Percantik Infrastruktur Untuk Asian Games 2018

Percantik Infrastruktur untuk Asian Games 2018

Euforia Asian Games 2018 yang berlangsung, rasanya membuat semangat kita ikut terpacu. Betapa perjuangan para atlet membela negara dan bangsa di cabang olahraga masing-masing patut diacungi jempol dan diapresiasi oleh kita semua.

Sebagai warga negara Indonesia, khususnya Jakarta saya sangat bangga sekaligus terharu. Salut dengan jajaran panitia Asian Games 2018 yang bekerja keras terwujudnya perhelatan akbar ini. Persiapan dilakukan bukan dalam hitungan bulan, bahkan sejak 4 tahun lalu ketika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asia Games 2018.

Bukan hanya para atlet yang digembleng berlatih agar bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negeri tercinta. Dari segi infrastruktur seperti venue dan juga transportasi untuk para atlet juga disiapkan dengan matang.

Pembangunan Infrastruktur untuk Asian Games 2018
GBK sekarang ini

Teman-teman pasti sudah melihat upacara pembukaannya donk? Kalian pasti tahu pasti dimana lokasinya. Yup, betul banget, di Gelora Bung Karno (GBK). Stadion kebanggaan Indonesia ini sekarang terlihat semakin megah dan memenuhi standar internasional sebagai tempat terselenggaranya ajang olah raga bergengsi ini.

Stadion GBK untuk Asian Games 2018 ini merupakan kali kedua menjadi tempat berlangsungnya Asian Games. Dimana 56 tahun lalu, tepatnya pada 24 Agustus – 4 September 1962 Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang ke 4 dan GBK menjadi tempat berlangsungnya.

Kalau di tahun 1962 ikon infrastruktur dalam penyelenggaraan Asian Games selain yang berkaitan dengan tempat penyelenggaraan olahraga juga infrastruktur lain seperti Semanggi, Sarinah, dan Monumen Selamat Datang.

Begitupula dengan Asian Games 2018 ini yang uniknya adalah, terdapat 2 kota yang terpilih mewakili Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang. Jadi bukan hanya Jakarta yang mempercantik diri dalam menyambut momen bersejarah ini tapi juga Palembang.

Stadion Jakabaring di Palembang mempersiapkan venue untuk 10 cabang olahraga (cabor) yaitu voli, boling, kano, sepak bola wanita, roller sport, dayung, sepak takraw, menembak, panjat dinding, thriatlon dan tenis.

Pembangunan Infrastruktur untuk Asian Games 2018
Jakabaring Sport Center

Selain sarana olahraga, tempat peristirahatan para atletpun juga dibangun sesuai standar hotel bintang lima. Rusunami Jakabaring, berlokasi tidak jauh dari stadion Jakabaring mempunyai fasilitas berupa apartemen studio dengan sistem keamanan one gate system.

Tentu kita tidak ingin para atlet kita yang sudah berjuang membela negara tapi mendapat tempat istirahat yang tidak nyaman. Standar internasionalpun diperolah dalam pengadaan wisma atau rusun para atlet ini.

Bahkan jogging track untuk mereka melakukan pemanasan juga tersedia di setiap tower di rusunami Jakabaring ini.

Begitupula halnya dengan sarana transportasi yang menghubungkan satu lokasi pertandingan dengan pertandingan lain. Sarana Light Rail Transit (LRT) pun dibangun untuk mempermudah dan memperlancar aktifitas selama kegiatan Asian Games berlangsung.

Pembangunan Infrastruktur untuk Asian Games 2018
LRT Asian Games 2018

Untuk Palembang, LRT yang ada beroperasi mulai dari bandara Mahmud Badarudin II menuju komplek Jakabaring Sport City yang memiliki 13 stasiun beserta feedernya. Sedang di Jakarta, LRT Vellodrome Rawamangun yang melayani rute stadion balap sepeda Vellodrome menuju Kelapa Gading.

Semua infrastruktur tersebut dibangun tentu bukan dengan main-main. Pemerintah berharap dengan adanya infrastruktur ini, akan menjadi salah satu investasi jangka panjang bagi negara. Selain mempercantik kota juga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

 

 

 

 

 

68 Replies to “Percantik Infrastruktur Untuk Asian Games 2018”

  1. Aku kemarin sempat jalan jalan di apartment atlet sea games dikemayorab. Kebetulan dekat rumah Ibu Ku. Keren banget LRT nya sudah mirip di jepang. Terima Kasih untuk seluruh aspek yang telah mewujudkan infrastruktur Negara Menjadi lebih baik.

  2. Asian games kemaren keren, bangga jadi tuan rumah asian games, mudah2an next jadi tuan rumah olimpiade, amiinnnn

  3. Semoga setelah event ini lewat, Jakarta dan Palembang tetap terjaga fasilitasnya. Kalau perlu diperluas lagi. Syukur-syukur bisa se-Indonesia jadi semakin modern. Aamiin

  4. Asian Games kali ini bikin nggak bisa lupa. Bagus dan keren banget dari awal sampe akhir. alhamdulillah banget Indonesia banyak dapat medali juga… Infrastructur di Jakarta dan Palembang pun benar2 dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah. Salut!!

  5. Senang deh sekarang Pemda Jakarta semakin memperhatikan sarana transportasi nya. Semoga ke depan menjadi Jakarta yang lebih baik lagi dalam hal infrastruktur nya

  6. Setujuu…
    Infrastruktur Asian Games bisa menjadi investasi jangka panjang bagi negara. Selain mempercantik kota juga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Jadi musti kita jaga dan pelihara ya Mbak:)

  7. iya, GBK disulap cakep banget dan wow amazing banget pas pembukaan ya mbak .. bener bener penuh persiapan 🙂

  8. Berkat Asian Games, Jakarta bahkan Palembang punya LRT ya hehe. Selain itu stadionnya jg makin OK. Moga sebentar lagi akan ada ajang internasional lainnya di negeri ini 🙂

  9. Asian Games sudah sukses, semoga perhelatan Asian Para Games ikut menyusul pula dan Indonesia menjadi juara umum, aamiin

  10. Salut degan upaya pemerintah Indonesia dan didukung banyak pihak untuk memberikan yang terbaik bagi Asian Games. Infranstruktur yang dihasilkan pun mampu tercipta bagus ya mbaa

  11. Walaupun udah lewat, tapi bangga ya liat perbaikan di sana sini. Semoga paragames juga sukses yaaa Mba

  12. Waaaa…. banyak banget pembangunannya ya, terakhir saya ke Pelambeng belum ada rusun jakabaring itu mbak, LRTnya juga belum ada…. duh, semoga ada kesempatan ke sana melihat langsung dengan mata kepala sendiri ya…. 🙂

  13. kereen banget ya Mbak.
    isshh sayang kemarin gak ada perjalanan ke Jakarta, apalagi Palembang, padahal pengen lihat secara langsung juga itu 😀

  14. Alhamdulillah ikut euforia Asian Games di GBK. Sengaja kami dari Tangerang naik kereta Bandara trus nyambung ke GBK untuk berada di tengah tengah perhelatan besar bangsa Indonesia. Sayang ndak bisa masuk karena penuh banget dan berencana pingin nyoba masuk ke area GBK lagi untuk lari pagi gitu.

  15. Iya mbk, aku bangga banget sama perhelatan kemarin, mulai dr opening ceremony, atlet2nya, panitianya, relawannya, semuamuanya dah. Acara tv yang ditungguin setiap hari juga ya itu, pertandingan2 asian games.
    Dan alhamdulillahnya juga, dampak positif dr perhelatan ini, adalah Indonesia jadi punya infrastruktur yg makin kece, venue2 olahraga dan sebagainya yang makin oke, mantab dah.

  16. Penasaran banget kenapa namanya Jakabaring, Mungkin Mak Hida tau alasannya? Atau jangan jangan lokasinya namanya Jakabaring ya? Lalalala.

    Semoga infrastruktur yang sudah terbangun dengan baik ini seterusnya memberikan manfaat untuk lapisan masyarakat (terutama para atlit) ya, aamiin

    Ngiler banget pengen datengin satu satu, apa daya masih sekedar impian >,<

  17. Keren banget ya mbak, aku bangga banget melihat Jakarta apalagi Gelora Bung Karno jadi super cantik dan bagus banget. Apalagi dengan didukung infrastruktur yang sedang berjalan.

  18. Kurnia amelia says: Reply

    Seneng banget Asian games bisa sesukses itu ya, bangga rasanya apalagi kemarin Indonesia meraih medali emas yang cukup banyak. Btw semoga aku bisa ngerasain LRT di Palembang juga ga hanya LRT di jakarta aja hehe.

  19. Instfraktuktur asian games , setahu mpo hanya beberapa bulan karena indonesia mengambil dari vietman yang tidak sanggup menjadi tuan rumah.

    Sistem kebut, terencana agar hasil nya maksimal, walaupun ternodai oleh kasus suap yang penjarakan naranuzin sang politikus partai demokrat dalam mengurusi jakabaring.

    Alhamdullilah berjalan dengan lancar.

  20. Semua infrastruktur dibenahi ya, Mba. Terasa banget lho perubahannya. Semoga Indonesia menjadi lebih baik lagi. Amiin

  21. Bangga ya liat Asian Games kemaren yg sukses. Cuma aku teh penasarab sama venue yg di Palembang dna kabarnya juga LRTnya udah berooerasi disana.

  22. Asean Games 2018 emang keren banget, maksimal yaa..semoga kelak dipertahankan dan lebih baik lagiii..
    Aku Banggaaa…

  23. justru di Palembang duluan ya LRTnya yang beroperasi. Semoga semua prasaran yang disiapkan untuk Asian Games bisa tetap terjaga

  24. Luar biasa untuk tim yang sudah bekerja keras mempercantik infrastruktur menjadikan asian game terselenggara dengan lancar. Semoga setelah selesainya perhelatan asian game, masyarakat sekitar tetap dapat merasakan kemudahan infrastrukturnya terutama LRT

  25. Lightning saat opening dan closing ceremony kemarin di GBK keren banger dan bikin bangga. Mudah2an infrastruktur selalu terjaga dgn baik. Jadi bisa digunakan untuk event2 lain.

  26. Mupeng deh pingin naik LRT

  27. Mantap banget nih Jakarta makin cakep aja deh. Setelah asian games, selanjutnya olimpiade nih. biar Indonesia makin terkenal di dunia.

  28. Bener, infrastruktur asian games bisa jadi investasi jangka panjang. Salah satunya kali nanti bs dipakai utk asian para games.

  29. Andai ya tentang transportasi ini diberlakukan sepanjang masa, khususnya di Jakarta, sepertinya bagus ya, Mbak.

  30. Bersyukur ya Indonesia masuk peringkat ke empat jadi gak malu deh jadi tuan rumah

  31. Rusunami itu apa ya mba? Rumah susun …….nami?? Trus setelah jadi tempat penginapan atlet sekarang bagaimana kabar rusunami nya? Jadi tempat tinggal kah

  32. Asian games 2018 sudah berlu tapi bekasnya masih terasa sekali ya. indonesia luarbiasa

  33. Monica Anggen says: Reply

    Pembangunan infrastruktur demi sukseskan Asian Games 2018 luar biasa emang. Jakarta dan Palembang jadi makin cantik. Trus ajang olahraganya pun luar biasa karena Indonesia banyak meraih medali. Bangga jadi Indonesia

  34. herva yulyanti says: Reply

    Lihat acaranya di tv aja udah berdecak kagum apalagi yang bisa kunjungi kesana ya mba semuanya serba support untuk AG kemarin semoga next bisa jadi tuan rumah lagi Indonesia

  35. so happy karena Asian Games berlangsung sukses dan aku berharap semoga Asian Para Games juga bisa sesukses Asian Games.. aamiin

  36. Berkesan banget, bangga jadi tuan rumah… Luar biasa…

  37. Pengennya kemeriahan Asian games ini ga cepat berlalu ya. Seneng liat temlen selama Asian games. Adem

  38. Alhamdulillah perhelatan Asian games yang telah berlalu mewarisi tak hanya semangat para juara, tetapi juga pembangunan fisik moda dan fasilitas penginapan atlet di sekitar stadion olahraga. Ini adalah aset negara yang harus dijaga dan dipelihara.

  39. Keren banget Asian games yang lalu ya. Semoga infastruktur yang sudah dibangun dapat digunakan jangka panjang dan dipelihara sebaik baiknya

  40. Baru Tau aku menginapnya di rusun tp memiliki fasilitas yg baik

  41. Aku senang sejak Asian Games 2018 beranda facebook enggak ganas soal politik xixixi terus banyak bangunan cantik-cantik ya di Jakarta dan Palembang menyambut atlit berlaga, keren deh Indonesia.

  42. Aku penasaran naik LRT-nya Mba heheehe sama nggak rasanya kayak MRT luar negeri. Duh aku ini kelewat ga ikut nonton di GBK, jauh soalnya. Semoga kapan2 bisa ke GBK liat kemewahannya.

  43. Aku pribadi seneng banget lho liat euforia Asian Games ini. Dr persiapan sampe pasca acara. Ya semoga infrastruktur yang dibangun itu terjaga ya

  44. Patut bangga dengan infrastruktur yg dibangun pemerintah untuk Asian Games 2018

  45. Keren sangaaattt…
    Ku jatuh cinta sama Indonesia.

    Saat begini, jauh-jauh dari pikiran negatif begini dan begitu…karena kita bersatu.

  46. Kota tempat saya dibesarkan juga jadi cantik mba gegara Asian Games, jadi ada LRT memang sih tidak mengurangi kemacetan secara signifikan tapi tetep aja bangga, heheh…

  47. Sungguh bangga atas pencapaian Indonesia dalam menyediakan infrastruktur dan penyelenggaraan

  48. Semoga aja seluruh penduduk indonesia bisa tetap menjaga fasilitas yang sudah dibangun untuk menyambut asiab games kemarin.

  49. Gak sabar menunggu lrt dan mrt. Semoga benar2 bisa mengurangi kemacetan dan mengajak pengguna kendaraan pribadi berpindah ke transportasi ini.

  50. aku pengen nyoba LRT, belum sempet padahal kemarin sudah dibuka trial nya ya mba

  51. Masih terngiang2 keseruan Asian Games ya mbak, mulai dari Opening hingga penutupan. Masyaa Allah. Semoga Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah ya

  52. Anisa Deasty Malela says: Reply

    Senang dan ikut bangga Indonesia menjadi bagian Asian Games 2018,bisa memenangkan 31 medali emas juga.

  53. perjuangan para atlet membela negara dan bangsa di cabang olahraga masing-masing patut diacungi jempol dan diapresiasi oleh kita semua…setuju bangeet

  54. Ajang 4 tahunan yang ueforianya nggak ada matinya. Dari kota ampe pelosok gang gang ada atribut Asian Games. Infrastruktur yang nggak main2 juga udah ada. Kita nikmati aja ini semua dan jadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

  55. GBK sekarang luar biasa hida. Bangga banget deh, kalau Dulu mah suka ada bau pipis gitu di pojok2 hiiiiiii

  56. Aku pengen bangetttt cobain naik LRT!!

  57. Berkat asian games, jalanan ibukota jadi cantik dan rapih. Dan GBK tuh ya yang jelas banget bedanya.

  58. senang sekali lihat perubahan pedestrian ibukota dan semoga enggak dipenuhi dengan pedagang kaki lima…. huhuhuhuhu

  59. senang melihat ibukota berbenah dan jalur pejalan kakinya lebar. semoga enggak dipenuhi dengan pedagang kaki lima

  60. Asian games Indonesia, 2 thn kemudian Olimpiade Jepang. Skrg jg sama indonesia n jepang.. berulangnya pas

  61. keren ya, setelah Asian Games selesai kita tetep bisa menikmati semua infrastruktur yang sudah ada ..

  62. penasaran setelah event ini rusunami jakabaring akan diapakan ya mba, atau dipasarkan ke publik lagi? jadi kangen Asian Games berserta 3 maskotnya deh

  63. Infrastruktur makin cakep ya. Apalagi makin bangga adda Assian Games

  64. Karena ini ajang internasional dan juga “harga diri” penyelenggara, emang kudu nih harus dibenahi!

  65. Membenahi infrastruktur emang bagus banget buat Indonesia. Apalagi akan ada ajang keren internasional ya.

  66. Kalau infrastruktur bagus rasanya senang ya. Apalagi untuk ajang Asian Games yg keren kmrn.

  67. Kalau untuk menyambut ajang internasional emang bener infrastruktur harus diperbaiki.

    1. Iya mbak..karena membawa nama bangsa dan investasi ke depannya juga.

Leave a Reply