Nano Millenial Force, Animasi Karya Anak Bangsa

Apa sih yang teman-teman bayangkan bila mendengar kata komik? Kartun, Jepang, Dora Emon, cerita anak-anak..hmm apalagi ya?Film animasi.

Nano Millenial Force, Animasi karya anak bangsa
Pic by Gramedia.com

Dulu, sebelum film animasi merajai pertelevisian seperti sekarang ini, saya suka membaca komik. Salah satu komik yang rutin saya ikuti jalan ceritanya yaitu Dora Emon dan Detektif Conan.

Seru rasanya kalau sedang membaca komik-komik tersebut. Seringkali saya membayangkan cerita di komik yang saya baca bisa berwujud nyata dalam sebuah film.

Seiring berjalan waktu dan teknologi, semakin banyak cerita dan tokoh-tokoh di komik terwujud dalam sebuah film animasi. Dan hampir sebagian besar cerita komik dan animasi berasal dari negara Jepang.

Kapan ya Indonesia bisa mempunyai tokoh dan cerita animasi khas Indonesia. Saya yakin anak-anak muda kita banyak yang pintar dan kreatif dalam bidang desain animasi.

Nano Millenial Force, karya animasi anak bangsa

Pucuk di cinta ulam tiba. Keinginan untuk dapat menyaksikan sendiri animasi karya anak bangsa terwujud dengan informasi yang saya terima bahwa akan segera diluncurkan film animasi Indonesia. Walau seperti yang sama-sama kita ketahui sebelumnya kita juga mempunyai film animasi Unyil yang lebih dulu hadir.

Berbeda dengan Unyil, Nano Millenial Force, salah satu film animasi karya anak bangsa hasil didikan Balai Besar Pengembangan Latihan  Kerja (BBPLK) ini dibuat dengan teknologi animasi masa kini. Dan karya ini dibuat oleh siswa-siswa peserta di BBPLK Bekasi lho.

Nano Millenial Force, Animasi karya anak bangsa

Nano Millenial Force, Animasi karya anak bangsa

Nano Millenial Force, karya animasi anak bangsa ini bercerita tentang perjuangan empat tokoh yang bersahabat. Tokoh tersebut yaitu Nano, Yoko, Aris dan Hanida yang sedang berada di Jepang dan tersesat di kuil Kiyomizu Dera di Tokyo.

Cerita ke empat tokoh ini sengaja menyasar pada generasi muda sekarang, generasi millenial. Disebutkan ke empat tokoh ini termotivasi untuk berwirausaha, berkreasi.

Cerita disusun menyesuaikan dengan kondisi sekarang, karena ingin memberikan motivasi pada anak-anak muda bahwa berkarya itu bisa dari mana saja dan juga menghasilkan materi.

Tidak melulu bekerja kantoran yang menjadi tujuan anak-anak muda ketika mereka selesai sekolah. Salah satu hobi yang ditekuni dan bisa menghasilkan yaitu dengan berwirausaha.

Penasaran dengan filmnya? Yuuk tonton aja deh di channel youtubenya.

Yuuk belajar di BBPLK Cevest Bekasi

Nano Millenial Force, Animasi karya anak bangsa

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang berlokasi di Bekasi ini merupakan salah satu unit pelaksana teknis Kementrian Tenaga Kerja. Dikenal dengan nama CEVEST yang merupakan kepanjangan dari Center for Vocational and Extention Service Training.

Di BBPLK ini peserta dilatih dengan berbagai kompetensi antara lain Movie Animator yang karyanya berupa film animasi Nano Millenial Force.

Nano Millenial Force, Animasi karya anak bangsa
Bapak M. Hanif Dakhiri beserta movie animator Nano Millenial Force

Seperti yang dikatakan bapak M. Hanif Dakhiri, Mentri Tenaga Kerja Indonesia pada acara peluncuran Creative Room dan Film animasi Nano Millenial Force, Jumat (16/11) bahwa tuntutan jaman sekarang ini memaksa kita untuk bekerja fleksibel dan mobile. Tidak bergantung pada satu tempat.

Pekerjaan sekarang banyak yang bisa dikerjakan dari rumah, kafe, perpustakaan atau bahkan di pantai sambil berlibur, yang seringkali tidak menuntut kita untuk hadir di kantor.

Pekerjaan seperti ini tentu membutuhkan skill atau kemampuan yang lebih yang dapat membantu kita mengupgrade diri dan pekerjaan kita.

Dan pemerintah memfasilitasi dengan menghadirkan Creative Room di BBPLK Cevest Bekasi, agar peserta dengan tuntutan persaingan yang tinggi dapat meningkatkan skill yang ada.

Nano Millenial Force, Animasi karya anak bangsa

Khusus untuk Movie Animator, peserta mendapatkan pelatihan berupa:

  • 3D Modelling
  • 3D Animate
  • 3D Ringging
  • Editing and PVX
  • Story Boarding
  • Character Design
  • Teaching Factory

Mahal ga ya kalo kita mau jadi peserta di BBPLK Cevest Bekasi ini? FYI nih teman-teman..kita bahkan gak perlu mengeluarkan biaya untuk belajar dan menjadi peserta di sana alias GRATIS. Wooww.. Enak banget kan?Siapa yang ga mau dapat ilmu dan gratis lagi?

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Tenaga Kerja melaui BBPLK ingin memfasilitasi generasi muda dengan peningkatan skill. Salah satu caranya dengan memiliki skill yang lebih baik, pekerjaan yang lebih baik dan masa depan yang lebih baik.

Karena skill yang baik dapat menjadi kunci pergaulan di persaingan pekerjaan sekarang ini.

Balai Besar Pengembangan dan Latihan Kerja (BBPLK) Cevest :

Jl. Guntur Raya No.1, Kelurahan Kayu Ringin Jaya, Bekasi Selatan Bekasi, Jawa Barat 14144

Telp: (021)884 1147

Nano Millenial Force, Animasi karya anak bangsa

 

 

 

 

 

 

 

2 Replies to “Nano Millenial Force, Animasi Karya Anak Bangsa”

  1. Skill perlu diasah biar dapat kerjaan. Pengangguran bisa berkurang berkat ikutan bbplk

  2. keren ya film kartunnya. sukses terus animator Indonesia. 🙂

Leave a Reply