Factory Visit Ajinomoto Penuh Rasa bersama Blogger Bandung

Berkunjung ke pabrik apalagi pabrik yang berhubungan dengan makananan atau bumbu dapur yang kita pergunakan sehari-hari membuat rasa penasaran saya tentang cara dan proses pembuatannya pun terjawab.

factory visit ajinomoto
Pabrik Ajinomoto di Karawang

Pada hari Rabu (7/11) lalu, saya dan rekan-rekan blogger Bandung mendapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik Ajinomoto, salah satu pabrik bumbu masak ternama di Indonesia. Siapa sih yang ga kenal Ajinomoto, salah satu produknya yaitu penyedap rasa (MSG) Ajinomoto.

Baca juga : Umami Ajinomoto Hadirkan Eat Well Live Well

Pabrik Ajinomoto yang kami kunjungi yaitu pabrik Ajinomoto yang berlokasi di Karawang, tepatnya di Karawang International Industrial City (KIIC) Jl. Harapan Raya Blok JJ No. 1, Sirnabaya Teluk Jambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Map Pabrik Ajinomoto

factory visit ajinomoto
Ready to go to Ajinomoto’s factory

Kami berangkat dari Bandung pukul 7 pagi dengan menggunakan bus. Perjalanan alhamdulillah lancar dan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Jam 9.00 kamipun tiba dengan selamat di pabrik Ajinomoto, Karawang.

Setiba di lokasi, kami disambut dengan ramah oleh staf/karyawan Ajinomoto dan kami ditempatkan di ruangan yang juga sebagai kantin karyawan. Ruangan kantin karyawan Ajinomoto ini cukup luas lho, tertata rapi dan bersih.

factory visit ajinomoto
Bapak Galih Prasandi, GA Dept Manager

Sebelum berkeliling ke area pabrik, telah hadir Bapak Nico Andrias, selaku Finance and GA Section Manager, Bapak Galih Prasandy, selaku  General Administration Department Manager, dan Bapak Fazry, selaku  HSE Section Manager. Bapak Nico sedikit banyak menjelaskan kepada kami sejarah dan perkembangan PT Ajinomoto Indonesia selama ini.

factory visit ajinomoto
Bapak Nico Andrias, Finance&GA Section Manager

Oiya, sesaat sebelum mendengarkan penjelasan Pak Nico, kami dibagikan roti Frozen Bread yang ternyata juga di produksi oleh Grup Ajinomoto dengan nama Ajinomoto Bakery. Wah rotinya lembut lho..dan vla yang terdapat di dalam rotinya itu juga lembut dan manis. Itulah mengapa Pak Nico bilang kalo roti produksi Ajinomoto Bakery ini paling enak dimakan justru saat dingin. Karena vlanya mengeras jadi seperti es krim tapi tetap lembut.

factory visit ajinomoto
Frozen Bread produksi Ajinomoto Bakery

Ajinomoto, Eat Well Live Well

Sesuai dengan filosofi Ajinomoto yang ingin menciptakan kehidupan yang lebih baik dengan berkontribusi bagi masyarakat untuk kemajuan di bidang makanan dan kesehatan, Ajinomoto membawa bisnis ini kepada kebaikan manusia dan lingkungan.

factory visit ajinomoto

Dengan meningkatkan kekuatan Grup Ajinomoto dalam menciptakan produk di bidang makanan agar dapat terealisasinya Eat Well Live Well.

PT Ajinomoto Indonesia berdiri sejak tahun 1969 di Jakarta, dengan kantornya di daerah Sunter, Jakarta Utara. Pada tahun berikutnya yaitu 1970, dibangun pabrik Ajinomoto di Mojokerto, Jawa Timur. Di pabrik Mojokerto inilah diproduksi penyedap rasa Ajinomoto.

Lanjut di tahun 1989, resmi berdiri PT Ajinex International dengan pabriknya di Mojokerto, Jawa Timur. Berhasil dengan produk penyedap rasa Ajinomoto, pada tahun 2012 dibangun pabrik Ajinomoto di Karawang, Jawa Barat seluas 16,6 hektar.

Tidak sampai disitu saja, di tahun 2016 berdiri PT Ajinomoto Bakery Indonesia di Karawang juga. Seperti yang saya sebutkan di awal tadi, salah satu produk bakery Ajinomoto adalah Frozen Bread yang sempat saya cicipi.

Dibawah pimpinan Mr. A. Kamiya selaku Presiden Director Ajinomoto, karyawan yang bekerja di PT Ajinomoto Indonesia sebanyak 685 karyawan yang terdiri dari Manager, Karyawan Reguler, Outsourcing, dan Pemborong.

Dalam memproduksi produk penyedap rasa ini, Ajinomoto sangat memperhatikan kualitas produk. Dengan menggunakan bahan alami dan tentunya telah menjamin kehalalan produk mereka.

Dalam menjamin kehalalan tersebut, Ajinomoto memiliki kebijakannya sendiri berdasarkan peraturan pemerintah dalam hal ini MUI (Majelis Ulama Indonesia. Kebijakan halal Ajinomoto yaitu:

  • Perusahaan hanya memproduksi produk yang halal sesuai dengan syariat Islam yang telah ditetapkan dan berdasarkan fatwa MUI.
  • Perusahaan mempunyai komitmen untuk memproduksi produk halal secara konsisten dan terus menerus.
  • Meningkatkan pemehaman, kesadaran, tanggung jawab sebagai produsen kepada seluruh staf dan karyawan tentang kehalalan produk.

Selain kebijakan halal tersebut, Ajinomoto juga mempunyai kebijakan mutu dan keamanan pangan, juga kebijakan lingkungan yang semuanya bahkan telah diapresiasi dengan diperolehnya sertifikat ISO (International Organization of Standardization). Berikut sertifikat yang diperoleh PT Ajinomoto Indonesia:

  • Halal Certificate from MUI
  • Halal Assurance System, Status A
  • ISO 2200 for Food Safety
  • ISO 14001- 2015 for Environment
  • OHSAS 180001 for Safety
  • ISO 9001 – 2015 for Quality

Dalam pengolahan produk penyedap rasa Ajinomoto juga memperhatikan limbah hasil produknya. Pihak perusahaan tidak akan membuang limbah yang belum diolah sesuai standar yang berlaku. Oleh sebab itu, pihak perusahaan memiliki Waste Water Treatment tersendiri seperti yang tertera pada gambar dibawah ini:

factory visit ajinomoto

Setiap proses pengerjaan di area pabrik Ajinomoto ini memiliki standar prosedurnya sendiri. Ajinomoto sangat memperhatikan kualitas dari produknya hingga tidak sembarangan orang dapat memasuki area pabrik.

 

Pabrik Ajinomoto Karawang

Seperti yang sudah masyarakat kenal, produk Ajinomoto antara lain yaitu Masako, Sajiku dan Saori. Ketiga produk ini sudah familiar dengan dapur ibu-ibu Indonesia. Ngga lengkap rasanya kalo masak tidak menggunakan salah satu produk Ajinomoto tersebut.

Pabrik Ajinomoto yang di Karawang ini memproduksi Masako, Sajiku tepung bumbu, Sajiku bumbu masak instan, Saori dan juga Mayumi, mayonaise yummy. Area pertama yang kami kunjungi yaitu pabrik pembuatan Saori. Saori salah satu produk Ajinomoto yang saya konsumsi juga untuk masakan tumis-tumisan.

factory visit ajinomoto

Selain melihat proses pembuatan, kami juga mendapat penjelasan mengenai area pabrik dan bahan bakunya. Beralih dari Saori kami menuju area pabrik Masako dan Sajiku.

Berkunjung ke pabrik Masako, terbayang dalam pikiran saya suasana pabrik yang monoton dan dengan interior yang kaku. Tapi dugaan saya keliru banget. Baik area luar, apalagi area dalam pabrik banyak spot-spot foto yang instagramable.

factory visit ajinomoto

factory visit ajinomoto

Bukan blogger namanya kalau tidak memanfaatkan momen kunjungan kami untuk berfoto dan mengambil video. Ternyata pabrik Ajinomoto ini juga membuka kunjungan untuk umum, baik itu dari komunitas kuliner, ibu-ibu PKK, maupun siswa sekolah yang ingin mengetahui lebih dekat tentang Ajinomoto dan proses pembuatan produk-produknya.

factory visit ajinomoto

Walau waktu kunjungan dibatasi, namun kami semua merasa puas dapat melihat dari dekat dan mendapatkan informasi yang bermanfaat sekali mengenai produk yang nota bene kami konsumsi sehari-hari.

factory visit ajinomoto

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply