Pesona Indonesia di Lampung Krakatau Festival 2019

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

Indonesia yang terdiri akan gugusan pulau-pulau, kaya akan pemandangan alamnya juga keragaman seni budaya. Lampung, salah satu propinsi di selatan pulau Sumatera menjadi pilihan destinasi wisata di Indonesia. Lampung mempunyai agenda wisata yang masuk dalam 100 program calendar of events di Kementrian Pariwisata, yaitu Lampung Krakatau Festival (LKF).

Lampung Krakatau Festival adalah gelaran pariwisata provinsi Lampung yang telah diselenggarakan sejak tahun 1990. Tahun 2019 ini Lampung Krakatau Festival memasuki usia yang ke 29 tahun. Bukan waktu yang sebentar untuk event pariwisata sekelas LKF.

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

Wujud pesona Indonesia di Lampung Krakatau Festival 2019

LKF2019 digelar dari tanggal 21-25 Agustus 2019 yang menampilkan 5 rangkaian acara. Kelima rangkaian acara tersebut yaitu:

1.Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai

Acara yang digelar di lapangan Saburai, Bandar Lampung ini menghadirkan aneka pertunjukan seni tari khas Lampung juga penampilan musik baik dari artis lokal maupun Jakarta.

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

2.Expo Krakatau Lampung

Menghadirkan pameran UMKM juga demo masak, aneka kuliner tradisional dan kekinian, serta lomba menghias 1000 cupcakes dan penyajian 5000 porsi gratis mie Seruit khas Lampung.

3.Parade Permainan Anak Tradisional

Gelaran permainan anak tradisional yang mulai jarang dimainkan juga dihadirkan di LKF2019 ini, seperti kuda buta, upih ngisut, gobak sodor, dan patil lele.

4.Trip Krakatau

Kunjungan ke Gunung Anak Krakatau dengan menggunakan kapal ferry yang berangkat dari dermaga eksekutif Bakauheni. Kapal ferry yang membawa peserta trip berkeliling Gunung Anak Krakatau yang dimulai dari Kalianda ke pulau Sebesi yaitu pulau layak huni terdekat di dekat Krakatau.

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

5.Karnaval Budaya dan Tapis Lampung

Parade atau karnaval budaya ini menunjukkan keragaman, kemegahan dan kekayaan seni budaya Lampung yang ditampilkan dalam bentuk aneka busana/pakaian adat khas Lampung juga kreasi fantasi.

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

 

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

Lampung Krakatau Festival 2019 The Treasure of Sumatera, Kebanggaan Indonesia

Dalam perhelatan akbar tahunan Lampung Krakatau Festival 2019 ini dihadiri oleh :

  • Mentri Pariwisata RI, Arief Yahya
  • Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi
  • Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim
  • Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementrian Pariwisata, Rizki Handayani
  • Anggota Komisi X DPR RI, Dwitaria Gunaidi
  • Walikota dan Bupati seProvinsi Lampung
  • Muli dan Meghanai 2019 (Putra Putri Lampung)
Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Mentri Pariwisata Arief Yahya.

Seperti yang dikatakan bapak Arief Yahya bahwa Lampung memiliki kualitas sebagai destinasi wisata tidak kalah bagusnya dari Bali dan Yogyakarta. Apalagi Lampung sebagai penghubung antara pulau Sumatera dan pulau Jawa dengan potensi sumber daya alam yang melimpah.

Seni budaya dan kekayaan alam Lampung menjadi daya tarik wisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif, merawat kebudayaan lokal dan mengembangkan kesenian serta mendukung meningkatnya kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional.

Di ajang LKF2019 ini juga bapak Arief Yahya kembali menekankan bahwa sudah saatnya Lampung membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan datang berkunjung ke Lampung.

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

Dengan adanya KEK Pariwisata ini menjadi salah satu cara tercepat menarik investor dari negara lain seperti yang terjadi pada KEK Mandalika, Lombok, NTB.

Seperti yang telah didiskusikan juga bersama bapak Arinal Djunaidi, bahwa Lampung siap membangun KEK Pariwisata dan telah menyiapkan lahannya di Teluk Pandan, kabupaten Pesawaran seluas 301 hektar.

Lampung, sebagai The Treasure of Sumatera juga mempunyai potensi di komoditas lain selain pariwisata. Komoditas unggulan yang dimiliki Lampung bahkan sudah mendunia baik dari hasil pertanian, seperti jagung, ubi kayu, tebu, kopi, lada, kakao, kelapa sawit, dan sebagainya. Juga di komoditas kerajinan seperti tenun Tapis.

Dengan potensi tersebut, diharapkan akan menambah jumlah kedatangan wisatawan ke Lampung dari sebesar 20.000 wisatawan di tahun 2018 dengan target mencapai 25.000 wisatawan di tahun ini. Ayo kita ramaikan pariwisata Lampung.

Acara malam pembukaan LKF2019 disambut antusias pengunjung. Bapak Mentri Pariwisata, Arief Yahya dan Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi  membuka upacara pembukaan malam itu dengan membunyikan alat musik tabuh khas Lampung, Cetik.

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019
Opening ceremony Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai.

Kemudian dilanjutkan dengan hiburan seni tari Krakatau  yang menceritakan tentang asal muasal meletusnya gunung Krakatau. Gelaran budaya khas Lampung, juga pertunjukan musik dan lagu dari artis Kikan ikut meriahkan pembukaan malam itu. Namun sebelumnya juga diberikan pembagian Krakatau Award kepada para pemenang Lomba Cipta Puisi tingkat Nasional.

Kemeriahan LKF2019 berikut rangkaian acaranya menjadi daya tarik pariwisata yang dapat menonjolkan Lampung sebagai destinasi wisata. Kemampuan dan potensi Lampung memang harus lebih ditonjolkan lagi sesuai dengan taglinenya “Lampung, the Treasure of Sumatera, Tunjukkan Pesonamu”.

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

Pesona Indonesia di Lampung Festival Krakatau 2019

 

 

18 Replies to “Pesona Indonesia di Lampung Krakatau Festival 2019”

  1. meriah sekali acaranya.
    trip ke krakatau bisa liat langsung Krakatau pasca letusan kemarin dari deket yaa

  2. Ajang tahunan yg banyak banget penggemarnya. Dua tahun lalu jg aku ke lampung khusus untuk lihat festival ini.

  3. Ternyata sudah lama juga ya Festival Krakatau diadakan, sejak 1990 🙂

    Semoga saja Festival seperti ini kian mengenalkan ragam alam Indonesia yang cantik ke banyak kalangan wisawatan mancanegara supaya ekonomi lokal ikut terangkat 🙂

    Regards,
    HEYDEERAHMA.COM

  4. Wahhh emang Indonesia itu indah banget mbak. Ada banyak banget tempat-tempat kece di Lampung yang kami list dan kepengen banget pergi kesana

  5. Belum banyak yang tahu ya potensi wisata Lampung apa saja. Aku sih ingin tahu kulinernya nih. Ada apa lagi selain Mie Seruit. Semoga makin maju deh pariwisata Lampung…

  6. Wow beruntungnya bisa ikutan event keren ini. Pemandangannya baguuuus, atraksi budayanya juga top markotop
    Ini rutin tiap tahun khan ya?
    Semoga suatu hari nanti aku bisa ikutan juga

  7. Waah seru banget ya acara festivalnya Mbak. Ini acara tahunan ya…beruntung sekali bisa ikut serta di dalamnya.

  8. Baru tau kalau Lampung itu disebut the treasure of Sumatera 🙂 Wah, akalau Lampung sudah memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bakalan makin ramai turis domestik dan mancanegara ya. Akhir2 ini banyak kok teman2ku traveling ke Lampung. AKu juga inginke sana deh secara ga tinggi banget kan perduitan jalan2nya hahaha 🙂 Hasil pertanian dan kerajinannya tersohor pula.

  9. Terakhir ke Lampung ke Pulau Pahawang..dan aku nggak tahu ternyata di Lampung ada juga event seperti ini. Soalnya pas ke sana kok kayaknya sepi sekaliii kotanya.. Semoga harapan Pak Arief Yahya tercapai, membuat Lampung menjadi salah satu Bali baru

  10. Sudah 29 tahun dan saya belum pernah datang ke LPKF. Sepertinya tahun depan perlu dimasukkan dalam daftar kunjungan nih.

    Aku juga yakin Lampung ini juga salah satub tempat dengan potensi pariwisatanya yang besar. Hanya saj terkadang pemda-nya kurang memasarkan daerahnya. Itu aih yang saya pernah rasakan waktu ke Lampung 🙂

  11. Lampung Krakatau Festival ini seru banget, ya. Ramai banget dan kayaknya banyak yang dateng ke sini. Selalu suka lihat tarian indonesia, ragam budaya tercermin dari sini. Ada trip ke Gunung Krakatau juga yang menarik banget.

  12. Tahun 2018 udah dapet undangan ke LKF, tapi bentrok acaranya sama launching Orchid Forest. Tahun ini juga gak bisa kesana hik hik hik

  13. Agenda pariwisata tahunan yang masih konsisten diselenggarakan, ya. Lampung salah satu provinsi yang menarik buat dikunjungi, nih

  14. Wah ternyata festival krakatau ini udah lama yaaa.
    Semoga di tahun2 mendatang masih ada dan makin meriah. Aku pengen ikutan tahun depan.

  15. Waaa penasaran sama kuliner Lampung yang dipamerkaaannn! Karnaval budayanya juga pasti seru ya. Untuk Trip Krakatau-nya sendiri diikuti siapa, mbak? Nggak mungkin diikuti oleh umum kan, hehe.

    Festival pertamanya bertepatan dengan tahun lahirku 😀

  16. Sering baca cerita teman-teman tentang festival ini tapi belum kesampaian menghadirinya, pengen lihat anak Krakatau dari dekat, pasti megah banget ya mbak..

  17. Waaah seru banget festivalnya mba. Jadi pengen dateng tahun depan. Sepertinya seru bisa ngeliat berbagai pagelaran budaya di festival krakatau ini ya mba.
    btw foto-fotonyaciamik mba

  18. Seru banget ini mbak Hida bisa hadir di festival Krakatau, kebayang ini keseruannya. Ini acara rutin tahunankan ya? Siapa tau nanti adalagi jadi kepengen ikutan deh.

Leave a Reply