Jalan-jalan Ke Solo, Mampir Kemana Saja Ya?

Jalan-jalan ke Solo,mampir kemana saja ya?

Kalau berbicara tentang kota Solo pastinya sangat lekat sekali dengan tempat kelahiran Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi lahir di Solo, maka tentunya kota Solo semakin dikenal terutama dengan fasilitas umum dan tempat tempat wisata Solo.

Apa saja sih yang ada di Solo? Yuk simak informasinya berikut ini ya?

1.Taman Sriwedari

Wisata keluarga memang mengasyikan. Saat liburan tiba, kita bisa mencoba datang ke Taman Sriwedari yang berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi 275, Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah. Tiket masuknya per orang cukup terjangkau lho, hanya sekitar Rp10.000an saja dengan jadwal buka antara jam 10.00 hingga 22.00.

Ada banyak wahana dan situs peninggalan yang istimewa di Taman Sriwedari, namun kebanyakan menampilkan kebudayaan khas Solo seperti pertunjukan wayang, wahana bermain anak lainnya. Untuk masuk ke wahana, kita masih harus membayar lagi sesuai dengan wahana yang akan kita naiki. Pokoknya masuk ke sini benar-benar masuk ke Solo dan sekitarnya.

Jalan-jalan ke Solo,mampir kemana saja ya?

2.Alun-Alun Solo

Jika di Kota Yogyakarta ada Alun-Alun Lor dan Kidul, maka di Solo juga ada Alun-Alun Solo yang memang menyejukkan ketika kita singgah di sore hari. Masuk ke Alun-Alun Kidul ini tidak dibebani dengan tiket hanya saja kita harus membayar jasa parkir kendaraan, jika membawanya.

Di sini kita bisa naik odong-odong dengan biaya sekitar Rp. 30 ribuan-Rp. 100 ribuan tergantung dari kesepakatan tawar menawar. Ada juga tempat makan di sekitar area alun-alun yang berjumlah lumayan banyak dan bervariasi harganya, ada angkringan, cafe bule dan lesehan. Kita bisa memilih sesuai budget yang dimiliki, sangat romantis ketika malam hari tiba.

3.Bendungan Karet

Bendungan adalah sebuah bangunan yang dibuat untuk menahan arus air hujan yang tinggi serta antisipasi ketika ada banjir yang melanda. Kota Solo beberapa waktu yang lalu sempat mengalami banjir yang cukup besar dan merugikan masyarakat sekitar. Namun, dari kejadian tersebut dibuatlah sebuah bendungan yang kemudian memiliki daya tarik tersendiri.

Bendungan Karet Tirtonadi berada di Desa Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah. Jika kita melewatinya, lihat dan abadikanlah foto di sebelah bendungan yang sangat indah ini. Selain itu, bendungan ini juga menyajikan beberapa pengetahuan khusus tentang air yang bisa dipelajari oleh mahasiswa atau siswa. Menarik ya? Bukan cuma indah tapi juga mengandung edukasi.

4.Benteng Vastenburg

Jalan-jalan ke Solo,mampir kemana saja ya?
(Pic by: Wikimedia)

Benteng ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan Belanda untuk Indonesia yang dibangun pada tahun 1745. Jika ingin mengenal benteng pertahanan Belanda yang konon sedikit angker ini, bisa datang ke area Gladak, Pasar Kliwon, Kedung Lumbu, Kota Solo pada hari kerja atau libur.

Konon dahulunya, benteng ini dibuat untuk pertahanan Belanda. Namun, ketika Belanda sudah tidak menjabat lagi maka berubah menjadi pertahanan TNI namun hanya beberapa saat saja. Setelah itu ditinggalkan lagi dan kini mulai dihidupkan kembali demi menjaga kelestarian peninggalan sejarah. Terkadang benteng ini dipakai untuk sebuah event.

5.Kampung Batik Kauman

 

Jalan-jalan ke Solo,mampir kemana saja ya?

Pernah dengar namanya, kan? Yup..Kampung Batik Kauman adalah Kampung Batik Solo yang berupa sebuah perkampungan khusus pembuat kesenian batik khas Solo. Kampung ini ada banyak sekali rumah yang melakukan usaha batik homemade dan setiap rumah ini ada namanya sendiri misalnya saja batik Danar Hadi yang sudah terkenal.

Untuk sampai ke kampung ini, kita bisa lewat Alun-alun Utara ambil arah ke barat, kemudian belok saja ke kanan. Di sana ada pertigaan ketiga menuju Jalan Cakra, nah disinilah kita akan menemukan banyak rumah pembuat batik khas Solo. Masuk ke salah satu rumah pembuat batik ini memang gratis namun tak akan lengkap rasanya jika tidak membeli salah satu hasilnya, bukan? Batik tulis asli ini memang harganya cukup mahal mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

6.Istana Solo

Istana atau Keraton Solo berada di pusat kota Solo dan sangat dekat sekali dengan Alun-Alun, Pasar Klewer, dan Masjid Agung Solo. Jika kita berasal dari arah barat maka ambil jalan lurus saja ke arah timur hingga menemukan Solo Grand Mall dan ambil arah timur. Nantinya akan menemukan Alun-Alun Solo dan belok ke kanan untuk sampai ke Keraton Solo.

Ada beberapa aturan ketika masuk ke pelataran Solo, salah satunya kita harus melepaskan alas kaki sebagai penghormatan untuk Raja Solo. Adem dan menariknya beberapa tempat wisata Solo seperti yang Saya sebutkan di atas akan membuat kangen untuk kembali lagi ke sana. Kapan ya terakhir kalian ke Solo? Share yuk pengalamannya di kolom komen ya.

 

Leave a Reply