7 Makanan Tradisional Betawi yang Tersedia di Halal Bi Halal BCC

Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC

Hai semua, Lebaran aka Idul Fitri memang baru saja berlalu. Tapi aura dan aroma aneka hidangan Lebaran masih terasa. Aneka hidangan Lebaran mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup banyak disajikan di rumah-rumah tetangga dan kerabat ketika saya berkunjung.

Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
Undangan Halal Bi Halal BCC

Salah satunya makanan tradisional Betawi yang saya dapatkan ketika menghadiri undangan dari founder Komunitas BloggerCrony, Mbak Wardah Fajri (Wawa) dan mas Satto Raji selaku tuan rumah yang berlokasi di daerah Kreo, Ciledug, Tangerang Selatan. Kebetulan sekali mbak Wawa keturunan Betawi asli, kedua orang tua beliau memang lahir dan besar di Jakarta.

Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
Ready to eat Geplak hehehe

Lokasi rumah mbak Wawa yang berada di daerah Kreo, Ciledug, Tangerang Selatan bukanlah menjadi halangan bagi saya dan teman-teman untuk berkunjung kesana. Mumpung masih dalam rangka suasana Lebaran, jalanan ibukota belum tampak kemacetan yang berarti.

Makanan khas Betawi

Momen berkunjung ke rumah kerabat, teman dan handai taulan, biasanya menjadi momen buat saya untuk mencicipi hidangan khas daerah si pemilik rumah. Nah salah satunya makanan Betawi yang mbak Wawa sediakan.

Beberapa makanan Betawi yang pernah saya cicipi yaitu kerak telor, biasa banyak dijual di arena Pekan Raya Jakarta. Tapi bukan kerak telor (yang tidak ada di acara Halal Bi Halal BCC – tapi mungkin tahun depan bisa request ke mbak Wawa ya..hehehe) yang akan saya ceritakan di sini.

Ke 7 makanan Betawi yang tersedia dan mampu membuat lidah saya bergoyang adalah:

  1. Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
    Geplak Betawi

    Geplak, jenis makanan satu ini termasuk yang sulit ditemui lho. Gak jarang ada juga yang baru mendengar namanya dan merasakannya. Geplak sendiri terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa yang diparut dan ditambah gula. Teksturnya sedikit kasar dan rasanya tidak terlalu manis. Berbeda dengan geplak Jawa yang teksturnya kasar dan manis.

  2. Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
    Dodol Betawi

    Dodol Betawi, makanan Betawi ini proses membuatnya lumayan lama lho. Tapi dari rasa saya suka yang tidak terlalu manis. Bahan dasar dodol Betawi ini yaitu ketan putih yang dicampur dengan gula merah, gula pasir dan santan, yang diaduk-aduk hingga tercampur.

  3. Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
    Tape ketan

    Tape ketan, tape Betawi ini terbuat dari campuran ketan, ragi tape, beras ketan hitam dan garam. Proses pembuatan tapi uli ini gak mudah lho, karena terkait dengan kebersihan bahan dan tempat penyimpanannya. Selain itu juga  menjadi simbol kekeluargaan di masyarakat Betawi, dimana pembuatannya melibatkan kaum lelaki dan perempuan.

  4. Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
    Tape Uli Betawi

    Uli, pendamping tape yang terbuat dari campuran beras ketan putih, kelapa parut dan garam. Kalau di Jogja di sebut jadah, yang biasanya dijual jadah bakar.

  5. Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
    Kolang-kaling

    Kolang-kaling atau buah atep salah satu makanan Betawifavorit saya nih. Bentuknya lonjong dan kenyal, merupakan biji dari pohon aren. Rasanya segar, biasanya dibuat manisan dengan menambahkan gula pasir atau sirup kedalamnya. Apalagi kalau dimakannya dalam keadaan dingin..hhmm tambah enak deh.

  6. Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
    Biji Ketapang

    Biji ketapang, salah satu jenis kue khas Betawi yang ada di setiap hidangan Lebaran. Terbuat dari campuran tepung terigu, telur dan mentega yang dipilin-pilin dan dipotong menyerupai biji ketapang. Ternyata biji ketapang itu berasal dari pohon ketapang yang mempunyai buah yang bulat dan agak kasar serta runcing diujungnya. Soal rasa..hmm gurih, manis dan crunchy.

  7. Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
    Asinan Betawi

    Asinan sayur Betawi. Jenis makanan satu ini merupakan campuran aneka jenis sayur dan buah yang diberi bumbu cabe,gula,garam dan cuka. Rasanya pedes segar, ditambah dengan kacang tanah goreng dan kerupuk.

Dari ketujuh makanan Betawi ini, saya suka sekali dengan kolang-kaling atau buah atep. Apalagi, berdasar penelitian, ternyata kolang-kaling ini mengandung kalsium yang setara dengan tulang sapi.

Rasanya yang segar dan mengenyangkan, banyak dikonsumsi orang sebagai salah satu makanan diet karena mengandung kadar air tinggi sebesar 93,8% dalam setiap 100 gramnya. Juga mengandung 0,69 gram protein dan 4 gram karbohidrat hingga memberikan rasa kenyang.

Makanan Betawi di Halal Bi Halal BCC
Silahturahmi BCCSquad

Kalau teman-teman apa nih makanan favorit hidangan Lebarannya? Share yuuk..

 

 

Jakarta, 8 Juli 2018

HQ

 

 

 

 

10 Replies to “7 Makanan Tradisional Betawi yang Tersedia di Halal Bi Halal BCC”

  1. Waaah, ternyata ada beberapa jajanan yang aku baru tahu. Masih ada samplenya nggak. heheheh. Semoga bisa nyicipin.

    1. Hai mas Dedy..yang mana nih yang mas Dedy baru tahu?Nanti ya kalo Lebaran lagi kita sowan ke rumah mbak Wawa hehehe.

  2. Kolang kaling sama asinan betawi favoritkuuu.. Tiap lebaran juga selalu dikasih biji ketapang dari mba asisten di rumah.. Orang Depok banyak yang Betawi juga.. 😀 Gak sadar kalo udah ngunyah banyak biji ketapang sambil nonton.. 😂

    1. Halo mbak Dita..toss mbak, akupun kalo udah ketemu biji ketapang jadi keasyikan saking enaknya hehehe.

  3. Mpo suka semuanya. Boleh bawa pulang tidak ? Sayangnya buah kolang kaling jarang di pasar tradisional kecuali belinya di pasar tanah abang

  4. Kolang Kaling…😍😍😍 Dirumahku tuh kolang Kaling juga ga pernah ketinggalan mbak… Malah sering nya hadir dengan dua warna loh… Hijau Ama merah

  5. Baru ngeh apa itu geplak. Udah makin langka ya makanan khas Betawi di tanah sendiri. Apa ada yang jual di hari biasa? Misal di CFD atau Monas.

  6. Ya ampuun makanan Betawi yang aku suka semua itu. Geplak udah susah banget ya nemuinnya. Kangen.

  7. Tinggal geplak yang belum pernah saya coba, Mbak Hidayah.
    Tapi kalau disuruh memilih satu, maka saya pilih asinan betawi hehehe

    1. Asinan Betawi enak ya segerr

Leave a Reply