PRUprime healthcare syariah, 10 Tahun  Prudential Indonesia Asuransi Untuk Semua

Perusahaan asuransi sekarang ini berkembang pesat di Indonesia. Namun sayangnya keberadaan asuransi kurang didukung oleh minat masyarakat untuk memiliki asuransi. Asuransi pun ada yang regular dan syariah seperti yang sudah mulai dikenalkan oleh berbagai perusahaan, salah satunya Prudential Indonesia. Berdasarkan data landscape syariah, dimana 87% masyarakat Indonesia muslim, 51%nya ada di usia produktif (rentang usia 20-54th). Namun hanya 7% yang memiliki asuransi individu. Disitulah sebenarnya pangsa pasar asuransi ada termasuk asuransi syariah. 
Didirikan pada 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)adalah perusahaan penyedia jasa asuransi jiwa terdepan di Indonesia dan merupakan bagian dari Prudential,plc sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris (lebih dari 168 tahun) yang berkomitmen mengembangkan bisnisnya di Indonesia. Sebagai pemimpin pasar dengan kontribusi dana tabarru’ per akhir tahun 2016 sebesar Rp2,2 trilyun, asuransi jiwa syariah Prudential Indonesia selalu berusaha untuk mendengarkan dan memahami para nasabahnya dengan menawarkan produk dan layanan inovatif sesuai dengan keinginan mereka. Inovasi terbaru yang telah diluncurkan November tahun lalu adalah Prulink Syariah Prudential Asia Pacific Equity Fund – satu-satunya dana di Indonesia yang memungkinkan investasi 100% di ekuitas yang berbasis syariah. 
Prudential Indonesia pada tahun 2007 mendirikan unit bisnis syariah dan dipercaya sebagai market leader asuransi jiwa syariah di Indonesia. Prudential terus mengajak para peserta asuransi untuk saling tolong-menolong dan berbagi resiko dengan berasuransi syariah. 
Pada 2017 dalam rangka 10 tahun beroperasinya Prudential Indonesia meluncurkan PRUprime healthcare syariah. Pada 27 Maret lalu bertempat di Prudential Center, Mall Kota Kasablanka, Prudential Indonesia mengundang blogger dan media di 10 tahun Prudential Syariah: Memperkenalkan PRUprime healthcare syariah. Menghadirkan bapak Rinaldi Mudahar, Country CEO Prudential Indonesia, ibu Nini Sumohandoyo sebagai Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia, bapak Himawan Purnama selaku AVP Product Planning Prudential Indonesia juga bapak Ahmad Nuryadi, Anggota Dewan Pengawas Syariah

Bapak Rinaldi Mudahar, Country CEO Prudential Indonesia
Asuransi syariah adalah sebuah usaha saling tolong-menolong dan melindungi diantara sejumlah orang melalui investasi dan bentuk set dan/atau tabarru‘ yang memberikan pola pengembangan untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Pada asuransi syariah yaitu saling menanggung risiko, artinya potensi risiko yang terjadi pada peserta asuransi menjadi tanggungan sesama peserta asuransi, seperti yang dijelaskan bapak Ahmad Nuryadi. Jadi peranan perusahaan asuransi pada asuransi syariah hanya sebagai pemegang amanah, pengelola operasional dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta. 
Bapak Ahmad Nuryadi, Anggota Dewan Pengawas Syariah
Sedangkan dana yang akan diberikan kepada peserta asuransi berdasarkan syarat dan ketentuan tertentu, bila terdapat kelebihan dana dari rekening tabarru‘, termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan jika ada, itulah Surplus Sharing yang ada di PRUprime healthcare syariah. Selain itu 30% dari surplus sharing akan ditahan dan rekening tabarru‘ 56% akan dikembalikan kepada para pemegang polis dan bentuk unit link, dan 14% merupakan hak perusahaan. 
Bapak Himawan Purnama,AVP Product Planning Prudential Indonesia
PRUprime healthcare syariah sendiri merupakan produk asuransi rawat inap yang berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan dengan jangkauan global (global coverage) dan manfaat yang berkembang. Bapak Himawan Purnama mengatakan produk PRUprime healthcare syariah menawarkan berbagai keunggulan inovatif, yaitu :

  • Global coverage, perlindungan global termasuk pembayaran tanpa uang tunai di jaringan mitra rumah sakit di seluruh Indonesia,Malaysia,Singapura (Amerika Serikat untuk keadaan darurat).
  • PRUprime limit booster, melakukan perlindungan ekstra jika batasan tahunan habis pada tahun tertentu, sehingga meningkatkan batas, maksimal  hingga Rp35 milyar tergantung pada rencana yang dipilih.
  • No claim bonus, dapat meningkatkan keuntungan tahunan hingga 50% untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan agar tetap sehat. 
  • Dana Marhamah atau santunan kasih sayang yang diberikan jika peserta yang diasurasikan meninggal dunia. 

 

Ibu Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia
Prudential percaya pada ‘Syariah untuk semua‘ dimana prinsip-prinsip itu bersifat universal dan dapat dinikmati oleh umat Islam dan non Muslim. Seperti yang dikatakan ibu Nini Sumohandoyo bahwa Prudential akan terus memegang teguh komitmennya untuk memastikan bahwa lebih banyak lagi orang Indonesia memiliki akses terhadap perlindungan yang memadai serta berkontribusi pada ekonomi syariah negara dan masyarakat. 

Facebook : @PrudentialIndonesia 
Web : http://www.prudential.co.id/corp/prudential_in_/solutions/riders/PRUprime_healthcare_syariah.html
HQ’17

0 Replies to “PRUprime healthcare syariah, 10 Tahun  Prudential Indonesia Asuransi Untuk Semua”

  1. baru tau prudential ada versi syariahnya, orangtuaku pakai prudential

    1. Iya mbak. Sudah berjalan 10thn ini. Terima kasih sudah mampir ya

Leave a Reply