5 Perawatan Tubuh yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Pandemi Corona Melanda

perawatan tubuh

Nggak terasa pandemi Corona ini sudah berjalan lebih dari 3 bulan sejak pertama kali melanda Wuhan, China. Di negara kita pun penerapan social distancing dan work from home dilakukan dari bulan lalu.

Musibah ini memang tidak bisa kita elakkan, tapi setidaknya untuk mencegah penyebaran virus ini kita wajib mentaati himbauan pemerintah untuk tetap di rumah aja. Bagaimana pun penyebaran virus ini tidak terlihat dan kita tidak tahu apakah kita terjangkiti atau tidak.

Selama masa Pembatasan Sosial Berjarak Bersama (PSBB) yang diterapkan pemerintah, tentunya kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Bosan? Pastilah. Tapi sebenarnya ada banyak kok kegiatan yang bisa kita lakukan selama di rumah aja, salah satunya perawatan tubuh.

perawatan tubuh

5 perawatan tubuh di saat pandemi Corona melanda

Selain melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, bersih-bersih rumah, olahraga, berkebun, melakukan perawatan tubuh juga penting lho dilakukan saat merasa bosan akibat pandemi Corona saat ini.

5 perawatan tubuh yang saya lakukan ini sekaligus sebagai me-time saya di sela-sela waktu bekerja, mengurus rumah dan anak-anak:

1. Luluran atau body scrub

Membersihkan tubuh setiap hari seperti mandi sudah pasti saya lakukan. Namun terkadang saya masih merasa ingin melakukan perawatan lain seperti luluran atau body scrub.

Luluran atau body scrub ini membantu merontokkan kotoran seperti daki atau kulit mati yang tidak dapat dilakukan hanya dengan sabun saja. Biasanya luluran atau body scrub ini saya lakukan seminggu sekali atau kalau lagi rajin seminggu dua kali.

perawatan tubuh
Luluran ala-ala (dokpri).

Untuk produknya, saya menggunakan produk yang terdapat di pasaran. Sekarang ini saya menggunakan produk dari DeGreen salon dan spa yaitu body scrub yang mengandung ekstrak strawberry dan yoghurt. Terkadang saya membuat sendiri seperti campuran minyak zaitun dan kopi atau campuran madu dan kopi.

Khasiat luluran atau body scrub ini selain membuat tubuh lebih bersih, wangi juga memberikan sensasi menenangkan. Tubuh terasa ringan dan terasa lebih fresh.

2. Masker rambut

Selain mandi dan luluran, saya juga tidak melupakan menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Keramas dengan menggunakan sampo yang cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala saya.

Pemilihan sampo pun saya lakukan karena selain untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, juga membantu mengurangi ketombe yang bersarang di kepala.

perawatan tubuh
(pic by: shutterstock)

Beberapa kali saya sempat gonta ganti sampo karena ketidakcocokan. Problem rambut saya ini seringkali membuat saya merasa malu ketika saya merasakan gatal di kulit kepala. Rasa gatal yang mengganggu membuat saya ingin menggaruknya, namun karena berada di depan umum terpaksa saya urungkan.

Selain menggunakan sampo anti ketombe, saya juga rutin menggunakan masker rambut sebagai salah satu upaya mengurangi ketombe. Masker rambut yang saya lakukan setiap minggu ini juga sekaligus menutrisi rambut saya.

3. Masker wajah

Perawatan wajah yang saya lakukan selain menggunakan pembersih khusus wajah, yaitu menggunakan masker. Jenis masker wajah ada bermacam-macam tergantung pada jenis kulit wajah kita.

perawatan tubuh
(pic by:shutterstock)

Kebetulan sekali jenis kulit saya itu campuran antara berminyak dan sensitif. Saya menggunakan masker wajah ini seminggu sekali. Oiya, masker wajah yang saya pakai ada yang berupa sheet masks, ada yang berupa bubuk yang dicampur dengan air mawar, juga masker dalam tube berbentuk cream atau gel (peel of mask).

perawatan tubuh
Kalo keluar rumah pakenya jangan masker ini ya..(pic: dokpri).

Penggunaan masker ini juga saya selang-seling, antara sheet masks, masker bubuk atau peel off masks.

4. Menggunting dan mewarnai kuku

Di masa pandemi Corona sekarang ini, kebersihan sangatlah diutamakan. Rutin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik dan dibilas dengan air mengalir.

Selain mencuci tangan, jangan lupakan juga menjaga kebersihan kuku ya? Kuku yang panjang dan lentik memang menarik, tapi tetap harus dijaga kebersihannya.

perawatan tubuh
Warna cat kukunya sama dengan warna motif daster saya hehehe (pic: dokpri).

Menggunting dan mewarnai kuku juga saya lakukan di masa karantina ini. Selain untuk mengisi waktu, kegiatan ini juga menyenangkan karena saya dapat mengaplikasikan warna-warna di kuku jari jemari saya.

5. Memotong rambut sendiri

Rambut adalah mahkota bagi kaum perempuan. Walau saya mengenakan hijab, tapi saya juga memperhatikan perawatan rambut. Selain menjaga kebersihannya dengan keramas dan menutrisinya dengan masker, saya juga ingin tatanan rambut saya rapi dan tidak mengganggu aktivitas saya sehari-hari.

Biasanya untuk tatanan rambut, saya meminta tolong jasa kapster di salon langganan. Tapi di masa karantina ini salon langganan saya tutup, padahal rambut saya sudah lumayan panjang dan saya merasa mulai tidak nyaman.

perawatan tubuh
Dari yang panjang melewati bahu, jadilah kini seleher 😁 (pic : dokpri).

Solusinya saya memutuskan untuk memotong sendiri rambut saya. Berdasarkan informasi tutorial memotong rambut sendiri dari youtube, saya pun memantapkan hati untuk memotong rambut sendiri.

Walau hasilnya belum sempurna dan sebagus ketika dipotong di salon, tapi at least saya tidak merasa gerah lagi dengan rambut panjang saya. Though..ini jadi pengalaman sekali seumur hidup buat saya..hehehe.

Ini dia 5 perawatan tubuh yang saya lakukan di masa karantina ini. Masih banyak lagi hal lain yang bermanfaat yang dapat kita lakukan. Kalau kalian apa nih yang dilakukan saat masa karantina ini? Share yuk.

 

 

20 Replies to “5 Perawatan Tubuh yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Pandemi Corona Melanda”

  1. Kalau bu ibu jurusnya perawatan tubuh ya mbak saat psbb, kalau kaum adam kayak sya jurusnya tidur tiduran sambil nunggu waktu.buka hehehe

  2. wah aku mah gak bisa sendiri , makanya sdh lama nih gak perawatan rambut dan muka

  3. Aku potong rambut ya.sendiri hahaha..demen ih walau pandemi banyak waktu buat perawatan dirumah.

  4. Duh, kenapa aku jadi malas merawat tubuh selama masa karantina ya. Untuk wajah, cuma membersihkan wajah dengan pembersih dan sabun wajah, setelah itu pakai water spray. Kadang pakai serum wajah. Jadi kangen ke salon.

  5. Hidaaaay… kamarnya bagus amat, tak doain kamarnya selalu bagus dan malah tambah bagus ya amiiiin yra

    itu meni teh si kuku ijo royo royo, bikin mata seger, pake kuku ijo plus maskeran kek gitu ke tukang sayur aja bisa dianggap …. hahahahahh

  6. Selama pandemi gini, saya sedang rajin-rajinnya merawat wajah Mbak. Bikin masker alami dari kopi sama oatmeal. Asik juga, hasilnya juga enak di wajah

  7. saat konidi memaksa kita untuk dirumah aja tu paling pas emang buat ngerawat diri ya mbak, biar nggak bosen juga hihi

  8. Rajinnya hehe..biar gak bete harua bisa ekaplorasi termasuk urusan kecantikan ya

  9. Kalau pakai masker rambut aku juga selalu di rumah mba, tapi kalau potong rambut aku nunggu saudara dulu haha.. pernah gatot dan walaupun ga keliatan karena pakai kerudung, gedek karena ga rata potongnya wkwk

  10. Mantap nih, Mbak Hida. Walau di rumah tetap bisa melakukan perawatan. Kalau saya paling mandi saja hehehe.
    Dan itu kerennya bisa potong rambut sendiri. Soalnya jarang sekali yang bisa, Mbak. Kadang tidak rata motongnya.

  11. nomor 1 sampai 4 sudah dilakukan, memotong rambut sendiri ini yang belom bisa ka, pernah nyobain potong poni aja kependekan terus jadi lucu gitu hasilnya ehhehe

  12. Cucok banget nih buat perawatan di rumah..kita punya cukup waktu..Perawatan bisa komplit dari ujung rambut sampai ujung kaki. Apalagi kalo bahannya pake yang alami..wah semakin nikmat deh…Tapi kalo potong rambut sendiri aku belum pernah euy

  13. Cewek perawatanya paripurna ya saat corona. Dari ujung rambut sampai ujung kuku. Cowok mah mandi aja hahaha

  14. Joko Yugiyanto says: Reply

    Luluran ini mau ku coba ah mumpung bs memanjakan diri di rumah. Nanti minta dirawat istri

  15. Aku malah nggak sempat perawatan nih selama pandemi wkwkwkw.. Paling cuma tidur nyenyak aja biar nggak tambah kusem muka. Kangen pengen luluran sama maskeran tapi entah kapan dikerjain.

  16. eh, selama dirumah aja malah kesempatan ya buat perawatan diri… tapi ada juga bbrp yang malah stay at home gak sempet perawatan krn malah tambah sibuk hehehehe

  17. Wah iya mba, jadi ingat pengin potong rambut juga. Tapi koq kayaknya saya kurang pede ya memotlng rambut sendiri. Untuk sementara dirawat dulu deh, maskeran rambut oke juga nih.

  18. Dede Ariyanto says: Reply

    Jadi makin glowing nih pasti sehabis corona yah, kak. Hihi ☺️

  19. Duh, saya malah jadi malas perawatan nih selama psbb. Jadi semangat nih, yuk ah. Jaga sehat jiwa raga dengan perawatan.

  20. […] Baca juga: 5 Perawatan Tubuh Di Rumah selama Pandemi Corona […]

Leave a Reply

error: Jangan coba-coba copas yaa !!