Mantaap!! Layanan Multimedia Khusus untuk Peneliti Kini Hadir di Perpusnas

Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas

Siapa yang suka atau pernah mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta? Buat saya pribadi sebagai penulis lepas, perpustakaan menjadi tempat favorit saya untuk menulis menuangkan ide-ide. Bisa dibilang perpustakaan menjadi kantor saya, selain kafe hehe.

Nah, Perpusnas yang berada di Jalan Medan Mereka Selatan ini, selain gedungnya baru (diresmikan pada 14 September 2017 oleh bapak Presiden RI, Joko Widodo), layanan di Perpusnas ini juga semakin berkembang. Selain layanan khusus untuk anak-anak dan lansia di lantai 7, kini juga hadir layanan multimedia khusus untuk para peneliti.

Baca juga : Perpusnas Baru, Perpusnas Seru

Layanan multimedia khusus untuk peneliti ini berada di lantai 3. Lalu bedanya apa donk dengan yang ada di lantai 19? Layanan multimedia yang berada di lantai 19 adalah layanan untuk umum. Asalkan kita memiliki kartu anggota Perpusnas, kita dapat menggunakan perangkat komputer dan juga akses internet di sana. Bedanya dengan layanan multimedia khusus peneliti yaitu layanan ini dikhususkan untuk peneliti baik perorangan maupun kelompok. Dari segi kapasitas pengunjung dan ketersediaan perangkat komputernya juga terbatas.

Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas
Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas lantai 3.

Di masa pandemi sekarang ini, Perpusnas tetap melayani kebutuhan pengunjung dengan membuka layanan dengan jadwal yang disesuaikan. Kalau sebelum pandemi, Perpusnas buka setiap hari dengan jam berkunjung hingga malam. Namun di masa pandemi sekarang ini, jadwal berkunjung dibatasi dari Senin – Jumat dengan waktu hingga pukul 15.30 WIB saja dan tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Berkunjung ke Perpusnas di Masa Pandemi

Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas
Ruangan Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas di lantai 3

Ini dia fasilitas yang tersedia di layanan multimedia khusus peneliti

Sama dengan layanan multimedia yang berada di lantai 19, layanan multimedia khusus peneliti yang berada di lantai 3 ini menyediakan perangkat komputer dan juga akses internet gratis. Namun dari segi kapasitas, tentu berbeda dengan layanan multimedia yang ada di lantai 19. Di lantai 3 ini terdapat kurang lebih 60 perangkat komputer dan printer yang diletakkan dalam ruangan berbentuk kubikel (office cubicle).

Menurut ibu Desi A selaku petugas yang berada di layanan multimedia khusus peneliti ini, sebenarnya layanan khusus peneliti ini sebagai jawaban atas keinginan para peneliti yang ingin melakukan dan mengerjakan penelitiannya namun terkendala perangkat dan akses internet, namun terpisah dengan yang ada di lantai 19 yang untuk umum. Selain itu juga membantu para peneliti yang berasal dari daerah lain untuk mengerjakan laporan penelitiannya selama berada di Jakarta.

Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas
Desktop PC dan printer

Berikut fasilitas yang tersedia di layanan multimedia khusus peneliti:

  • Ruangan berupa kubikel (office cubicle)
  • Desktop PC untuk peneliti atau one person one admin PC
  • Printer
  • Print gratis maksimal 20 lembar perhari
  • Scan dan copy
  • Loker penyimpanan
  • Akses wifi/internet gratis

Sedangkan persyaratan agar dapat menggunakan layanan multimedia khusus peneliti ini adalah:

  • Memiliki kartu anggota Perpusnas, bila belum memiliki dapat mendaftarkan diri di lantai 2 bagian pendaftaran.
  • Membawa surat keterangan penelitian dari instansi atau lembaga terkait.
  • Mendaftarkan diri dan mengisi formulir di meja pendaftaran layanan multimedia khusus peneliti.
  • Menggunakan layanan sesuai dengan lamanya waktu penelitian.
  • Menjaga dan merawat sarana dan fasilitas yang tersedia.
  • Menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung lain di ruangan layanan ini.

Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas

Layanan Multimedia Peneliti di Perpusnas

Layanan ini memang terbilang baru dan masih banyak yang belum mengetahui akan adanya layanan multimedia khusus peneliti ini. Diharapkan dengan informasi tentang layanan ini akan membantu para peneliti yang hendak menuliskan laporan penelitiannya di Perpusnas, terutama penulis luar Jakarta dengan keterbatasan waktunya. Semoga bermanfaat.

https://oreon.id/share/video/MDgxMjgzMTU3NTcx/1413

 

 

2 Replies to “Mantaap!! Layanan Multimedia Khusus untuk Peneliti Kini Hadir di Perpusnas”

  1. Wah baru tahu ada layanan khusus peneliti. Sebelumnya, di lantai 3 itu diperuntukkan sebagai tempat apa ya mba?

    1. Halo Valka..di lantai 3 itu tempat Zona Promosi Budaya Baca dan Gemar Membaca, sekarang ada tambahan lagi ruangan layanan multimedia khusus peneliti yang letaknya ada di sebelah kanan.

Leave a Reply