Destinasi Belanja dan Kuliner Ada di Jakarta Fair

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair

Siapa yang gak kenal Jakarta Fair atau dulu lebih dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Jakarta Fair pertama kali diselenggarakan pada 5 Juni-20 Juli 1968 di masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Teringat dulu ketika Jakarta Fair masih berlokasi di area Monas, Saya diajak alm ayah bersama kakak-kakak berkunjung ke sana. Kenangan yang masih membekas di ingatan Saya tentang Jakarta Fair adalah banyaknya pedagang yang menjual aneka produk dan makanan. Salah satu ciri khas makanan yang dijual di area Jakarta Fair adalah kerak telor, makanan khas Betawi yang melegenda.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair Kemayoran.

Tapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, Jakarta Fair berubah yang tadinya hanya berupa pasar malam kini lebih melebarkan sayap menjadi ajang pasar modern dengan multi produk dan dikenal dengan “All in one place”.

Sejak tahun 1992, Jakarta Fair resmi menempati lokasi barunya yaitu di Kemayoran, Jakarta Pusat dengan luas area 44 hektar.

Ngabuburit dan libur lebaran di destinasi belanja dan kuliner Jakarta Fair

Jakarta Fair tahun 2019 ini bagi Saya termasuk istimewa, karena sudah lama sekali Saya tidak mengunjungi Jakarta Fair sejak pindah ke Kemayoran.

Nah buat kalian yang lebaran tahun ini ngga pulang kampung aka mudik, bisa lho berlibur sekaligus membeli kebutuhan lebaran dan perlengkapan sekolah di Jakarta Fair ini.

Kebetulan Jakarta Fair tahun ini bertepatan dengan momen puasa ramadan dan libur lebaran. Jadi bisa sekalian dijadikan destinasi belanja dan kulineran mengisi waktu liburan.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair Kemayoran.

Pada hari Kamis (30/05) sore Saya berkesempatan mengunjungi Jakarta Fair. Penasaran juga nih kayak apa ya Jakarta Fair sekarang ini.

Untuk menuju lokasi Jakarta Fair Kemayoran, Saya menggunakan transportasi online. Kalian juga bisa menggunakan transportasi bus Trans Jakarta dan turun di pintu 2 JIEXPO Kemayoran atau kereta Commuter Line turun di stasiun Kemayoran, sambung dengan ojek online untuk menuju area Jakarta Fair.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, panitia Jakarta Fair sudah menyediakan kantong-kantong parkir baik untuk kendaraan roda dua atau roda empat berdekatan dengan pintu loket tiket masuk.

Ketika sampai di area Jakarta Fair Kemayoran, tampak antrian pengunjung memenuhi lokasi tempat pembelian tiket masuk. Oiya, untuk tiket masuk Jakarta Fair ini sebesar Rp25.000 untuk hari Senin-Jumat dan Rp40.000 untuk akhir pekan dan libur nasional.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair

Tapi kalau mau irit sih, kalian bisa menggunakan aplikasi Dana untuk membeli tiket masuk Jakarta Fair. Kalian akan mendapatkan cashback sebesar 50% lho. Lumayan kan? Oiya..tiket Jakarta Fair nantinya juga bisa di tukar dengan berbagai macam produk lho. So, jangan dibuang ya potongan tiketnya.

Memasuki area Jakarta Fair, terlihat pengunjung yang sudah mulai ramai. Kebetulan ketika Saya datang itu pas libur nasional dan anak sekolah juga sudah mulai libur menjelang lebaran. Terlihat rombongan keluarga dan juga anak-anak muda ngabuburit di Jakarta Fair menjelang waktu buka puasa.

Memang tepat ya mengisi waktu liburan di Jakarta Fair, karena ada banyak produk yang dijual disana. Selain itu juga pihak panitia Jakarta Fair juga menyediakan beragam hiburan musik di panggung terbuka.

Untuk rombongan keluarga yang membawa anak-anak juga terdapat hiburan keluarga seperti area Snow Park dan Taman Lampion yang berada di lokasi Gambir Expo yang disebut “City of Light”  atau Kota Cahaya.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Spot foto instagramable di kawasan City of Light, Jakarta Fair Kemayoran.

Main games seru di booth Wings Care dan belanja produk fashion di FRDY JKR

Booth pertama yang Saya kunjungi yaitu booth Wings Care. Sudah tau donk produk Wings Care apa aja. Wings Care adalah produk penyedia kebutuhan rumah tangga mulai dari makanan, kebersihan juga kecantikan.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Booth Wings Care di Jakarta Fair Kemayoran.

Produk Wings Care antara lain deterjen Soklin, Daia, pasta gigi Formula, mie instan Sedap, sasbun Ekonomi, teh Javana, Floridina, es krim Glico Wing, kopi Golda dan masih banyak lagi.

Kebetulan sekali mereka mengadakan games seru untuk pengunjung yaitu shopping race challenge. Jadi kami diminta untuk membeli sejumlah produk yang sudah ada dalam daftar dengan berbekal voucher belanja.

Jumlah produk yang harus kami beli sebanyak 15 item, dan daftar yang ada bukan berupa nama produknya lho, melainkan petunjuk tentang produk tersebut. Biasanya sih petunjuknya ada di iklan-iklan yang ada di televisi.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Visit booth Wings Care di Jakarta Fair, pulang bawa oleh-oleh hasil ngegames.

Seru banget, apalagi yang main kebanyakan emak-emak. Tau sendiri donk ya bagaimana perjuangan emak-emak kalo lagi belanja, apalagi kalo produknya banyak diskonnya.

Waktu yang diberikan panitia selama 10 menit dan harus terkumpul semua. Saya dan tim berhasil mengumpulkan 9 item, lumayan lah…karena harus berjuang naik turun tangga dan berdesakan dengan pengunjung lain.

Selesai bermain games, karena waktu berbuka puasa sudah hampir tiba Saya dan teman-teman menuju Expo Resto and Coffee Shop. Restoran eksklusif ini menyediakan menu tradisional yang beraneka ragam lho, mulai dari soto ayam, aneka sate, pepes, dan masih banyak lagi.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Bukber di Expo Resto Jakarta Fair.

Selepas berbuka puasa, kami kembali mengeksplor Jakarta Fair. Booth yang menjadi incaran kami yaitu booth clothing line yang kebetulan lokasinya tepat di depan booth Wings Care. Nama boothnya FRDY JKRT. Agak mengerutkan kening ketika membacanya ya..hahaha kalao gampangnya sih sebut aja Friday Jakarta.

Booth clothing line FRDY JKRT ini adalah brand clothing yang menceritakan kota Jakarta dengan cara yang unik dan fun. Bisa dilihat dari kata-kata dan pantun jenaka yang terdapat di koleksinya, seperti kaos, tote bag, mug, pouch, jam dinding, dan yang lainnya.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Belanja tote bag unik di FRDY JKRT, Jakarta Fair Kemayoran.

Untuk koleksi dan desain yang bagus, FRDY JKRT menawarkan harga yang pas di kantong. Sebanding dengan kualitas yang mereka tawarkan.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Tim emak-emak di booth FRDY JKRT, Jakarta Fair Kemayoran.

Mengeksplore Jakarta Fair emang gak cukup sehari lho. Karena booth dan produk yang tersedia dan ditawarkan sangat beragam, belum lagi harga yang membuat kantong langsung amblas isinya hehehe.

Saran dan tips ala Saya kalau mau berkunjung ke Jakarta Fair yaitu:

  1. Siapkan stamina, karena area Jakarta Fair itu luas lho..
  2. Kenakan alas kaki yang nyaman, jangan pake high heels ya..kecuali kalian mau ikut ajang pemilihan Miss Jakarta Fair..hehehe
  3. Bawa trolley kalo niat mau ngeborong di sana baik untuk oleh-oleh lebaran atau persiapan anak sekolah
  4. Untuk yang bawa anak, siapkan stroller juga ya…Yakin mau ngegendong anak keliling area jakarta Fair?
  5. Instal aplikasi Dana, karena banyak booth yang menawarkan cashback, lumayan kan?

Nah..mumpung Jakarta Fair masih sampai 30 Juni ini dan THR lebaran juga masih ada..cuus deh ke Jakarta Fair sekarang. Kalo mo kepoin instagramnya bisa langsung intip di @jakartafairid.

Destinasi belanja dan kuliner ada di Jakarta Fair
Taman Lampion di kawasan City of Light di Jakarta Fair Kemayoran.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply