umum dari stasiun Umbulharjo dengan rute Prambanan. Jadi ada berbagai pilihan juga untuk teman-teman mau pakai yang mana.

Di dalam kompleks candi, kalian juga dapat menaiki kereta shuttle dengan tarif Rp7500 untuk pengunjung lokal.

Nah..demikian ulasan singkat saya tentang atraksi wisata yang ditawarkan oleh Candi Prambanan. Jangan lewatkan waktu-waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini ya.

So sudah menentukan pilihan mau kemana liburan nanti?Share yukk di kolom komentar.

7 Replies to “5 Atraksi Wisata Candi Prambanan yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan”

  1. Aku selalu betah ke Prambanan. Sukaaaaa banget. Prambanan Jazz aku pernah sekali, dan puas banget.

  2. Terakhir ke Prambanan pas kuliah. Ternyata udah lama banget ya. Mau ajakin Vito ke sini. Salah satu warisan budaya bangsa.

  3. AKu belum berhasil bawa anak-anak ke sini. Next kalau yang kecil agak gedean dikit, deh. Biar Emanya gak capek gendong. Tapi Candi Perambanan sudah semakin bagus aja. Semakin dirawat jadi lebih menarik juga.

  4. Mau nonton sendra tari Ramayana! Berarti harus paskan jadwal kunjungan sesuai jadwal bulan purnama yaa supaya bisa lihat pertunjukannya.

  5. Linda Nur Muhaimin says: Reply

    Pengen nonton Sendra Tari Ramayana, belum sempat aja…huhuu

  6. Wah sdh lama ga ke sini…jd pengen main ke sini.deh liat ini..😍

  7. waaaah jadi semakin pengen main ke jogja niiih, belum pernah ke jogjaaa hehehe

Leave a Reply