Susah Cari Kamar Sendiri? Ke Kamar Keluarga Aja, Yuk

Kamar Keluarga

Puluhan tahun lalu saya pernah mengalami jadi anak kost. Setamat SMA saya di terima di Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta. Rasanya senang dong, tapi saya harus mulai belajar mandiri karena jauh dari keluarga, orang tua terutama.

Salah satu hal yang jadi pikiran saya adalah saya harus mencari tempat tinggal. Sebagai kota pelajar, Yogya memiliki banyak tempat kost-kostan. Tinggal kita aja yang pintar-pintar memilihnya.

Orang tua saya menyarankan untuk mencari kost yang dekat dengan kampus. Jadi aktivitas pulang pergi kuliah saya tidak memakan waktu banyak.

Sekarang ini perkembangan kost-kostan mengalami kemajuan yang sangat pesat. Nggak cuma di Yogya aja, tapi juga di berbagai kota di Indonesia.

Kamar Keluarga
Kamar Keluarga

Mencari kost bagi perantau memang menjadi sesuatu yang penting, apalagi bila tidak mempunyai kerabat atau teman dekat. Peluang bisnis inilah yang ditangkap oleh PT Hoopor International melalui Kamar Keluarga yang mengubah aset non produktif, menjadi aset produktif dengan pasive income.

5 pilar Kamar Keluarga dan strategi bisnisnya

Kamar Keluarga adalah start up property yang menyediakan layanan hunian co-living dan minimalis dengan jaringan layanan terlengkap dan nyaman. Bukan itu saja, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan bersaing di kota-kota besar yang terkoneksi melalui teknologi berbasis web dan aplikasi.

Kamar Keluarga
Kamar Keluarga di Tangerang
Kamar Keluarga
Toilet dengan shower air panas dan dingin di Kamar Keluarga
Kamar Keluarga
Kamar Keluarga

Kamar Keluarga berdiri pada tahun 2011 secara perorangan. Pada tahun 2016 berkembang dengan membangun prototype pertamanya berupa 2 unit properti yang aktif menerima penyewaan kamar kos untuk konsumen.

Sampai saat ini, Kamar Keluarga sudah memiliki 2.041 kamar yang sudah dan akan beroperasi yang tersebar di 75 lokasi strategis di Jabodetabek dan Bandung. Untuk jumlahnya sekitar 45an unit yang beroperasi dan sisanya sedang dalam persiapan. Dari sejak beroperasi pada tahun 2011, Kamar Keluarga sudah melayani sebanyak 156.294 tamu.

Dalam menjalankan bisnisnya ini Kamar Keluarga berbasis pada 5 Pilar, yaitu:

  1. Kamar Keluarga BOT (build operate transfer), pilar yang membantu para pemilih tanah yang hanya memiliki tanah kosong namun belum memiliki dana untuk pembangunan, maka KK BOT akan membantu membangun hunian yang menghasilkan dengan sistem bagi hasil.
  2. Kamar Keluarga Operator yaitu pengelolaan co- living/kost dengan konsep sebagai keluarga sendiri.
  3. Kamar Keluarga Lini yaitu vertikal bisnis yang memanfaatkan lokasi dan demand dari konsumen KK yang dibangun di atas properti tersebut, misalnya: laundry, warung makan, kafe, restoran.
  4. Kamar Keluarga Development adalah pilar yang memaksimalkan sisa ruang yang diakuisisi oleh KK untuk pembangunan kost, dengan membangun rumah minimalis seluas 3 x 12 meter hingga 3 x 15 meter di lahan yang tersisa setelah pembangunan kamar kost. Jadi memberi peluang kepada para milienial ini untuk memiliki rumah pribadi, yang murah, minimalis dan terjangkau.
  5. Kamar Keluarga Asset adalah pilar yang membantu para investor baru yang muda maupun tua yang belum pernah berbisnis properti, yakni dalam memilih lahan, membangun dan mengelola properti tersebut hingga menghasilkan passive income untuk para investor.

Dengan dasar 5 Pilar itu, Kamar Keluarga juga tetap berfokus pada core bisnis mereka yaitu pengelolaan co-living yang menerapkan strategi 4M, yaitu:

  • Mengembangkan Teknologi, penggunaan aplikasi booking Hotel dengan fitur permintaan (on demand) yang disediakan untuk solusi baru Kamar Keluarga seperti transportasi, logistik, makanan, gaya hidup. atraksi kegiatan, entertainment dan belanja kebutuhan.
  • Mengembangkan Jangkauan, dengan membangun Kamar Keluarga di 9 kota besar yang strategis (Jogjakarta, Surabaya, Bandung, Bali, Solo, Medan, Makassar, Malang, dan Semarang) dan promosi
  • Mengembangkan Layanan
  • Mengembangkan Kualitas, seperti desain kamar yang ramah keluarga, spot untuk anak, resepsionis dan tim operasional yang siap sedia.

Kamar Keluarga yang kini tersebar di Jakarta Pusat sebanyak 8 unit, Bogor 1 unit, Jakarta Barat 15 unit, Jakarta Selatan 3 unit ini dapat kita pesan sewaktu-waktu kita membutuhkan kamar untuk bermalam. Jadi selain disewakan untuk kost perbulan, Kamar Keluarga juga disewakan harian.

Kamar Keluarga
Ferry Lucas, owner dan founder Kamar Keluarga (pic by: twitter Amelia)

Seperti salah satu Kamar Keluarga yang hari Selasa (12/11) lalu saya dan teman blogger kunjungi yaitu yang berlokasi di Tangerang, tepatnya di Jl. Perintis Kemerdekaan 1-1B, Tangerang. Malam itu pihak Kamar Keluarga yang dihadiri langsung oleh pak Ferry Lucas selaku Founder Kamar Keluarga mengadakan blogger dan penghuni gathering.

Dalam penjelasannya, pak Ferry mengatakan unit yang ada di Kamar Keluarga dipisahkan antara unit pria, wanita dan suami istri. Pihak Kamar Keluarga memberlakukan peraturan bagi penghuni wanita dan pria untuk tidak berada dalam satu kamar, kecuali sudah menikah dengan menunjukkan bukti surat menikah.

Kamar Keluarga

    Kamar Keluarga

Kamar Keluarga

Cara memesan Kamar Keluarga

Saya pun sempat penasaran bagaimana dengan sistem pemesanannya? Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Kamar Keluarga juga bisa di sewa permalam, tentunya hal ini berguna untuk yang membutuhkan tempat menginap segera, tapi dengan suasana kekeluargaan.

Cara memesannya mudah kok, kita tinggal download aplikasi Kamar Keluarga yang ada di play store atau bisa juga melalui situsnya di www.kamarkeluarga.co.id. Setelah kita menemukan pilihan kamar yang hendak kita sewa, langsung deh lakukan pemesanan yang terhubung langsung dengan Whatsapp unit yang kita tuju.

Kamar Keluarga
Aplikasi Kamar Keluarga

Jadi cukup gampang kan?Apalagi di aplikasi dan situs Kamar Keluarga ini juga menampilkan pilihan kamar yang bersih dan rapi. Setiap kamar di Kamar Keluarga yang kita sewa itu sudah termasuk garansi dengan layanan:

  • akses wifi
  • AC
  • parkir yang luas
  • shower yang menyediakan air hangat
  • layanan kamar
  • alat mandi

Nah, jadi makin tertarik nggak sih untuk sewa kamar di Kamar Keluarga? Yukk ah buruan booking kamarnya, apalagi Kamar Keluarga juga bisa dibooking melalui Traveloka, Tiket.com, Agoda, Booking.com, Airy Rooms, PegiPegi dan Mister Aladin.

Kamar Keluarga
Blogger gathering di Kamar Keluarga.

 

 

 

Leave a Reply