Fakta Kelezatan Umami Ajinomoto Hadirkan Eat Well Live Well

Fakta kelezatan umami ajinomoto

Khasanah kuliner di Indonesia sangatlah beraneka ragam, sesuai dengan keanekaragaman suku bangsa yang kita punya. Saya salah satu penggemar kuliner Indonesia terutama yang bercita rasa gurih dan pedas serta mengandung rempah-rempah alami.

Dalam memasak hidangan keluarga, biasanya saya menggunakan bumbu asli. Penambah rasa seperti gula, garam atau penyedap rasa juga saya gunakan namun dengan takaran yang sewajarnya.

Banyak informasi di luar sana yang menyebutkan bahwa penambahan penyedap rasa MSG (micin) tidak dianjurkan karena dapat membuat anak jadi bodoh atau bahkan memicu penyakit berat seperti kanker.

Ada sih rasa takut mendengar informasi tentang micin tersebut. Tapi saya juga gak mau percaya begitu saja tanpa mendengarkan langsung alasan dari pakar/ahlinya.

Eat Well Live Well bersama Umami Ajinomoto

Nah kebetulan sekali nih, saya mendapat undangan dari Dream.co.id dan Ajinomoto yang mengadakan Blogger Gathering di Kapulaga Indonesian Bistro, Dayang Sumbi, Bandung pada Jumat (12/10) lalu. Mengambil tema Eat Well Live Well, Ajinomoto memberikan cita rasa kelezatan Umami dalam masakan kita.

Nara sumber yang hadir dalam temu blogger kali ini yaitu Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, seorang ahli Teknologi Pangan IPB, Dhatu Rembulan, seorang influencer, juga Chef Deny Gumilang (salah seorang finalis di Master Chef Indonesia) yang nenampilkan demo masak.

Fakta kelezatan umami ajinomoto
Prof. Purwiyatno di Blogger Gathering Umami Ajinomoto

Menurut Prof. Purwiyatno cita rasa dasar ada 4 macam yaitu manis, asam, asin, pahit dan dilengkapi 1 rasa lagi yaitu Umami. Umami berasal dari bahasa Jepang yang berarti gurih dan ternyata banyak terdapat pada protein seperti kaldu sapi, ayam dan ikan. pantesan ya kalau kita buat kaldu dari rebusan daging sapi, ayam atau ikan rasanya gurih alami.

Cita rasa dalam makanan penting diperlukan untuk memberikan rasa dan aroma yang menarik minat. Sebagai sumber gizi makanan sebaiknya mengandung sumber energi, protein, mineral dan vitamin. Di dalam protein itulah terdapat kandungan umami tadi.

Umami sebagai penyedap rasa mengandung glutamat dan asam amino yang memberikan rasa gurih. Rasa gurih inilah yang ada disetiap masakan Jepang.

Didalam pangan, beberapa asam amino juga mempunyai fungsi yang penting dalam memberikan flavor (rasa) pada produk pangan, misalnya asam glutamat yang memberikan cita rasa umami.

Umami menjadi flavor yang banyak disukai dan banyak ditemukan pada produk pangan, misalnya pada produk fermentasi ikan di Indonesia yang memiliki beragam jenis dan karakter yang dihasilkan.

Semua proses fermentasi tersebut dapat menciptakan rasa umami yang dihasilkan dari asam amino. Produk-produk fermentasi ikan dapat menaikan appetite (cita rasa) pada suatu produk pangan. Beberapa produk fermentasi ikan khas Indonesia  adalah bekasang, terasi, serta tempe, kecap dan tauco yang kesemuanya menciptakan rasa umami.

Begitu juga dengan umami pada produk Ajinomoto yang menjadi penambah rasa pada makanan yang kita masak. Seperti pengalaman mbak Dhatu Rembulan yang mulai mengenalkan umami pada anaknya ketika sudah mulai memberinya MPASI.

Fakta kelezatan umami ajinomoto
Bersama mbak Dhatu Rembulan

Pemberian umami pada MPASI anaknya dimaksudkan untuk memberikan rasa gurih. Walau pemberian umami pada anaknya tidak sebanyak takaran pada orang dewasa.

Menurut Prof. Purwiyatno kesalahpahaman masyarakat akan MSG pada umami itu karena ketidaktahuan. MSG yang terkandung pada umami secara penelitian tidak membuat seorang menjadi bodoh atau bahkan mengalami penyakit berbahaya, bila kadar pemberian MSG sesuai takarannya (Acceptable Daily Intake=ADI).

Berdasarkan Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 722/MENKES/PER/IX/88 tentang Bahan Tambahan Makanan bahwa Glutamate atau MSG aman digunakan sebagai bahan tambahan pangan.

Fakta kelezatan umami ajinomoto
Fakta kelezatan umami ajinomoto

Justru kita harus berhati-hati dalam penggunaan garam yang berlebih karena justru garamlah yang dapat memicu penyakit dalam tubuh, seperti tekanan darah tinggi.

Fakta kelezatan umami ajinomoto

Demo Masak dan Food Platting

Di acara Blogger Gathering Ajinomoto ini juga ikut hadir Chef Deny Gumilang yang mendemokan resep soto mie Bandung dan Chicken Roasted Steak. Dalam setiap masakannya Chef Deny mengatakan bahwa dia tidak ragu menambahkan umami Ajinomoto, karena dapat menambah cita rasa pada masakannya.

Kami para bloggers yang hadir yang sebagian kaum perempuan ini tentu saja sangat excited sekali dengan demo masak yang ditampilkan Chef Deny. Apalagi setelah itu ada icip-icipnya juga hehehe.

Fakta kelezatan umami ajinomoto
Chef Deny Gumilang

Setelah demo masak oleh Chef Deny, kamipun berkesempatan berkompetisi membuat Food Platting dari masakan yang dibuat oleh Chef Deny yaitu Chicken Roasted Steak. Wah..kamipun menyambut dengan antusias sekali. Bahkan ketika waktu kompetisi belum dimulaipun kami sudah mulai menghias duluan hahaha. Seru deh..

Fakta kelezatan umami ajinomoto
Soto mie Bandung
Fakta kelezatan umami ajinomoto
Roasted Chicken Steak
Fakta kelezatan umami ajinomoto
Fakta kelezatan umami ajinomoto

Acara belum lagi usai, selanjutnya pihak Ajinomoto akan membawa kami berkunjung ke pabrik Ajinomoto di Karawang, Jawa Barat pada tanggal 7 November nanti. Jadi penasaran nih kayak apa ya pabrik umami Ajinomoto di Karawang itu? Nantikan ulasannya di blog saya ya..

Fakta kelezatan umami ajinomoto
Blogger Gathering Ajinomoto

Nah..jadi bagaimana teman-teman, masih takut untuk menambahkan umami pada masakan kalian ngga?

 

Bandung, Oktober 2018

HQ

 

 

 

 

 

 

 

 

One Reply to “Fakta Kelezatan Umami Ajinomoto Hadirkan Eat Well Live Well”

Leave a Reply