Jerry Andrean, dari Black Team Bangkit menjadi Juara Master Chef Indonesia Season 7!

Jerry Andrean Master Chef Indonesia Season 7

Master Chef Indonesia yang ditayangkan di stasiun TV RCTI adalah tayangan kompetisi memasak tingkat dunia yang saya sukai dan saya tonton sejak Season 1. Master Chef Indonesia Season 7 tahun ini termasuk istimewa karena dunia sedang menghadapi pandemi. Otomatis penyelenggaraan Master Chef Indonesia ini dilakukan dengan prosedur khusus dan untuk audisi bahkan dilakukan secara online.

Sejak mulai ditayangkan bulan September 2020, saya terus mengikuti setiap episodenya. Tayang 2 kali seminggu setiap hari Sabtu dan Minggu sore membuat saya menyempatkan waktu untuk menonton secara langsung. Walau beberapa kali saya skip menonton secara langsung, saya berusaha untuk menonton tayangan tundanya.

Khusus di Master Chef Season 7 tahun ini saya memperhatikan sekali perkembangan para peserta terutama peserta-peserta yang saya jagokan. Ada 4 nama peserta yang saya perhatikan banget perkembangan mereka mulai dari audisi hingga masuk dalam Top 5, yaitu Jerry, Audrey, Nindy dan Clava.

Jerry Andrean Master Chef Indonesia Season 7
(pic by: instagram @masterchefindonesia7)

Khusus untuk Jerry, saya sangat kagum dan terinspirasi sekali dengan perjuangannya hingga bisa masuk ke Top 5 dan akhirnya berduet dengan Audrey di Grand Final Master Chef Indonesia Season 7 kemarin.

Perjuangan Jerry di Master Chef Season 7 ini cukup berat. Beberapa kali masuk Pressure Test, bahkan sempat pulang di episode 11, tanggal 31 Oktober 2020 dimana Jerry gagal dalam membuat Somay Daging. Adalah konsep rantangan yang salah di tim Jerry dan Adit yang membuat mereka masuk Pressure Test. Konsep rantangan yang seharusnya memasukkan tiap rantang dengan menu berbeda tapi oleh Jerry dan Adit dimasukkan beberapa menu dalam 1 rantang. Hal tersebut yang membawa Jerry dan Adit masuk Pressure Test, namun sayangnya Jerry gagal dan terpaksa pulang, sedang Adit tetap bertahan.

Jerry Andrean Master Chef Indonesia Season 7
Bersama Adit, sobat rantang di Master Chef Indonesia Season 7 (pic by: instagram @jerrymci7)

Jujur saya sempat kecewa ketika Jerry gagal dan harus pulang di tantangan Pressure Test episode 11 itu. Saya merasa yakin bahwa kemampuan Jerry lebih dari itu. Jerry yang walaupun pernah masuk Pressure Test sebanyak 5 kali tetap menunjukkan semangat juangnya. Keahlian memasak Jerry tidak diragukan lagi, hal tersebut dibuktikan dengan pengalamannya sebagai lulusan Akademi Pariwisata Nasional Hotel Indonesia (NHI), Bandung, pernah bergabung di tim memasak di hotel The Ritz Carlton, Jakarta Selatan dan juga seorang wirausahawan muda di bidang kuliner. Pada September 2018, Jerry juga pernah mewakili Indonesia di ajang  ASEAN Skill Competition di Bangkok, Thailand.

Sepanjang saya menyaksikan Master Chef Indonesia, saya ingat ada satu episode dimana akan tampil lagi peserta yang pernah tereliminasi dan dibentuk oleh juri menjadi Black Team. Di situ saya berharap walau tereliminasi di babak Top 13, Jerry akan dapat tampil lagi dan menunjukkan kemampuan serta semangat juangnya.

Alhamdulillah, harapan saya terkabul. Di episode tanggal 7 November 2020, Jerry kembali tampil dan masuk dalam Black Team. Hal tersebut menandakan kesempatan untuk merebut kembali apron putih terbuka lebar. Black Team adalah kumpulan peserta yang dipulangkan namun juri menilai mereka masih berbakat untuk berjuang di Gallery Master Chef dan merebut apron putih mereka kembali. Anggota The Black Team selain Jerry yaitu ada Hanzel, Vicky, Ramos, Isman, dan Aziz.

Master Chef Indonesia Season 7

Ke 6 peserta Black Team yang berhasil masuk Gallery lagi harus berjuang dalam tantangan eliminasi. Jerry berhasil merebut white apronnya dalam tantangan apel dimana Jerry berhasil membuat hidangan sweet dish. Dari tampilannya, hidangan Jerry punya presentasi yang bagus. “Rasanya buat saya sedikit overwipe dan apelnya kurang ter-caramelize, tapi overall it’s good,” review Chef Renatta.

Master Chef Indonesia Season 7
Apron putih Master Chef Indonesia Season 7 pun berhasil direbut kembali (pic by: instagram @masterchefindonesia7)

Berhasil masuk kembali dan menjadi bagian Black Team membuat Jerry kembali berjuang untuk merebut mimpi yang nyaris terpatahkan. Tantangan demi tantangan Jerry lakukan dan berhasil dia tunjukan ke juri Chef Juna, Chef Arnold dan Chef Renatta kemampuan dan semangat juangnya. Segala kritik pedas juri menjadi bahan introspeksi dan pembelajaran untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Perjuangan Jerry terus berlanjut, dari masuk ke Top 10, Top 5 sampai akhirnya ke Top 3 berduel dengan Audrey dan Nindy. Pada pertarungan memperebutkan grand final, Nindy sempat berhasil mengamankan posisinya. Awalnya saya mengira ini akan menjadi pilihan yang sulit antara Jerry atau Audrey yang akan naik ke Top 2. Tapi ternyata perkiraan saya salah, juri memutuskan bahwa keduanya aman dan lanjut ke tantangan berikutnya di Grand Final Master Chef Indonesia Season 7.

Di tantangan Top 3, Nindy dengan berat hati harus melepaskan mimpinya menjadi juara Master Chef Indonesia Season 7 dengan skor lebih rendah dari skor Audrey dan Jerry.

Master Chef Indonesia Season 7

Akhirnya Grand Final Master Chef Indonesia Season 7 mempertemukan Jerry dan Audrey. Mereka berdua memiliki kemampuan yang memang pantas untuk disandingkan.

Dalam tantangan Grand Final ini, mereka harus bisa menyelesaikan 4 ronde dengan tema yang berbeda-beda. Ronde 1 dengan tema Set Menu Inspirasi Nusantara berhasil diselesaikan Jerry dengan skor 254. Jerry membuat hidangan Scallop Saus Padang untuk dessert, Ayam Bumbu Rujak dengan Nasi Kuning dan Lalapan untuk main course dan Putu Ayu with Brown Sugar Whipped Cream.

Untuk ronde 2 Jerry kembali unggul dengan skor 277. Mengambil tema Protein Darat dan Unggas, Jerry memilih burung puyuh dengan alasan memasaknya tidak membutuhkan waktu lama. Hidangan yang berhasil dimasak Jerry diberi nama Burung Puyuh bumbu kuning dengan Puree Kentang Jagung dan Daun Ubi Tumis.

 Master Chef Indonesia Season 7

Di ronde ke 3 sayangnya skor Jerry lebih rendah dari Audrey, yaitu 279. Dengan tema Protein Laut, Jerry memilih King Prawn dan menghidangkan Butter Poached King Prawn with Potato Bisque Sauce and Cauliflower Puree.

Lagi-lagi di ronde 4 atau Final Round Jerry kalah skor dibanding Audrey. Jerry mengumpulkan skor 264 di tantangan set menu Signature Dish, yaitu tantangan memasak hidangan yang mencerminkan diri. Jerry berhasil menyelesaikan tantangan 90 menit ini dengan Rujak Buah dengan Granitta Markisa untuk appetizer, Brisket Maranggi dengan Nasi Daun Jeruk dan Sambal Terasi untuk main course serta Es Teler Panakota dengan Es Krim Mawar Leci sebagai dessert.

 Master Chef Indonesia Season 7

Walau 2 ronde skor Jerry tertinggal, tapi secara keseluruhan skor Jerry lebih unggul dari Audrey. Otomatis nilai keseluruhan yang diraih Jerry sebesar 1074 poin memantapkan Jerry sebagai pemenang Master Chef Indonesia Season 7.

Jerry Andrean, Master Chef Indonesia Season 7
Jerry Andrean, Master Chef Indonesia Season 7

Secara resmi Jerry Andrean berhasil menjadi Juara 1 Master Chef Indonesia Season 7 dan berhak atas hadiah uang tunai IDR100 juta dan 1 unit mobil.  Yeay…akhirnya, selamat ya, Jer. You deserve it.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply