Pengalaman Steril Kucing di Klinik Amore Pejaten

Steril kucing di Amore Pejaten

Memelihara hewan peliharaan memang menyenangkan. Ada banyak hewan yang dapat di pelihara di rumah, sperti kucing, anjing, ikan hias, burung, kura-kura dan masih banyak lagi. Buat saya yang masa kecilnya terbiasa dengan hewan peliharaan, memelihara hewan seperti membangkitkan nostalgia akan suasana rumah dan juga orang tua.

Sekarang ini saya memelihara hewan peliharaan berupa kucing. Mengapa kucing? Karena kondisi rumah saya yang tidak begitu luas dan juga saya terlanjur jatuh cinta dengan kucing yang pertama kali saya temui makanya saya beranikan untuk memelihara kucing.

Awalnya saya memelihara seekor kucing lokal yang tiba-tiba aja sering datang ke rumah, karena penurut akhirnya saya putuskan untuk memeliharanya. Memelihara kucing dan juga hewan peliharaan lainnya berarti harus siap juga untuk memncurahkan perhatian, bukan saja dari segi makanan tapi juga kebersihan dan kesehatannya.

Steril kucing di Amore Pejaten

Sejak saya memutuskan untuk memelihara kucing, sayapun berkomitmen untuk melakukan steril pada kucing peliharaan saya. Mengapa steril? Apa sih kegunaannya?

Manfaat steril kucing untuk kesehatan

Steril pada kucing baik itu kucing jantan ataupun betina berarti kita ikut memperhatikan pada kesehatan hewan peliharaannya. Sterilisasi pada kucing yaitu proses pengangkatan organ reproduksi hewan agar tidak menghasilkan keturunan. Lho kok gak boleh beranak sih? Gini lho..kalian pernah perhatikan gak kalo kucing betina itu sekali melahirkan bisa lebih dari 2 anak, bahkan ada yang sekaligus 6 anak. Nah seandainya itu kucing liar yang gak punya tempat tinggal, bisa kalian bayangkan gak bagaimana induk kucing dan anak-anaknya? Kasihan kan? Mereka harus tinggal berkeliaran di jalanan dengan segala perlakuan yang akan mereka terima.

Steril kucing di Amore Pejaten
Popo dengan gaya tidurnya😸

Bagaimana dengan kucing peliharaan? Apakah kalian akan sanggup memelihara semua anak-anaknya? Apalagi kalau anak-anak kucing itu dewasa dan juga melahirkan. Wah kebayang deh bakalan rame banget dan tentunya membutuhkan perhatian yang ekstra untuk mereka dan juga dana untuk makanan dan juga kesehatan mereka. Kemungkinan besar juga akan tidak terurus..duuh kasihan kan?

Selain itu kucing yang disteril itu banyak manfaatnya lho, antara lain menghindari populasi kucing yang berlebih, lebih sehat dan lincah karena tumbuh kembangnya optimal, mengurangi perkelahian antar kucing jantan yang memperebutkan daerah kekuasaannya, lebih betah di rumah, dan tidak lagi menyemprotkan air pipisnya sembarangan sebagai tanda kekuasaan wilayahnya.

Dalam melakukan sterilisasi pada kucing, tentunya saya menggunakan jasa dokter hewan dan tidak dilakukan sembarangan. Pertama kali saya membawa Popo (nama kucing betina saya) yaitu ketika Popo sudah berumur setahun. Walaupun pada umur 6 bulan, seekor kucing sudah dapat dilakukan sterilisasi asalkan dia sehat dan berat badannya cukup.

Sebenarnya sih yang akan disteril terlebih dahulu adalah Puput, induknya Popo. Namun saya kebobolan nih karena Puput keburu hamil lagi. So alhasil saya menunggu Puput selesai melahirkan dan anak-anaknya berumur 2 bulan untuk bisa disteril.

Pengalaman steril kucing di Klinik Amore Pejaten

Ketika memutuskan untuk mensteril Popo, saya banyak bertanya pada teman-teman yang sebelumnya memiliki pengalaman steril pada kucingnya. Ketika harinya tiba saya dibantu mbak Utiya yang saya kenal di grup facebook untuk melakukan reservasi di klinik Amore Pejaten.

Steril kucing di Amore Pejaten
Klinik Amore Pejaten.

Karena ini benar-benar pengalaman pertama saya mensteril kucing, saya cukup antusias tapi juga deg-degan. Bahkan beberapa hari sebelumnya Popo sudah saya ajak bicara bahwa dia akan dibawa ke klinik untuk di steril. Walau terkesan aneh kok kucing diajak ngomong tapi saya yakin hal yang saya lakukan ini dimengerti oleh Popo.

Ketika harinya tiba yaitu pada hari Jumat pagi (14/9), saya sudah melakukan persiapan untuk membawa Popo ke klinik. Oiya, untuk kucing yang akan disteril diwajibkan untuk melakukan puasa semalam sebelumnya. Jadi paginya Popo gak makan dulu sebelum dilakukan operasi.

Steril kucing di Amore Pejaten
Situasi pelanggan di Klinik Amore Pejaten.

Sesampai di klinik Amore Pejaten, saya langsung menuju meja pendaftaran dan memberitahu data kucing dan tindakan apa yang akan dilakukan. Setelah petugas mencatat data yang diperlukan, sayapun diminta untuk menunggu antrian bertemu dokter. Di ruang periksa, dokter melakukan pemeriksaan pada Popo dan alhamdulillah kondisinya sehat dan siap untuk disteril.

Steril kucing di Amore Pejaten
Cek kondisi Popo sebelum operasi steril di Klinik Amore Pejaten.
Steril kucing di Amore Pejaten
Cek kondisi Puput sebelum operasi steril di Klinik Amore Pejaten.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, saya meninggalkan Popo di klinik Amore Pejaten dan akan saya jemput kembali 2 hari kemudian. Berhubung saya belum berpengalaman menangani kucing paska operasi steril, maka saya mengambil option untuk membiarkan Popo di rawat inap di klinik agar proses pemulihannya dapat berjalan dengan baik.

Walaupun Popo berada di klinik paska operasi steril, tapi pihak dokter klinik Amore Pejaten cukup aktif memberi kabar mengenai perkembangan Popo, seperti suhu tubuh, kondisi luka bekas jahitan dan juga kondisi lainnya beserta foto Popo.

Steril kucing di Amore Pejaten
Informasi perkembangan Popo by WA oleh dokter di Amore Pejaten.

Di hari ketiga setelah disteril, saya menjemput Popo pulang. Sebelumnya dokter memberi kabar bahwa kondisi kesehatan Popo baik-baik saja dan sudah bisa dijemput untuk dilakukan perawatan paska operasinya. Dokter menyarankan untuk menempatkan Popo di dalam ruangan atau kandang terpisah untuk menghindari Popo melakukan aktifitas seperti meloncat atau ke luar rumah yang membuat luka bekas jahitannya terbuka.

Untuk makanan, saya mendapat masukan dari teman-teman bahwa kucing paska operasi steril sebaiknya diberikan banyak protein untuk membantu mempercepat penyembuhan luka bekas jahitannya. Saya memberikan rebusan ceker ayam pada Popo dan diselingi dengan rebusan tempe dan ikan tongkol. Alhamdulillah luka bekas jahitannya berangsur-angsur kering dan bulu di sekitar bekas jahitannya kembali tumbuh.

Steril kucing di Amore Pejaten
Puput paska steril di klinik Amore Pejaten.

Begitu juga dengan Puput yang mengalami steril tanggal 14 November lalu. Sama dengan Popo, Puputpun disteril di klinik Amore Pejaten dan melakukan prosedur dan tindakan yang sama. Hari ini tepat 2 minggu paska Puput dilakukan operasi steril, alhamdulillah luka bekas jahitannya juga sudah mengering.

Steril kucing di Amore Pejaten
Informasi perkembangan Puput dengan dokter di Amore Pejaten.

Sebelumnya saya sempat khawatir karena anak-anak Puput, yaitu Pepo, Pipo dan Parsley masih menyusui. Saya khawatir ketika mereka menyusui akan melukai luka bekas jahitan yang ada di perut Puput. Tapi ternyata semuanya baik-baik saja, anak-anak Puput tetap menyusui seperti biasa.

Steril kucing di Amore Pejaten
Paska steril Puput di klinik Amore Pejaten menyusui kembali anak-anaknya.

Setelah Popo dan Puput yang sudah disteril, kedepannya bikin jadwal untuk mensteril ketiga anak Puput lainnya. Semoga mereka semua sehat-sehat dan sayapun diberi limpahan rejeki untuk mendanai steril dan juga vaksin mereka. Ammin.

Steril kucing di Amore Pejaten
Trio Pepo, Pipo, Parsley  😻

15 Replies to “Pengalaman Steril Kucing di Klinik Amore Pejaten”

  1. Keren, Auntie! Semoga semakin banyak orang peduli terhadap hewan, terutama kucing dan membantu kesehteraan mereka dengan steril/kastrasi.

    Go steril! 😽😽

    1. Terima kasih ya. Sudah seharusnya kita juga ikut peduli dengan kesehatan mereka ya.

  2. Bbrp bulan lalu aku juga steril Oreo mba.. (tp sedihnya, sebulan pasca steril Oreo kena racun…ntah dia makan dimana, akhirnya ga ketolong).. luka jahitannya disamping mba. Lebih cepat pulihnya ternyata. Aku jemput ya sehari pasca operasi.. eh, hari kedua udah naik genteng. Padahal tak pakein collar…

    Ini aku masih punya pr steril sodara lakinya…cilo.. nanti klo dah mulai pipis sembarangan (spraying) aku bw ke klinik aja, biar dipotong “baksonya” ha..ha

    1. Halo mbak…makasih ya udah mampir. Duuh ikut sedih untuk Oreo ya. Pipiku juga meninggal tapi sebelum steril kyknya kena virus. Makanya sekarang jadi lebih concern lagi ke anabul biar mereka makin sehat. Semoga sukses ya steril Cilo nanti. amminn.

  3. Aaamiiin semoga rezeki mba trus lancaaaaaar Krn sudah mau sangat perhatian dengan para anabul ini :). Kucingku pun di steril mba. Walopun efeknya jd Magetan, tidur makan repeat hahahaha, bdnnya jd gemuk, tp dia jadi kaleeeem banget. Memang jd baik kucing2 yg Disteril ini. Aku ada niat mau sterilin kucing2, kampung yg srg numpang makan di rumahku. biar ga melahirkan trus2an. Kasian memang anaknya jd makin ga keurus.

    1. Hai mbak…makasih ya udah mampir. Ammin ya Allah, pengen banget sterilin kucing-kucing kampung juga, kasihan kalo udah pada hamil dan melahirkan, anak-anaknya suka ga tau kemana atau pada mati..Anak-anakku yang suka rewel minta supaya adopsi mereka duuh..jadi serba salah deh. Semoga kedepannya bisa sterilin mereka satu persatu.

  4. wah memang sebaiknya disteril ya, jadi inget pengalaman aku mensteril anjing saat koas. deg2an sekali

    1. Halo ka…makasih ya udah mampir. Iya nih sempet deg-degan juga tapi akhirnya lega.

  5. wah memang harus disteril ya, jadi inget pengalaman pertama mensteril anjing saat koas

  6. terima kasih Mba reviewnya… aku mau steril kucingku satu2nya dirumah nih… lagi deg2an hehehehe

  7. Kalau boleh tau kisaran harga untuk steril kucingnya berapa ya? Saya ada niat untuk steril kucing saya si Berli😁

    1. Halo ka Zikri..Kalo untuk umum datang langsung kisaran 600ribuan. Tapi karena saya melalui komunitas, jadi ada subsidi. Banyak kok komunitas yang memberikan subsidi steril, kaka bisa join grupnya di Facebook Pro Steril. Terima kasih, semoga membantu.

  8. Baru aja dapat 5 hr anabul di rumah disteril, emaknya belom siap.lahir batin punya cucuk…lemesnya cuma ½hr doang, besoknya sdh pencilakan…untung dokternya baek, visited ke rumah selama 4hr berturut² ..semoga si ucrit makin gemoy dan kalem ya…meskipun si ucrit cewek tp tipe warrior sejati..hehe

    1. Halo ka…Alhamdulillah ya, semoga makin sehat si Ucrit.

Leave a Reply