FINTECH:"What and How to Embrace It"


Berkembangnya teknologi di berbagai bidang saat ini membawa begitu banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Perubahan juga dimotori oleh pergeseran kebutuhan masyarakat agar dapat mengakses berbagai layanan secara lebih mudah, cepat dan aman. Begitu pula dengan bidang keuangan,berbagai layanan berbasis teknologi informasi telah hadir. Alhamdulillah di kesempatan kali ini saya mendapat undangan melalui komunitas Blogger Crony untuk menghadiri seminar edukasi FINTECH : What and How to Embrace It” yang diselenggarakan oleh IndonesiaX, di Mercantile Athletic Club, gedung WTC, Jakarta pada tanggal 27 Februari 2017.

    Indonesia X adalah organisasi non profit yang menawarkan platform Massive Open Online Courses (MOOC) dengan berbagai topik program studi online menarik dari dosen perguruan tinggi terbaik serta manajemen eksekutif perusahaan ternama baik dari dalam maupun luarnegeri, seperti Bapak Rhenald Kasali, Prof Dr Emil Salim, Budianto Andreas Nawawi,MA dan masih banyak lagi.

    Ibu Lucy M Pandjaitan, Presiden Direktur dan CEO Indonesia X
    Seperti yang dikatakan ibu Lucy M Pandjaitan selaku Presiden Direktur dan CEO Indonesia X bahwa “Indonesia X itu terfokus pada pengembangan edukasi dan pelatihan online berkualitas tinggi di Indonesia. Tujuan kami adalah untuk memperluas akses masyarakat kepada pendidikan dan ketrampilan hidup yang berkualitas melalui sebuah platform kursus online terbuka secara besar-besaran (MOOC) dengan perangkat sistem manajemen belajar atau Learning Management System  (LMS) .  
    Jadi masyarakat dapat belajar tanpa harus hadir di kelas,cukup dengan registrasi dan belajar secara online tanpa dikenakan biaya. LMS didesain khusus untuk masyarakat Indonesia yang disajikan dalam bahasa Indonesia diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat kepada pelatihan bersertifikat dan pendidikan terbaik. Ada beberapa alasan mengapa memilih kursus di Indonesia X yaitu :

    • didukung oleh universitas peringkat tertinggi di Indonesia dan perusahaan terbaik, jadi materi kursusnya juga yang terbaik
    • pengajarnya adalah profesor terbaik dari mitra atau manajemen perusahaan yang bermitra dengan Indonesia X
    • seluruh materi kursus dapat diakses melalui website dan kita dapat memilih untuk mendapatkan sertifikat jika lulus ujian online.
    Bapak Dr Sugeng, Deputi Gubernur Bank Indonesia
    Salah satu peran serta Indonesia X dalam mengedukasi masyarakat yaitu dengan menyelenggarakan seminar FinTech ini. FinTech (Financial Technology) adalah layanan keuangan yang berbasis teknologi informasi,misalnya: Fintech payment, perbankan, pasar modal, perkoperasian, dan lain-lain seperti yang dijelaskan oleh Bapak Dr Sugeng selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia dalam pidato sambutan di seminar Fintech kali itu.
    Seminar yang dimulai pukul 09.00 ini dimoderatori oleh Bapak Tri Joko Santoso selaku Kepala FPSB Indonesia ini juga menampilkan narasumber dari berbagai praktisi antara lain :

    1. Junanto Herdiawan,Head of Bank Indonesia Financial Techmology Office
    2. Hendrikus Passagi,Senior Executive Researcher,Department of Strategic Policy Development,OJK
    3. Eddi Danusaputro,President Director and CEO Mandiri Capital Indonesia
    4. Ryu Kawanu Sullawan,Co-Founder and CEO Midtrans
    5. Adrian Gunadi,Co Founder and CEO Investree
    6. Bari Arijono,Founder and CEO Digital Enterprise Indonesia
    img_20170227_094017_1.jpg
    Moderator dan Narasumber yang mengisi seminar FinTech
    Seminar ini juga diisi dengan sesi mini workshop yang dibagi menjadi 3(tiga) kelas yaitu:

    1. Peer to Peer Lending and Payment oleh Bapak Adrian dan Bapak Ryu Kawanu
    2. Regulation oleh Bapak Hendrikus Passagi dan Bapak Junanto Herdiawan
    3. Venture Capital oleh Bapak Eddi Danusaputro
    img_20170227_114607.jpg
    Bapak Adrian Gunadi menjawab pertanyaan di sesi Peer to Peer Lending and Payment
    Dari data Indonesia Fintech Survey 2016 menunjukkan bahwa 78% dari pelaku Fintech di Indonesia memulai usahanya di 2015. Di 2016 terdapat 142 perusahaan yang bergerak di 4 kategori yaitu:

    1. Deposit,Lending and Capital Raising
    2. Payments,Clearing and Settlement
    3. Investment and Risk Management
    4. Market Provisioning

    Diantara kategori tersebut Fintech Payment and Lending memiliki pangsa terbesar yaitu 74%. Hal ini menandakan bahwa Fintech berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi secara umum. Diharapkan tranformasi sektor keuangan melalui Fintech ini bisa menjadi momentum untuk menciptakan sistem pembayaran yang aman,efisien,dan mudah serta memperhatikan kepentingan nasional,perlindungan konsumen dan perluasan akses.

    img-20170227-wa0001.jpg
    Ki-Ka : Bpk Tri Djoko Santoso, Bpk Adrian Gunadi, Bpk Ryu Kawano Sullawan, Ibu Lucy M Pandjaitan, Bpk Eddi Danusaputro, Bpk Hendrikus Passagi, Bpk Junanto Herdiawan
     Seminar dan sesi mini workshop ditutup pukul 13.00 WIB dan peserta dipersilahkan untuk menikmati hidangan makan siang dan pengambilan sertifikat. 
    Sertifikat Seminar FinTech yang didapat atas nama penulis
    www.indonesiax.com
    HQ’17

    0 Replies to “FINTECH:"What and How to Embrace It"”

    1. Semoga kedepannya banyak pertumbuhan UKM baru yang buat Indonesia bangga. Sekaligus jadi jawaban lapangan kerja baru, pertumbuhan ekonomi pun meningkat. Dari segi permodalan terbantu & sistem keuangan mereka baik.

    Leave a Reply

    error: Jangan coba-coba copas yaa !!