Inilah 7 Pola Hidup Sehat Menjaga Kesehatan Ginjal Kita

Ginjal sehat

Di tengah maraknya pandemi wabah virus corona sekarang ini, banyak masyarakat kita yang mengkonsumsi minuman herbal sebagai alternatif pencegah masuknya virus corona dalam tubuh.

Salah satu minuman herbal yang laris dikonsumsi sekarang ini adalah jamu. Otomatis harga rempah-rempah sebagai bahan dasar jamu menjadi mahal karena banyak yang mencari.

Memang minuman jamu baik untuk menjaga kesehatan, tapi bukan sebagai obat. Alih-alih ingin sehat, malah jadi sakit ginjal. Lho..kenapa ginjal ya?

Ginjal sehat

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD – KGH, bahwa jamu yang dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat kita itu bukanlah obat. Jamu yang terbuat dari rebusan rempah-rempah memang baik untuk menjaga kesehatan.

Yang dikhawatirkan mengganggu fungsi ginjal adalah endapan dari bubuk rempah-rempah yang terdapat pada jamu. Endapan inilah yang tidak dapat keluar bersama urine yang akhirnya mengganggu fungsi ginjal dan menjadi penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal.

Menurut data Global Burden of Disease tahun 2016, penyakit ginjal kronis menjadi penyebab kematian dini nomer 16 di dunia. Sedangkan data Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa prevalensi gagal ginjal di Indonesia menunjukkan 4 dari 1000 penduduk Indonesia menderita gagal ginjal.

Ginjal sehat
dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD – KGH (memegang mike)

Apa sih penyakit ginjal kronis?

Penyakit ginjal kronis adalah kelainan yang mengenai organ ginjal yang timbul akibat berbagai faktor. Biasanya timbul secara perlahan dan sifatnya menahun. Penderita sendiri tidak menemukan gejala yang khas, sehingga seringkali terlambat diketahui.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap penyakit ginjal kronis, yaitu obesitas, tekanan darah tinggi dan diabetes melitus. Pada orang dengan obesitas, ginjal dipaksa bekerja keras lebih berat, menyaring darah lebih banyak daripada yang normal.

Hal tersebut dilakukan demi memenuhi tuntutan metabolik yang meningkat sesuai berat badannya. Peningkatan kerja inilah yang mengakibatkan kerusakan ginjal dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit gagal ginjal kronis dalam waktu yang lama.

Adapun tanda dan gejala dari penyakit ginjal kronis yaitu tekanan darah tinggi, perubahan frekuensi dan jumlah buang air kecil, adanya darah dalam urin, lemah serta sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan.

Selain itu juga sering sakit kepala, tidak dapat berkonsentrasi, merasa gatal, sesak nafas, mual dan muntah juga adanya pembengkakan terutama pada kaki dan pergelangan kaki serta pada kelopak mata di pagi hari.

Ginjal sehat
dr. Cut Putri Arianie, M.H.Kes

Sebenarnya penyakit ginjal kronis ini dapat dicegah, bila kita menjalankan pola hidup sehat. Seperti penjelasan dr. Cut Putri Arianie, M.H.Kes selaku Direktur P2PTM pada Temu Blogger di peringatan Hari Ginjal Sedunia, 12 Maret 2020 lalu bahwa penting melakukan pencegahan dan pengendalian penyakit ginjal.

7 pola hidup sehat menjaga kesehatan ginjal

Lakukan pola hidup sehat dengan 7 cara berikut, yaitu:

  1. Aktivitas fisik teratur
  2. Makan makanan sehat, hindari konsumsi gula, garam, dan lemak yang berlebihan
  3. Kontrol tekanan darah dan gula darah
  4. Monitor berat badan dan pertahankan berat badan normal serta mencegah obesitas
  5. Minum air putih minimal 2 liter perhari
  6. Tidak mengkonsumsi obat-obatan yang tidak dianjurkan
  7. Tidak merokok

Mentri Kesehatan dan segenap jajarannya berusaha memberikan edukasi dan himbauan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ginjal kronis.

Bagi penderita ginjal kronis masih dapat dilakukan upaya berupa modifikasi gaya hidup, terapi dengan obat-obatan dibawah pantauan dokter, melakukan dialisis (cuci darah), atau transplantasi ginjal.

Itulah sebabnya diperlukan pemeriksaan dini yang dilakukan untuk mengetahui penurunan fungsi ginjal. Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan darah dan pemeriksaan urine di laboratorium.

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Melakukan pola hidup sehat dengan perilaku CERDIK tentu dapat meminimalisir datangnya penyakit dalam tubuh.

Ginjal sehat
Temu Blogger di Hari Ginjal Sedunia

One Reply to “Inilah 7 Pola Hidup Sehat Menjaga Kesehatan Ginjal Kita”

Leave a Reply

error: Jangan coba-coba copas yaa !!