Berbagi Moment Emas si Kecil dengan Philips AVENT

Masa menyusui merupakan masa-masa yang tidak akan terlupakan untuk saya sebagai seorang ibu. Dimana saya bisa begitu dekat dengan si kecil dan merasakan detak jantungnya dan menatap matanya. Saya ibu 3(tiga) orang anak yang Alhamdulillah mereka mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan. Setelah itu mereka mendapatkan MPASI (Makanan Pendamping ASI) dan masih saya susui hingga umur 2tahun.
Menurut WHO, masa transisi dari ASI eksklusif ke MPASI umumnya berlangsung saat bayi berusia 6 bulan hingga 18-24 bulan, dan merupakan masa yang krusial bagi anak. Pemilihan jenis makanan untuk MPASI anak sangat menentukan kualitas kesehatannya kelak.

Golden Age
Masa krusial bagi anak yaitu masa 270 hari pralahir/masa janin dan 730 hari pasca lahir (yang disebut juga golden age) yang jangan sampai terabaikan oleh para orang tua dalam pemberian nutrisi yang benar sesuai kebutuhan anak.
Dr.dr.Damayanti R Sjarif Sp.A(K)
Seperti yang dikatakan Dr.dr.Damayanti R Sjarif Sp.A(K), dokter spesialis anak sub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik, bahwa untuk melengkapi ASI yang kita berikan pada anak zat gizi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak juga mikro seperti vitamin dan mineral juga wajib kita berikan dengan takaran yang lengkap, cukup dan seimbang.
Yongky Sentosa, Head of Personal Philips Health Indonesia
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Indonesia, Philips AVENT yang merupakan bagian dari Royal Philips (NYSE:PHG, AEX:PHI) pemimpin produk ibu dan anak, menyelenggarakan talkshow “Solusi untuk Menjawab Kebutuhan Nutrisi Anak”. Talkshow yang diadakan tanggal 31 Juli 2017 di Nine Ballroom, OCBC, Jakarta ini menghadirkan Dr.dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), Yongky Sentosa Head of Personal Health Philips Indonesia yang mengundang media dan bloggers.
Pemberian buah dan sayuran yang lebih diutamakan sebagai proses pengenalan makanan kepada bayi sebaiknya mulai dibenahi. Karena zat besi yang dibutuhkan bayi usia 6-12 bulan setiap harinya itu tidak terpenuhi oleh ASI saja. Dan makanan yang mengandung zat besi tinggi ada pada daging merah, hati ayam dan ikan. Beberapa sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan juga mengandung zat besi, namun mengandung serat juga yang dapat menghambat saluran cerna, yang sebaiknya diberikan dalam porsi kecil.

Prinsip MPASI sebenarnya adalah mengenalkan makanan keluarga dengan tekstur yang disesuaikan dengan kemampuan oromotornya.Perkenalkanlah makanan Indonesia yang sehat sesuai dengan ketersediaan bahan makanan lokal. Jadi tidak apa-apa bila kita ingin memberikan gulai daun singkong tumbuk campur teri yang dibubuhi air jeruk atau tomat. Atau mungkin juga kita berikan rendang ati ayam yang bumbunya menyesuaikan dengan kondisi si kecil.
Pengalaman saya sewaktu memberikan MPASI pada ketiga anak saya sangat beragam. Sebelum memberikan MPASI, ketiga anak saya mendapatkan ASI eksklusifnya selama 6 bulan. Karena saya tidak bekerja jadi saya dapat menyusui mereka langsung kapanpun mereka mau. 
Pernah sih saya memberikan mereka ASI melalui botol yang sebelumnya saya pompa terlebih dulu karena saya ada keperluan di luar rumah. Tapi karena saya memompanya dengan manual jadi memakan waktu dan saya merasa pegal-pegal setelahnya. 
Ada sih teman yang menyarankan untuk menggunakan pompa ASI, yang teman saya gunakan waktu itu adalah Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump dengan bantalan khusus untuk membantu ibu. Breast Pump ini juga ada fitur massagenya, jadi selain memompa ASI juga me-massage payudara si ibu jadi merasa rileks dan otomatis akan memicu lancar dan derasnya ASI yang keluar.
Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump
Ketika pertama kali  membuatkan MPASI untuk anak-anak saya yaitu saya buat bubur nasi dengan ati ayam dan wortel. Kedua bahan itu menurut saya mudah didapat dan mudah juga dalam pengolahannya. Terkadang saya selang seling dengan buah-buahan seperti pepaya atau jeruk untuk di siang hari. Jadi kebutuhan serat si kecil tetap terpenuhi. 
Dalam pembuatan buburnya saya menggunakan blender atau saya tumbuk dengan sendok…emang agak lama ya kalo pake sendok. Apalagi kalo pas bahannya itu berupa daging cincang. Biasanya daging saya rebus dulu sampai empuk baru saya tambahkan beras dan menyusul wortel atau brokoli. Setelah matang sempurna, saya dinginkan sebentar dan diblender. Sedikit merepotkan dan memakan waktu sih, karena prosesnya dilakukan dengan tempat yang berbeda.
Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker
Nah..ternyata ada lho alat/produk elektrik yang membantu para ibu dalam membuatkan MPASI si kecil. Produk dari Philips AVENT ini menggabungkan fungsi kukus, blender, defrost, dan reheat dalam satu produk. Namanya Philips AVENT 4in1 Healthy Baby Food Maker. Jadi bahan-bahan makanan yang segar dapat dikukus dengan tingkat kematangan yang merata tanpa harus dididihkan dahulu. 
Setelah selesai, angkat dan putar posisi wadah 180 derajat dari atas ke bawah untuk melumatkan bahan makanan yang tadi dikukus agar menjadi lembut dan mudah dikonsumsi bayi. Selain untuk bubur bayi, Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker ini bisa juga lho untuk membuat pure atau saus. Sangat membantu sekali ya produk Philips AVENT ini, apalagi untuk ibu pekerja juga anggota keluarga lainnya dalam membuatkan MPASI untuk si kecil. 
Selain kedua produk tersebut masih ada produk Philips AVENT Fast Bottle Warmer yang berfungsi untuk menghangatkan susu secara merata hanya dalam 3(tiga) menit. Ada juga Philips AVENT 3in1 Electric Steam Sterilizer yang didesain untuk dapat mensterilkan 5-6 botol, sekaligus membunuh kuman berbahaya 99,9%. 
“Melalui rangkaian produk elektrik inovatif ini, Philips AVENT berharap dapat memberikan kemudahan kepada para orang tua, terutama ibu, khususnya ibu bekerja yang jumlahnya terus meningkat untuk dapat memberikan ASI dan nutrisi terbaik yang cukup dan seimbang”, ujar bapak Yongky.
Peserta dari media dan blogger yang tampil dalam membuat MPASI menggunakan produk Philips AVENT 4-in-1Healty Baby Food Maker
Diakhir acara tidak lupa Philips AVENT menantang para ibu dan bapak dari media dan blogger untuk mendemontrasikan pembuatan MPASI dengan menggunakan produk Philips AVENT. 
Hasil buatan MPASI peserta
Inilah resep menu bubur blender halus ati ayam yang dibuat para peserta. 
Bahan:

  • 80gr ati ayam
  • 20gr kuning telur
  • 50gr nasi putih
  • 20gr daun bayam

Cara Membuat dengan menggunakan Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker :

  • Masukkan air dalam wadah air pengukus 
  • Tutup wadah air untuk steamer
  • Masukkan seluruh bahan ke dalam wadah
  • Tutup wadah sampai rapat
  • Kukus seluruh bahan selama 20 menit
  • Balikkan posisiwadah dari mode steamer ke mode blender
  • Pasang wadah secara tepat
  • Haluskan seluruh bahan dan sajikan segera


Jumlah perbandingan protein: energi 10% bisa meningkatkan berat badan bayi sekitar 15g/kg/hari sesuai dengan kenaikan berat badan ideal untuk bayi usia 6-9bulan. Kapasitas lambung bayi dengan berat badan 7,5kg adalah 225gr. Densitas makanan diatas adalah 1,2kkal/g, jadi dibagi dalam 3x pemberian. (Sumber: Dr.dr.Damayanti R Sjarif Sp.A(K).)
Philips AVENT dapat diakses melalui:
www.philips.co.id/philipsavent
Facebook : Philips Avent Indonesia
Twitter : @philips_id

HQ’17

Leave a Reply

error: Jangan coba-coba copas yaa !!