Antara Mitos dan Hoax yang Harus Diperhatikan 

img_20170223_191913_1.jpg
Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat di tunggu-tunggu dan diidam-idamkan oleh pasangan suami istri. Tidak terlepas apakah mereka baru menikah atau bahkan sudah lama. Apabila sedang hamil rasa bahagia pastilah dirasa,namun seringkali ada rasa galau yang dialami dalam menjalani masa-masa kehamilan seputar mitos yang ada. Berbicara tentang mitos,sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hoax yang terjadi dan berkembang di sekitar kita terutama hoax di media sosial. 
Terkait dengan hal tersebut diatas, saya mendapat kesempatan dari Indonesia Social Blogpreneur (ISB) untuk menghadiri seminar “Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan” yang diselenggarakan oleh Obsat Beritagar.id yang bekerjasama dengan RS Mayapada dan Beranda Kitchen sebagai tempat berlangsungnya seminar tersebut. 

Ki-Ka : Kartika Susanti, Rahne Putri, dr Yuslam Edi, SpOG, Kinaryosih, Kristin Amelina
Seminar dibuka oleh Kristina Amelina dari Obsat yang menjelaskan bahwa seminar Obsat ini merupakan yang ke 109. Menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing, malam itu suasana seminar semakin menarik dengan kehadiran artis cantik Kinaryosih yang juga sedang mengandung 7(tujuh) bulan. 
Mitos dan fakta seputar kehamilan memang terkadang sulit dibedakan. Sebaiknyalah kita mengkonsultasikannya ke dokter spesialis kandungan. Seperti yang dijelaskan oleh dr Yuslam Edi,SpOG  dari RS Mayapada ada beberapa mitos yang ada diseputar kehamilan,diantaranya:

  • Mengkonsumsi kacang hijau dan air kelapa hijau agar sang buah hati memiliki rambut lebat dan kulit yang putih bersih. Padahal faktanya warna kulit dan warna rambut itu didapat berdasarkan genetika (keturunan) dan bukan karena banyak mengkonsumsi makanan tersebut, walaupun boleh-boleh saja minum air kelapa hijau asalkan tidak berlebihan. Karena air kelapa hijau juga mengandung zat elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh. 
  • Wanita hamil tidak boleh makan daging kambing. Padahal faktanya daging kambing justru lebih baik dari pada daging sapi karena daging kambing lebih banyak mengandung nutrisi dan rendah lemak dibanding daging sapi. 
  • Jangan menambah MSG (Monosodium Glutamate) atau penyedap rasa dalam masakan. Faktanya MSG dibutuhkan oleh otak untuk energi asalkan sesuai takaran yang dianjurkan dan tidak berlebihan, karena kelebihan mengkonsumsi MSG dalam masakan apabila terjadi penumpukan akan mengakibatkan kanker. 

Berbagai mitos di seputar kehamilan memang seringkali membuat para wanita hamil menjadi bingung. Jika mitos saja terkadang tidak benar, kitapun seharusnya juga berhati-hati dengan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (hoax). 

Seperti yang dikatakan oleh Kartika Susanti dari Turn Back Hoax dengan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia)bahwa pesatnya kemajuan teknologi sekarang ini membuat masyarakat dengan mudahnya menyebarkan berita-berita atau informasi yang seringkali tidak benar. Ada jurus 6P yang dapat kita lakukan untuk menepis hoax, yaitu :

  1. Perhatikan hati, seringnya kita menyebarkan info yang belum tentu kita tahu kebenarannya dikarenakan sedang sedih, senang atau gembira. Misalkan kita mendapat info tentang tiket penerbangan murah,tanpa mencek terlebih dahulu karena senangnya. 
  2. Potong rantai,maksudnya STOP menyebarkan kembali info yang kita terima tanpa kita tahu kebenarannya. 
  3. Periksa sumber, jangan langsung percaya, jadilah pembaca aktif dengan mencari sumber berita yang kita terima. 
  4. Periksa redaksi, jangan terkecoh dengan berita yang tersusun rapi dan gaya bahasa menarik. Lakukan verifikasi isi berita dengan mencari sumbernya. 
  5. Pakai akal sehat, seringnya berita-berita yang menyebarkan kebencian banyak tersebar, gunakan akal sehat kita apakah memang layak untuk disebarkan kembali. 
  6. Perhatikan apa yang dishare, jangan langsung percaya. 

     Senada dengan Kartika, begitu pula dengan Rahne Putri seorang Blogger dan Influencer bahwa hoax banyak yang datang justru dari keluarga sendiri. Jadi kita juga harus lebih berhati-hati memilah-milah informasi yang kita dapatkan walaupun  dari orang yang kita percaya tetap harus diperiksa kembali kebenarannya. Seperti yang pernah dialami oleh artis cantik Kinaryosih yang pernah terjebak hoax tiket liburan murah. 
    Pada intinya, mitos di seputar kehamilan selama masih dalam batas kewajaran boleh saja dilakukan tapi yang terpenting yaitu agar wanita hamil jangan stress,jalani kehamilan sesantai mungkin agar sang janin juga merasakan dan konsumsi makanan bergizi. 

    Beranda Kitchen, tempat terselenggaranya seminar
    #turnbackhoax  #mayapadahospital #obsat #mitosdanfaktaseputarkehamilan 
    HQ’17

    0 Replies to “Antara Mitos dan Hoax yang Harus Diperhatikan ”

    1. Stuju. Putuskan berita Hoax. Apalagi bila itu bisa meresahkan masyarakat. Dan merusak perdamaian.

    Leave a Reply

    error: Jangan coba-coba copas yaa !!