InsyaAllah Sah! Film Komedi Sarat Makna 

Untuk kesekian kalinya film Indonesia meramaikan kancah perfilman negeri kita ditengah serbuan film-film asing. Jelang Idul Fitri nanti MD Pictures akan meluncurkan film terbarunya, film bergenre komedi dengan nuansa Islami. Film yang diambil dari novel penulis kenamaan Achi TM, dengan judul yg sama “InsyaAllah Sah!”. 

Setelah proses shooting yang memakan waktu kurang lebih 3(tiga) minggu, digelar Meet and Greet InsyaAllah, Sah! pada Senin, 5 Juni 2017 di gedung MD Place, Kuningan, Jakarta Selatan. Saya dan teman blogger dan media lainnya pun berkesempatan hadir di acara itu. 

Meet and Greet InsyaAllah, Sah! dihadiri oleh Achi TM (penulis), Panji Pragiwaksono (sebagai Raka), dan Donita (sebagai Kiara). Acara dimulai pukul 17.00 dibuka oleh mbak Achi TM yang menjelaskan asal muasal ditulisnya novel InsyaAllah Sah! 
Menulis merupakan passion mbak Achi TM sebagai profesinya. Sudah banyak karya tulis baik itu novel maupun naskah skenario yang dihasilkan. Namun ada kalanya kejenuhan datang. Pada titik jenuh itulah Achi pernah berkeinginan untuk berhenti menulis. 

Achi TM, penulis novel InsyaAllah Sah! (Dok:penulis)
Hingga suatu saat Achi diundang ke Universitas Andalas, Padang sebagai pembicara dalam acara workshop penulisan. Di workshop tersebut Achi memberikan motivasi untuk terus menulis, padahal saat itu Achi mulai merasa jenuh menulis. 
Di pesawat, Achi kehilangan tasnya yang berisi laptop dan naskah-naskah tulisannya, juga rendang oleh-oleh dari Padang. Achi tersentak, mungkinkah ini teguran Allah karena dia punya keinginan untuk berhenti menulis. Achi pun bernazar apabila tasnya yang berisi harta karunnya itu ketemu, dia akan menulis novel bernuansa Islami. Tidak berapa lama setelah terucapnya nazar itu, Alhamdulillah tas yang berisi laptop dan naskah tulisannya ditemukan. 
Dari sejak peristiwa itu,mbak Achi kembali fokus untuk menulis. Tawaran untuk membuat novel Islami juga datang. Kelahiran InsyaAllah Sah!pun karena nazar yang diucapkan. Achi ingin setiap novel yang dibuatnya itu bisa dibuatkan filmnya. 
Pernah Achi menggelar launching novel barunya besar-besaran dengan harapan novelnya akan dilirik produser untuk dibuatkan filmnya, namun itu gagal. Tidak sekali saja, tapi setiap selesai membuat novel Achi selalu berkeinginan bahwa novel itu akan difilmkan. 
Di novel InsyaAllah Sah! novel pertama Achi akhirnya berhasil mewujudkan mimpinya. Novel InsyaAllah Sah! dilirik pihak MD Pictures dan dijadikan film dengan judul yang sama. 
Film InsyaAllah Sah! bercerita tentang kehidupan Silvi (diperankan Titi Kamal) yang terjebak di dalam lift bersama Raka (diperankan Panji P). Raka adalah seorang pemuda religius yang polos, jujur namun terlihat aneh dan menyebalkan. 
Panji Pragiwaksono sebagai Raka (Dok: instagram InsyaAllah Sah!)
Raka selalu menghantui kehidupan Silvi yang tertangkap bernazar untuk menjadi wanita muslimah yang lebih baik lagi. Silvi yang berkarakter rame, ceplas ceplos, judes terang-terangan menunjukkan ketidaksukaannya terhadap kehadiran Raka. Bersama dengan Dion (diperankan Richard Kyle) tunangannya,  Silvi berhadapan dengan Raka yang sering muncul dan menyebalkan.
Ada banyak kejadian-kejadian lucu sepanjang shooting berlangsung. Seperti yang diceritakan Donita, setiap shooting berlangsung selalu membuatnya merasa sakit perut karena banyak menahan tertawa. Peran Kiara sebagai sahabat Silvi yang dimainkan Donita itu tidak terlalu menguras energi. 
Donita sebagai Kiara (Dok: penulis)
Berbeda dengan Donita, Panji P yang memerankan Raka. Panji banyak melakukan riset dan diskusi sehubungan dengan perannya itu agar bisa menemukan kliknya dengan peran Raka. Mulai dari postur tubuh, cara berbicara, logat sundanya bahkan aksen suaranya pun Panji lakukan dengan total bahkan sampai tempelan gigi yang membuat beda bicaranya. 
Sampai pada saat di luar shooting pun tokoh Raka tetap melekat supaya feelnya dapat. Apabila ada yang bertanya ini Panji atau Raka, selalu dijawab dengan logat Raka bahwa Panji sedang dugem, yang ada Raka. 
Bahkan peran Raka terbawa juga di Meet and Greet waktu itu. Tidak ada Panji, yang ada hanya Raka. Peran Raka sangat berkesan disamping dukungan pemain-pemain lain juga. Seperti Titi Kamal yang berperan sebagai Silvi,  yang menurut Panji..eh Raka kalo Titi Kamal mah udah jago banget aktingnya. Pergantian schene dari adegan lucu ke adegan sedih pun mudah dilakukan. 
Achi TM, Donita, Panji Pragiwaksono (Dok:penulis)
Begitu juga dengan Richard Kyle yang selalu diucapkan Raka dengan “ka-il”. Richard berusaha keras dengan perannya itu, kesulitannya berbahasa Indonesia seringkali mengundang kelucuan-kelucuan. Ada satu adegan dimana saat itu Dion sedang marah besar terhadap Raka dan hendak memecat Raka. Namun karena kurangnya kemampuan berbahasa Indonesia, membuat Richard salah mengucapkan dialog “Raka, hari ini kamu saya Ciputat! ” dengan mimik muka yang masih marah. Sontak semua pemain dan kru lain tertawa.
Selain bintang utama di atas, film InsyaAllah Sah! yang di sutradarai Benni Setiawan itu terlihat juga beberapa artis besar sebagai cameo. Ada sekitar 20-an artis yang terlibat di dalamnya. Ada Deddy Mizwar, Prilly Latuconsina, Lidya Kandau, Ira Maya Sopha, Ari Tulang, dan lain-lain. 
Penasaran ya seperti apa kelanjutan ceritanya, apa yang terjadi di kehidupan Silvi selanjutnya. Apakah Silvi akan menyelesaikan nazarnya? Ada kelucuan-kelucuan apalagi di film InsyaAllah Sah!  Saksikan ya film InsyaAllah Sah! tayang tanggal 25 Juni 2017 di bioskop-bioskop kesayangan kalian. 



InsyaAllah
Sah!
Penulis : Achi TM 
Produksi : MD Pictures 
Produser : Manoj Punjabi 
Sutradara : Benni Setiawan 
Pemain :  Panji Pragiwaksono, Titi Kamal, Donita,  Richard Kyle 
Kategori : komedi Islami 
Batas Usia : 13+
HQ’17

0 Replies to “InsyaAllah Sah! Film Komedi Sarat Makna ”

  1. monicaang says: Reply

    Wajib nonton film ini karena pesannya bagus bgt dan yang pasti lucu. Novelnya aja udah lucu banget kok, apalagi filmnya.

  2. Semoga perfilman Indonesia kembali maju ya Mbak.

    1. Aammin,yuk dukung perfilman Indonesia

  3. Boleh neh ditonton… pasti seru dan kocak ya apalagi ada Panji nya ya Mba.

    1. Iya, panji jd center pointnya.kocak banget

  4. Yang nggak mudikk bisa ke bioskop nihh

    1. Iya, lumayan filmnya lucu bgt aksinya si panji

  5. Lmyn buat hiburan di hari raya nih mba 🙂

    1. Iya..kocak lho filmnya

  6. Lucu banget rambut si panji. Seperti rambut era 70-80 Kocak nih film. Flyer aja sudah menggambarkan.

    1. Iya,kyk rambutnya adi bing slamet dulu ya

  7. Itu pas Panji bisa banget menjiwai perannya. Jadi penasaran film ini seperti apa.

    1. Lucu pastinya. Yuuk nonton filmnya mbk..

Leave a Reply