Inilah 7 Fakta Manfaat Safron sebagai Minuman Herbal

manfaat safron

Pernah mendengar Safron? Salah satu jenis rempah-rempah yang booming dan mulai banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Safron, saffron atau kuma-kuma adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga pacar. Safron juga merupakan nama umum untuk tanaman Crocus Sativus dari marga Crocus famili Iridaceae.

Bunga kuma-kuma atau Safron ini memiliki tiga kepala putik yang tiap bagian tangkai putik terhubung dengan bagian bunga paling dalam. Safron dalam prosesnya dikeringkan dan dipakai sebagai bumbu masakan juga bahan pewarna makanan, seperti nasi briyani.

Baca juga: Menu Arabian di Chicking Mall at Bassura

manfaat safron
(Pic by: shutterstocks)

Safron tanaman asli Timur Tengah yang banyak manfaatnya

Tanaman safron atau kuma-kuma ini aslinya dari Asia Barat Daya (Timur Tengah) dan pertama kali dibudidayakan di negara-negara sekitar Yunani. Hebatnya meskipun dijual dengan harga yang cukup mahal, tapi bunga saffron banyak diminati bahkan juga di Indonesia. Bayangkan saja jika setiap 500 gram safron bisa dijual dengan harga antara Rp7-70 juta. Amazing kan?

manfaat safron
Bunga safron (Pic by: shutterstocks)

Mengapa harganya bisa semahal itu? Selidik punya selidik, ternyata bunga safron ini dalam proses panennya masih menggunakan cara manual alias dipetik dan dipilih satu persatu dengan tangan manusia bukan dengan mesin. Wajar saja jika harganya bisa semahal itu ya?

Namun kisaran harga tersebut juga dilihat dari kualitas dan jenis safron itu sendiri. Ada beberapa jenis safron yang banyak dijual di pasaran, diantaranya safron jenis Afgan, Kashmir, Iran, Spanyol dan Turkey.

Selain dipakai sebagai bumbu masakan, safron juga dapat dikonsumsi layaknya kita meminum teh. Caranya cukup mudah hanya menyeduh beberapa lembar putik safron dengan air hangat, tunggu hingga airnya berubah warna menjadi kuning.

manfaat safron
(Pic by: pixabay)

Warna kuning yang dihasilkan safron adalah zat crocin, yaitu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan dan minuman menjadi kuning keemasan.

Seduhan safron sebaiknya diminum selagi hangat dan disarankan untuk tidak diberi pemanis atau tambahan apapun agar manfaatnya dapat terserap tubuh secara maksimal.

7 Manfaat safron

Dibalik bentuk dan warnanya yang unik, safron ternyata mengandung banyak manfaat yang berguna bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat bunga safron yang perlu diketahui, yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan kognitif.

Dalam safron terdapat zat antioksidan yang selain dapat mencegah anti aging juga dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan kognitif orang dewasa. Hal ini berkaitan erat dengan pencegahan penyakit Alzheimer yang banyak menyerang para lanjut usia.

2. Baik untuk penderita diabetes.

Penderita diabetes yang mengkonsumsi bunga Safron dapat membantu menurunkan gula darah di dalam tubuh dengan cepat. Selain menurunkan gula dara, peningkatan sensitivitas insulin juga akan terjadi sehingga gula darah di dalam tubuh bisa terjaga.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Antioksidan yang terdapat dalam safron sangat banyak, diantaranya crocin dan crocetin memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif, anti peradangan, dan pengontrol nafsu makan yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

manfaat safron
(Pic by: pixabay)

4. Anti kanker.

Selain crocin crocetin, safron juga mengandung zat kaempfrol, yaitu zat yang memiliki sifat anti-kanker yang bisa menekan pertumbuhan sel berbahaya. Zat kaempfrol ini juga yang membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat-obatan kemoterapi.

5. Memperbaiki mood dan mencegah depresi.

Mengkonsumsi seduhan safron dipercaya dapat memberi efek menenangkan. Hal ini disebabkan adanya anti depresan pada kandungan safron.

6.  Pengurang nyeri akibat PMS

Penggunaan sekitar 30 gram safron perhari diperkirakan bahkan dapat mengatasi rasa nyeri dan inflamasi yang terjadi pada wanita ketika datang bulan. Manfaat yang sama juga bisa didapat dengan menghirup aroma safron selama 20 menit.

7. Afrodisiak

Selain mengatasi rasa nyeri, mengkonsumsi safron setiap hari dipercaya juga dapat meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita sebagai afrodisiak. Jadi selain coklat, safron pun dapat menjadi afrodisiak.

Nah..itulah 7 manfaat safron yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh di tengah wabah pandemi covid19 sekarang ini. Namun selain itu jangan lupa jaga pola makan sehat, berolahraga dan berjemur agar covid19 tidak bersarang di tubuh kita.

 

 

12 Replies to “Inilah 7 Fakta Manfaat Safron sebagai Minuman Herbal”

  1. Sering dngr nama safron ini, tp aku blm prnh ngerasain. Seduhannya kayak teh gitu berarti ya mba? Sept 2020 ini sbnrnya aku udh beli tiket ke Iran, blm tau bakal jd ato cancel Krn ada wabah ini. Tp kalo jd, aku pgn beli Saffron Iran yg katanya bagus dan ga terlalu mahal. Penasaran aja apalagi kalo manfaatnya sebagus ini 🙂

  2. wah aku baru tau ternyata bunga safron berkhasiat baik untuk penderita diabetes 😀

  3. Aku baru tahu mbak terkait Safron ini. Manfaatnya juga banyak sekali. Tapi Safron ini ada dalam kemasan produk jadinya nggak ya? Atau biasa digunakan sebagai bahan dalam produk apa?

    1. Halo kang Raja…setau aku sih Safron kebanyakan dijual dalam bentuk kering kayak teh gitu jadi kalo mau konsumsinya tinggal diseduh aja. Kalo dalam produk jadi atau sebagai bahan produk aku juga kurang tau ada di produk apa.

  4. Ooh..jadi yg ada pada Nasi Briyani kupesan kmrn itu, namanya Safron.. Hihi..aku seri g dengar rapi baru sekali itu nyicip. Ternyata banyak khasiat juga ya..

  5. Bos saya jualan safron dan saya pernah ditawari jadi resellernya. Sebenernya saya ga gitu paham darimana safron itu berasal. Trnyata baca tulisan mba asalnya dari Timur Tengah ya.

  6. safron ini memang lagi ngehits yang setahun belakangan buat kesehatan. bahkan ada yang buat kecantikan juga katanya

  7. Penasaran juga dengan Saffron. Ternyata itu penyebab dia mahal ya. Banyak pula manfaatnya. Thank you for sharing mba

  8. belum pernah makan saffron nih, tapi tertarik setelah membaca khasiatnya. rasanya gimana ya mbak? penasaran. warnanya sih cakep, tapi rasanya? katanya bisa dimasukin jadi bahan campuran teh juga ya mbak?

  9. Teh safron seharga 70 juta, kek apa ya rasanya pas minum hehehe… .

    Saya baru tau nih tentang safron. Dengan khasiat seperti itu, pas banget kayanya buat jadi suguhan pas masa pandemi seperti ini. Cuma…70 juta ya. Jadi agak gemeter kali ya pas nyeduh. Hehehehe.

  10. akhir akhir ini memang banyak teman teman disekitarku yang mengkonsumsi safron ini mbak, biasanya diseduh seperti membuat teh
    ternyata memang punya banyak khasiat ya mbak
    kapan kapan mau coba juga ah

  11. Ugik Madyo says: Reply

    Wuih mahal banget ya safron ini. Aku kaget banget 500 gram harganya 7-70 juta.

    Lagi hits banget nih safron ya. Ternyata manfaatnya banyak banget. Bisa buat anti kanker juga. Pantesan banyak yang cari. Aku baru tahu kalau aslinya berasal dari Timur Tengah. Terima kasih infonya, Kak

Leave a Reply