BUMN Bersinergi Membangun Palu Pasca Gempa dan Tsunami

Kejadian bencana gempa bumi di Lombok masih menyisakan kesedihan bagi masyarakat Lombok, ditambah lagi dengan gempa dan tsunami di Palu. Luka mendalam bagi warga yang terkena musibah turut dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa

BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa

Namun kehidupan harus tetap berjalan. Warga yang mengalami musibah harus tetap menjalankan kehidupan dan menata kembali apa yang sudah terjadi. Memang tidak mudah, namun tentunya butuh dukungan dari berbagai pihak, terutama pemerintah.

 

BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa
Kawasan hunian sementara

Untuk mempercepat proses pembangunan di Palu, Sigi dan sekitarnya tersebut pemerintah bersama BUMN mulai melakukan pembangunan, dimulai dengan membangun hunian sementara dan sekolah. Bank Mandiri dalam hal ini terus berperan aktif dalam mengelola bencana, baik pada tanggap bencana maupun proses rehabilitasi.

“Kami membantu penyediaan 250 hunian sementara bagi masyarakat yang menjadi korban bencana alam. Untuk sekolah, kami berharap dapat segera selesai dan digunakan oleh anak-anak usia sekolah pada tanggal 30 Oktober 2018 agar mereka dapat kembali melakukan proses belajar mengajar dengan baik,” kata Kartika Wirdjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri.

BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa
Bu Rini Soemarno bersama Pak Tiko

Wilayah Sigi yang terisolir dan sulit dijangkau pasca gempa dan tsunami, membuat distribusi bantuan menjadi lebih sulit dibanding wilayah lainnya yang terdampak bencana.

Namun demikian pendirian posko trauma healing di daerah Siabalaya, Sigi ini untuk membantu mental recovery dan menghibur anak-anak pasca gempa.

Pembangunan kawasan hunian sementara yang dilakukan Bank Mandiri sebanyak 100 hunian yang dirancang tahan gempa. Bahan-bahan yang digunakan juga bahan-bahan yang khusus untuk tahan gempa seperti baja ringan dan dinding GRC.

Selain huntara (hunian sementara), Bank Mandiri juga membangun MCK (Mandi, Cuci, Kakus) sebanyak 20 unit yang dilengkapi dengan tempat mencuci. Juga dilengkapi aula untuk warga berkumpul dan beraktifitas.

BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa
Bangunan MCK dan tempat mencuci

Sebagai salah satu bank terkemuka, Bank Mandiri juga membangun bangunan sekolah agar anak-anak tetap bisa belajar dan mengejar ketertinggalannya.

Agar proses belajar mengajar kembali normal Bank Mandiri membangun sekolah dengan 7 ruang kelas dan 12 ruang untuk setiap guru. Keberadaan sekolah tersebut juga tidak jauh dari lokasi hunian sementara yang dibangun untuk masyarakat.

BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa
BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa

Bu Rini Soemarno, Menteri BUMN sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan BUMN agar rehabilitasi layanan cepat dilaksanakan kepada masyarakat pasca bencana di Palu, Donggala dan Sigi Sulawesi Tengah.

Perlahan namun pasti berbagai fasilitas mulai kembali dapat beroperasi. Seperti layanan telekomunikasi dan listrik yang menjadi hal penting untuk saling memberi kabar kepada keluarga.

Bahkan PLN pun juga sudah mulai pulih dengan ketersediaan daya sebesar 101,2 megawatt dan mengerahkan 66 genset yang didistribusikan ke wilayah terdampak gempa.

Tidak lupa ibu Rini berpesan dan menghimbau agar pengusaha kecil, menengah dan besar untuk segera kembali aktif. Hidupkan kembali perekonomian agar masyarakat kembali dapat menjalankan kehidupan demi masa depan keluarga dan anak-anak.

BUMN bersinergi membangun Palu pasca gempa

 

 

 

Leave a Reply