Koperasi Simpan Pinjam di Era Digital

Di era serba digital ini, segala aktifitas kita juga semakin dimudahkan, mulai dari mencari informasi tentang tempat jalan-jalan, makanan, belanja dan masih banyak lagi. Ngomong-ngomong soal belanja nih, terkadang kita suka lepas kontrol dan lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan.

Menabung atau berinvestasi di jaman sekarang dapat dilakukan di berbagai tempat usaha dan institusi. Salah satunya yaitu koperasi, yang mungkin mulai jarang di tengok.

koperasi simpan pinjam di era digital
Pic by Pixabay

Koperasi simpan pinjam atau yang selama ini kita artikan sebagai lembaga keuangan bukan bank merupakan sebuah lembaga di masyarakat yang memfasilitasi masyarakat berupa uang pinjaman dan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan uang.

Sumber dana koperasi sendiri berasal dari simpanan suka rela para anggotanya maupun dari lembaga swasta dan lembaga pemerintah. Koperasi sangat erat hubungannya dengan masyarakat, itulah salah satu pembeda lainnya antara koperasi dengan bank. Dalam koperasi, interaksi yang ada tidaklah sekedar transaksi, namun juga komunikasi intens antar para anggota.

Baca juga : Pemuda dan Koperasi di Era Milenial

Sinambung Koperasi Simpan Pinjam dengan Era Digital

Mengingat pergerakan teknologi terus berjalan tanpa henti, maka hampir setiap hal di muka bumi pun harus menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Tidak terkecuali dengan lembaga keuangan bukan bank, yakni koperasi simpan pinjam. Koperasi diyakini bisa mengalami kemajuan yang pesat apabila berani menerapkan sistem digital dan online dalam kegiatan sehari-harinya.

koperasi simpan pinjam di era digital
Pic by Pixabay

Terdapat banyak sekali alasan untuk sebuah koperasi bergabung dalam modernisasi. Namun, yang terpenting ialah terdapat kesinambungan antara koperasi dengan era digital.

Seperti apa kesinambungan yang dimaksud dalam hal ini?

1. Kaderisasi yang ‘melek’ teknologi.

Di era digital seperti ini, selain dituntut untuk berani melakukan peningkatan kaderisasi pengurus dan pengawas, koperasi modern juga harus melakukan pola manajemen modern seperti pada sistem pelatihan, IT dan transaksi keuangan. Setiap kader pengurus maupun pengawas koperasi, sebaiknya memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengoperasikan sistem IT, demi menunjang pelayanan dan kontribusi koperasi simpan pinjam di era digital.

2. Implementasi koperasi dengan teknologi digital

Seperti yang sudah dikembangkan oleh Multi Inti Sarana melalui Koperasi Simpan Pinjam Pracico Inti Sejahtera. Demi menunjang fasilitas yang bisa diberikan pada masyarakat dan juga untuk terus menumbuhkan inovasi koperasi, Pracico Privilege mulai melebur dalam dunia digital. Diantaranya ialah kartu keanggotaan koperasi, kini diimplementasikan sebagai sebuah bentuk aplikasi, dan bukan kartu cetak seperti pada umumnya. Aplikasi tersebut dirancing untuk Android maupun IOS, sehingga setiap lapisan masyarakat bisa menikmati fasilitas baru yang mereka berikan.

3. Keberadaan bonus maupun promo

Bentuk layanan dan fasilitas lain yang bisa dimanfaatkan masyarakat ialah terdapat beberapa tawaran promo dan bonus bagi para anggotanya. Katakanlah, salah satu bonus yang pernah ditawarkan koperasi simpan pinjam tersebut ialah free entry airport longue, atau merchant lainnya yang memiliki koneksi dan kerja sama dengan Pracico Privilege. Bonus dan promo ini bisa dicek di web resmi atau di aplikasi Pracico Privilege.

4. Aplikasi koperasi yang ramah masyarakat

Pracico Privilege pun terus berusaha menciptakan aplikasi yang ramah terhadap masyarakat dan tidak merepotkan, atau yang biasa disebut sebagai user-friendly.

Mengapa? Sebab, setiap transaksi yang diperlukan hanya membutuhkan scan QR, tanpa syarat lainnya. Tidak hanya itu, Anda dapat mencari informasi produk maupun merchant hingga bonus-bonus yang diberikan seperti contoh di atas melalui aplikasi ini.

Melalui beberapa sinambung di atas, koperasi simpan pinjam diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif alat penopang perekonomian bangsa yang akan mensupport masyarakat luas.

Sebab selain itu, koperasi yang dijalankan dengan sistem teknologi digital akan dapat memudahkan interaksi antar anggota, anggota dengan pengurus, maupun antar pengurus.

Seperti yang selama ini diterapkan oleh Pracico Privilage atau yang bisa teman-teman kunjungi websitenya yakni pracico.com untuk melihat tata cara bergabung, dan sebagainya.

koperasi simpan pinjam di era digital

Well.. Gimana nih teman? Kalian tertarik untuk bergabung sebagai anggota koperasi modern satu ini ga? Cus langsung ke websitenya ya.

 

Leave a Reply