Inilah Ciri-ciri Hamil yang Harus Diperhatikan

ciri ciri kehamilan yang harus diperhatikan

Kehamilan bagi pasangan suami istri yang mendambakan kehadiran buah hati dan tidak menunda kehamilan tentu membawa kebahagiaan tersendiri. Tidak jarang ada beberapa pasangan suami istri yang menunggu lama kehadiran buah hati mereka. Momen kehamilan dan menanti hingga lahirnya buah hati menjadi momen yang tidak akan terlupakan.

Namun tidak jarang ada sebagian perempuan yang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil. Memang kondisi fisik setiap perempuan berbeda-beda, siklus menstruasi juga berbeda, begitu pula ketika kehamilan itu tiba. Disinilah kita sebagai perempuan dan juga laki-laki sebagai pasangannya, untuk lebih aware terhadap ciri-ciri hamil.

ciri ciri kehamilan yang harus diperhatikan
(pic by: pixabay)

Ciri-ciri hamil yang perlu diperhatikan

Selain memperhatikan siklus menstruasi dengan terlambatnya menstruasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang mencirikan suatu kehamilan, antara lain:

  1. Perut kembung, berdasarkan pengalaman saya pribadi, perut kembung yang saya rasakan di kehamilan minggu pertama ini seperti masuk angin, perut terasa sebah atau tidak enak.
  2. Mual dengan atau tanpa muntah. Perasaan kembung di perut juga biasanya diiringi dengan rasa mual. Ada yang sampai muntah namun ada juga yang tanpa muntah.
  3. Ngidam dan nafsu makan meningkat. Mengenai ngidam ini juga tidak semua perempuan mengalami, atau kalaupun mengalami ngidam akan berbeda-beda rasanya. Uniknya lagi ngidam itu tidak mengenal waktu, pengalaman kehamilan anak pertama saya malah ngidam roti bakar di tengah malam haha. Untungnya kesampaian beli karena di dekat rumah ada yang jual roti bakar.
  4. Kecemasan dan perubahan suasana hati. Perubahan suasana hati ini sangat mempengaruhi mood, hal ini disebabkan adanya perubahan hormon.
  5. Payudara yang berubah menjadi lembut. Hal ini disebabkan payudara menyiapkan produksi air susu yang nantinya diperlukan bagi sang bayi.
ciri ciri kehamilan yang harus diperhatikan
(pic by: pixabay)

Walaupun setiap perempuan yang mengalami kehamilan akan mengalami tanda kehamilan yang berbeda namun ada baiknya tetap waspada dan tentunya tetap mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang.

Pengalaman saya yang telah mengalami kehamilan sebanyak 3 kali pastinya berbeda di tiap kehamilan. Sebisa mungkin saya mendapatkan informasi mengenai kehamilan dan tumbuh kembang janin melalui berbagai informasi baik majalah maupun koran.

Tapi sekarang, seiring berkembangnya teknologi internet, informasi mengenai ciri-ciri kehamilan dapat dengan mudah kita peroleh. Apalagi ada berbagai aplikasi kesehatan yang mengakomodir informasi yang ingin kita peroleh, salah satunya aplikasi halodoc.

Aplikasi halodoc membantu mendapatkan informasi mengenai ciri-ciri hamil

Aplikasi halodoc adalah sebuah aplikasi dan situs web asal Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. Dibawah naungan PT Media Dokter Investama, perusahaan aplikasi ini didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Jonathan Sudharta.

ciri ciri kehamilan yang harus diperhatikan
Ciri ciri hamil yang dapat kita dapatkan infonya di halodoc.

Pengguna dapat mengakses halodoc baik melalui aplikasi maupun situs web resminya. Berbagai informasi kesehatan tersedia di sana mulai dari informasi toko kesehatan, membuat janji rumah sakit, mencari informasi dokter ahli bahkan konsultasi dengan dokter ahli pun juga tersedia.

Sebagai solusi kesehatan terlengkap halodoc juga dilengkapi dengan fitur layanan khusus seperti tes covid-19, kesehatan hewan dan juga layanan kesehatan jiwa. Menariknya lagi dari aplikasi dan situs web halodoc yaitu kita dapat melakukan pemeriksaan kesehatan diri dengan adanya fitur kalkulator BMI, kalender menstruasi, kalender kehamilan dan juga pengingat obat.

Baca juga: Tes Virus Corona via Online di halodoc

Buat kalian khususnya pasangan suami istri yang sedang menantikan hadirnya buah hati, penting nih mengunduh aplikasi halodoc dan mendapatkan informasi kesehatan yang lengkap. Halodoc juga dapat kita intip informasinya di sosial media instagram, twitter, facebook dan juga youtube. Semoga bermanfaat.

 

 

5 Replies to “Inilah Ciri-ciri Hamil yang Harus Diperhatikan”

  1. Wuihh informatif sekali.., walau aku belum pernah hamil, tapi sepertinya artikel ini membantu deh. Terima kasih sudah share.

  2. Sekarang nggak perlu menebak-nebak ya mba, bisa konsultasi online di halodoc, bisa menghemat tenaga dan waktu juga

  3. Kadang kita tidak menyadari sedang hamil tahu tahu bulan ke 3/4 . Apalagi kalau jadi ibu baru harus perhatikan pola makan dan kesehatan juga. Buat Suami sabar ya, emosi kita lagi turun naik nih

  4. Seneng banget ya sekarang udah ada aplikasi Halodoc, jadi para bumil bisa dengan mudahnya chat dokter, dan baca-baca info tentang kehamilan dari sumber tepercaya

  5. kadang ada beberapa gejala yang dialami ibu hamil 1 tapi tidak di ibu hamil 2, misalnya mual.. makannya ada beberapa ibu hamil yang kehamilannya nggak diketahui sangking santuynya wkwk

Leave a Reply