Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47

Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47

Melakukan ibadah di tempat peribadatan di masa pandemi Covid-19  sekarang ini memang dibatasi. Walaupun begitu tidak menghalangi para umatNya untuk melakukan ibadah secara online. Begitu juga halnya yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) yang menyelenggarakan ibadah online melalui 3 platform media sosial yaitu Youtube, Facebook dan Instagram.

Ibadah online yang dilakukan pada Sabtu (13/06) jam 17.00 WIB di gereja GBIP Jemaat Paulus, Jakarta ini juga dalam rangka menyambut Paskah Kenaikan Pantekosta sekaligus HUT KKK yang ke 47. Ibadah online ini berhasil ditonton oleh warga Kawanua dan juga masyarakat umum lebih dari 15.000 orang.

Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47

Baca juga : KKK dalam Ibadah Natal dan Kunci Taong

Ibadah online menyambut Paskah dan HUT KKK ke 47

Ibadah online ini merupakan puncak acara dari rangkaian acara yang sebelumnya telah dilakukan berupa webinar, bantuan sosial, dan penyemprotan desinfektan ke tempat-tempat ibadah. Panitia acara yang diketuai oleh Marsma TNI Donald Kasenda, ST SIP MM mengatakan keseluruhan acara ini terselenggara berkat kerjasama dan dukungan dari warga Kawanua di seluruh Indonesia dan di luar negeri serta petunjuk Ketua Umum KKK, Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH.

Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47
Penyemprotan desinfektan tempat ibadah yang dilakukan dalam rangkaian acara ibadah online Peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47. (pic by: instagram KKK)

Bantuan sosial dalam masa pandemi Covid-19 yang diadakan terlebih dulu pada Sabtu (06/06) ini merupakan bentuk “Mewujudnyatakan SI TOU TIMOU TUMOU TOU” yang menjadi misi dari Kerukunan Keluarga Kawanua yang berarti manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.

Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47

Selain itu juga sekaligus membuktikan bahwa falsafah dan kearifan lokal yang dimiliki oleh para Kawanua yaitu: Masawang-sawangan (saling menolong) & Matombo-tomboloan (saling menopang) masih melekat kuat dalam jiwa para Kawanua yang sudah merantau.

Dalam acara puncak ibadah online yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini berjalan lancar hampir tanpa hambatan berarti, puji Tuhan, Alhamdulillah. Ibadah yang dipimpin oleh Pdt Jeffrey W Ch Sompotan, Sth ini berlangsung khidmat. Ketua Umum KKK Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH yang bahkan tengah berduka mendapat berita berpulangnya ibunda tercinta ibu Juliana Sompie-Dungus yang berusia 88 tahun tetap mengikuti peribadatan hingga selesai.

Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK
Ketua Umum KKK, Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH (di depan mimbar).
Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47
Pdt Jeffrey W Ch Sompotan, Sth dalam khotbah ibadah online peringatan Paskah dan HUT KKK ke 47. (pic by: Gina Nelwan)

Beliau mendapatkan banyak simpati dan ucapan duka cita atas wafatnya ibunda tercinta. Beliau juga mengucapkan terima kasih karena berkat kerja keras seluruh panitia dan dukungan warga Kawanua maka penyelenggaraan ibadah online ini berjalan lancar.

Ada kejadian unik dalam prosesi acara HUT KKK panitia yang menyediakan lilin ulang tahun yang sedianya akan ditiup. Karena situasi pandemi sekarang ini maka prosesi peniupan lilin dilakukan dengan bantuan kipas. Kue ulang tahun yang dibuat pun cukup spesial, bukan kue ulang tahun seperti biasa melainkan kue khas Manado yaitu kue brudel.

Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK
Kue Brudel khas Manado pada Ibadah Online Peringatan Paskah dan HUT KKK.

Hal ini semakin menandakan betapa KKK sangat concern akan kesederhanaan dan adat istiadat budaya Kawanua dalam pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari dan juga acara ibadah online HUT KKK ini.

Oiya..sebagai apresiasi terhadap warga Kawanua dan masyarakat umum yang mengikuti acara ibadah online melalui sosial media mereka, pihak panitia KKK memberikan beragam hadiah berupa pulsa dan handphone.

Buat kalian yang belum sempat menonton live streaming ibadah online KKK ini, nggak usah khawatir. Kalian masih bisa menyaksikannya melalui channel youtube KKK berikut ini.

Selain itu juga bisa di akses melalui akun instagram KKK di sini dan facebook di sini.

 

 

 

Leave a Reply

error: Jangan coba-coba copas yaa !!