Parkinson Pencegahan dan Pengobatannya

Parkinson Pencegahan dan Pengobatannya

Sakit itu mahal. Saya setuju sekali dengan quote tersebut. Selagi sehat, sebaiknya memang menjaga kesehatan kita sebaik-baiknya. Caranya? Atur pola makan dan gaya hidup kita, serta jangan lupa beraktivitas fisik.

Apabila kita dapat menjaga pola makan, gaya hidup sehat serta berolahraga yang cukup, insyaAllah penyakit juga enggan menghampiri.

Baca juga : Jangan Mager

Namun sekarang ini berkat kemajuan teknologi, manusia sangat dimudahkan dalam kegiatan sehari-hari. Janganlah hal itu membuat kita terlena. Jangan sampai menyesal kemudian, di usia muda tapi sudah terserang penyakit.

Parkinson Pencegahan dan Pengobatannya
(Pic by: pixabay)

Salah satu penyakit yang umumnya menyerang lansia pun kini mulai menyerang kalangan usia produktif, yaitu Parkinson. Apa sih Parkinson itu?

Gejala Parkinson yang luput disadari

Parkinson. Ketika mendengar nama itu, saya sontak teringat pada salah satu petinju legendaris dunia yaitu Muhammad Ali yang mengidap Parkinson.

Parkinson Pencegahan dan Pengobatannya
Petinju Muhammad Ali yang juga penderita Parkinson (pic by: pixabay)

Penyakit parkinson adalah salah satu penyakit degeneratif yang menyerang sel-sel syaraf yang memproduksi dopamin di otak. Tidak banyak orang awam yang mengetahui tentang gejala parkinson.

Umumnya orang hanya mengetahui bahwa tremor (gemetaran) pada tangan dan kaki menjadi pertanda bahwa seseorang menderita parkinson. Padahal kenyataannya ada banyak lagi gejala parkinson yang tidak disadari.

Gejala umum dari parkinson sendiri yaitu gangguan gerak seperti gemetar (tremor), kekakuan gerak (rigidity) dan kelambanan gerak. Penderita parkinson ketika berjalan mengalami kesulitan, tidak bisa alami geraknya.

Terkadang kalau saya perhatikan, penderita parkinson ketika berjalan geraknya jadi melambannya. Bahkan ada juga yang terlihat sangat kaku berkaitan dengan motoriknya.

Sedang gejala lainnya yaitu ekspresi wajahnya yang kaku, keseimbangan terganggu hingga terlihat lebih membongkok. Gangguan tersebut biasanya dimulai dari satu sisi badannya.

Gejala non motorik tersebut juga diikuti dengan adanya sulitnya buang air besar, tekanan darah rendah dan gangguan tidur. Seringkali penderita merasa cepat ngantuk dan tertidur, tapi proses tidurnya itu terpotong-potong.

Parkinson Pencegahan dan Pengobatannya
dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S

Ketika gangguan tidur itu semakin parah, membuat penderita parkinson menjadi berhalusinasi dan sayangnya dapat mengalami depresi yang berlanjut ke gangguan jiwa.

Hal tersebut sangat mengganggu kualitas hidup mereka. Terlebih bila penderita parkinson dari golongan usia produktif yang menjadi andalan keluarga.

Oleh sebab itu, sebagai pihak yang dekat dengan penderita diharapkan dapat mendampingi penderita dan berupaya mencari pengobatan sesegera mungkin.

Pengobatan Parkinson

Seperti yang dikatakan dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S dari Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak RS Premier Jatinegara, bahwa menjadi tua itu pasti. Tapi kita harus menjaga kesehatan kita hingga ketika di hari tua kita tetap mendapatkan kualitas hidup yang maksimal.

Pada acara Vlogger dan Blogger Gathering yang diadakan oleh RS Premier Jatinegara pada Kamis (7/11) ini dr Sukono mengatakan bahwa parkinson dapat diobati.

Pengobatan pada penderita parkinson dapat dilakukan dengan memberikan obat oral, obat infus dan operasi. Ketiga prosedur tersebut harus dibawah penanganan dokter khusus yaitu dokter ahli saraf.

Nah..salah satu layanan kesehatan yang memiliki klinik khusus untuk penderita parkinson adalah RS Premier Jatinegara ini. Layanan untuk penderita parkinson dibuat senyaman mungkin untuk membantu proses penyembuhan.

Apalagi penderita parkinson ini harus disiplin dalam menjalani pengobatannya. Pemerintah mendukung melalui BPJS yang dapat digunakan di Klinik dan Gangguan Gerak RS Premier Jatinegara.

Parkinson Pencegahan dan Pengobatannya

Kesehatan adalah investasi besar manusia. Oleh sebab itu menjalankan pola makan seimbang, hidup sehat, melakukan aktivitas fisik harus kita lakukan mulai dari sekarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

One Reply to “Parkinson Pencegahan dan Pengobatannya”

  1. Inget bahwa usia udah masuk kepala 5, daku jadi semakin berhati hati bangeeet.. takut kalo semakin tua ada beberapa syaraf yang gak lagi bekerjasama.

    Parkinson ini juga diderita beberapa artis luar negeri kan ya?

Leave a Reply