Kemeriahan HUT Bandung dengan BOTRAM Daihatsu 2017

Perayaan hari jadi suatu kota biasanya sangat dinantikan oleh masyarakat kota itu sendiri, misalnya Jakarta yang punya acara Pekan Raya Jakarta yang diadakan dalam rangka HUT kota Jakarta. Tidak jauh berbeda dengan kota-kota lainnya yang tentu mempunyai agenda acara masing-masing. Bandung sebagai ibukota Jawa Barat yang pada tahun ini menginjak angka 207 tahun di perayaan kelahirannya.
Adalah Daihatsu, salah satu produsen otomotif asal Jepang yang juga merayakan hari jadinya yg ke 110 tahun bekerja sama dengan Pemerintah Kota (PemKot) Bandung menggelar Festival Bisnis bagi para pelaku industri kreatif di kota Bandung. BOTRAM (Bandung Oto Trade Market) 2017 adalah bentuk apresiasi Daihatsu dalam merayakan HUT kota Bandung juga HUT Daihatsu.

Suatu kesempatan yang langka sekali bagi saya dapat ikut ambil bagian di acara BOTRAM Daihatsu tersebut. Bersama rekan-rekan Blogger Kota Bandung, saya menghadiri Press Conference BOTRAM Daihatsu yang diselenggarakan pada tanggal 18 September 2017 di Pendopo, Alun-alun Kota Bandung.

Agus Tanjung (GM Pikiran Rakyat), Kang Oded Muhammad Danial (Wakil Walikota Bandung), Mr.Shinya Takeda (Corporate Planning&Communication Director PT Astra Daihatsu Motor), Hendrayadi Latiyoso (Marketing&Customer Relation Division Head,PT Astra International Daihatsu Tbk-Daihatsu Sales Operation) Dok:penulis
Sebelum acara dimulai saya melakukan registrasi pada pukul 10.10. Alhamdulillah perjalanan Jakarta – Bandung selama kurang lebih 3 jam berhasil saya tempuh dengan lancar. Mungkin karena hari Senin ya jadi arus kendaraan dari Jakarta menuju Bandung tidak terlalu padat.
Acara dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota Bandung, Kang Oded Muhammad Danial, Mr Shinya Takeda, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Bapak Hendrayadi Latiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head, PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), serta Bapak Agus Tanjung selaku GM harian Pikiran Rakyat Bandung.
Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Hendrayadi, bahwa BOTRAM Daihatsu ini digelar atas apresiasi Daihatsu terhadap masyarakat Bandung, dengan mengadakan Moko (Mobil Toko). Adapun Moko ini adalah modifikasi dari Gran Max standar, yang secara fungsi menjadi mirip Toko dan cocok untuk mendukung kegiatan usaha.
Kehadiran 110 Moko ini menjadi bukti bahwa Gran Max merupakan Sahabat Bisnis yang dapat diandalkan. Pertumbuhan Gran Max sendiri di Indonesia terbilang cukup pesat. Gran Max menjadi pilihan utama para pengusaha karena sudah terbukti secara kualitas dan menginspirasi para pelaku UKM lainnya untuk menggunakan Gran Max sebagai Sahabat Bisnis mereka.
Di gelarnya acara BOTRAM Daihatsu ini diharapkan dapat meningkatkan gairah usaha dan perekonomian masyarakat Bandung, seperti juga harapan Kang Oded yang mewakili Kang Ridwan Kamil Walikota Bandung pada sambutannya hari itu.
Persiapan Moko di jalan Braga tidak jauh dari kantor PRFMNews (Dok:penulis)
Suasana masyarakat saat persiapan BOTRAM (23/9) Dok:penulis
Acara BOTRAM Daihatsu ini digelar selama 2 hari yaitu mulai tanggal 23-24 September 2017. Berlokasi di pusat iconic kota Bandung, yaitu di sepanjang jalan Asia Afrika. Di hari pertama, Sabtu (23/9) BOTRAM Daihatsu di mulai pukul 18.00 – 24.00. Saya yang berada di lokasi sejak pukul 15.00 melihat persiapan yang dilakukan oleh panitia dan peserta Moko.
Kupon diskon BOTRAM dan door prize dari harian umum Pikiran Rakyat (Dok:penulis)
Didukung oleh Harian Umum Pikiran Rakyat dan PRFMNews, BOTRAM Daihatsu menghadirkan 110 Moko yang menyajikan aneka sajian kuliner, fashion, dan berbagai industri kreatif lainnya. Khusus acara ini masyarakat dapat menikmati sajian di Moko yang ada hanya dengan menukarkan kupon diskon yang tersedia di Harian Umum Pikiran Rakyat dan mengisi data diri untuk mendapatkan undian door prize menarik.
Hiburan musik band oleh Black Coffee Band (Dok:penulis)
Tepat pukul 18.00 acara BOTRAM Daihatsu dibuka dengan penampilan grup Black Coffe Band dan saya pun ikut menikmatinya. Menjelang malam kemeriahan semakin terasa, masyarakatpun semakin banyak yang datang. Moko-moko yang berderet sepanjang Asia Afrika benar-benar memanjakan mata dan lidah. Selang seling hiburan musik bergantian tampil di panggung utama. Sebelum akhirnya acara BOTRAM Daihatsu ini dibuka oleh Walikota Bandung Kang Ridwan Kamil dan istri, beserta perwakilan dari Daihatsu dan panitia.
Walikota Bandung Kang Ridwan Kamil beserta istri dimalam pembukaan BOTRAM Daihatsu (Dok:PRFMNews)
Jajaran panitia dari Daihatsu dan PRFMNews (Dok:PRFMNews)
Lautan masyarakat Bandung dan sekitarnya yang hadir di malam pembukaan BOTRAM Daihatsu 2017 (Dok:PRFMNews)
Di hari kedua, Minggu (24/9) BOTRAM Daihatsu mulai dibuka kembali sejak pukul 6.00 pagi bertepatan dengan Car Free Day tiap minggu. Kemeriahan di hari terakhir ini banyak menyuguhkan aneka hiburan dan lomba, diantaranya lomba menyanyi, menari, fashion show yang di sambut antusiasme masyarakat bandung dan sekitarnya.
Masyarakat yang antusias menghadiri BOTRAM Daihatsu 2017 (Dok:Adrian Ramdhani N)
Sajian Moko kuliner dan produk fashion banyak diserbu masyarakat. Namun demikian panitia tidak lupa menyiapkan tempat-tempat sampah disudut-sudut strategis agar sampahpun tidak berserakan dimana-mana. Kantong-kantong parkirpun juga sudah disiapkan agar masyarakat yang hendak menikmati acara ini dapat menitipkan kendaraannya tidak jauh dari lokasi acara.
Bersama teh Lygia dan teh Ratna Damayanthi (Dok:@nenghujan)
Kemeriahan BOTRAM Daihatsu tahun ini merupakan ajang spesial dari Daihatsu karena khusus di Bandung, Daihatsu menyediakan 110 Moko Gran Max lebih banyak dari event-event sebelumnya di kota lain. Melihat antusiasme masyarakat kota Bandung dan keberhasilan acara ini, diharapkan di acara selanjutnya dapat lebih meningkatkan antusiasme warga dan wisatawan untuk berkunjung ke Bandung. Sayapun ikut merasakan sensasi kemeriahan dan antusiasme acara tersebut. Dirgahayu Bandung ke 207 dan Daihatsu ke 110.
 
wp-image--1584212673
Bersama rekan Blogger Kota Bandung di Press Conference BOTRAM Daihatsu,18/9 (Dok:@nenghujan)
HQ’17
 
 

0 Replies to “Kemeriahan HUT Bandung dengan BOTRAM Daihatsu 2017”

  1. Rame dan seru banget acara botramnya, semoga tahun depan bisa ada lagi acara seperti ini.

    1. Hai kak..iya ya seru dan rame. Mobil Toko nya unik2. Makasih ya udah mampir.

  2. Dateng ke acara ini jadi kepikiran pengen punya moko… eh 😀

    1. hai teh euis…iya juga ya,liat moko2 kemarin itu bagus2 dan keren2 ya..

  3. Mba Hilda seneng banget deh bisa ketemu. Hehehe acara BOTRAM with Daihatsu ini seru yah. Moga nanti ada lagi dan lebih keren.

    1. Hai teh zia…iya seneng jg bisa ketemu temen2 blogger bandung.Acaranya seru,rame dan mokonya keren2 euuyy..semoga bisa ada acara kyk gitu lg ya..

Leave a Reply

error: Jangan coba-coba copas yaa !!