Realcom App : Aplikasi Belajar Mengajar Dari Indonesia Untuk Dunia

Proses belajar mengajar dalam suatu ruangan dan dalam bentuk tatap muka menjadi hal yang biasa kita temukan. Namun di era high technology sekarang ini, belajar pun sudah lagi tidak terbatas pada ruang dan waktu. Ada bermacam aplikasi yang dapat membantu kita untuk menimba ilmu dan informasi sebanyak-banyaknya. Yang penting kita bijak dalam memilah informasi yang benar dan tidak ikut menyebarkan berita bohong atau hoax.

Salah satu aplikasi buatan anak bangsa yang lahir atas jawaban kebutuhan media sosial yang berbasis pendidikan dan kegiatan belajar mengajar secara online, yaitu Realcom. Realcom adalah aplikasi yang dapat diakses dari seluruh dunia yang bertujuan mempertemukan murid dan guru dalam satu media online. Profesi pendidik seperti guru, dosen, tutor, trainer, motivator, inspirator di seluruh dunia dapat mengajar melalui aplikasi ini. Tidak hanya itu saja bahkan umum pun, siapapun kita yang ingin belajar langsung dengan ahlinya (teacher) dapat menggunakan aplikasi ini dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai murid (student).

 Pada hari Sabtu (06/01) lalu, Realcom yang berada di bawah PT Reksa Inti Edukasi Citra menggelar acara meet and greet yang mengundang Blogger dan Media. Acara sosialisasi aplikasi Realcom ini diadakan di restoran Bebek Renon di daerah Kemang, Jakarta Selatan yang menghadirkan jajaran manajemen Realcom yaitu bapak Risanda Wijaya HP selaku CEO/Founder/Owner, ibu Endang Purwati selaku Accounting and Tax Management Head, ibu Sevriani sebagai Acoount Management Head dan Kiki Handriyani selaku Event and Media Management Head.

img-20180106-wa0029-1441794353.jpg
Jajaran Management Realcom 2018: Kiki Handriyani, Risanda Wijaya, Endang Purwati, Sevriani (Dok: Kiki H)

Seringkali kita beranggapan bahwa hasil karya yang berhubungan dengan teknologi itu pasti deh dari luar negeri. Padahal sudah banyak lho hasil karya-hasil karya teknologi yang dibuat oleh anak bangsa. Gak usah jauh-jauh deh, contohnya aja pesawat terbang buatan bapak BJ Habibie. Beliau saking pinternya bahkan sampai Jerman aja gak mau ngelepasin beliau lho. Tapi salut dengan kecintaan dan dedikasi beliau terhadap bangsa Indonesia. Nah gak jauh beda dengan aplikasi Realcom ini, asli buatan anak bangsa yang bahkan mereka tidak pernah mengenyam pendidikan luar negeri, 100% pendidikan mereka hasil pendidikan dalam negeri.

Tidak berlebihan apabila Realcom mengambil motto “Dari Indonesia Untuk Dunia” karena Realcom ingin mengangkat dunia pendidikan yang berbasis digital ini menjadi lebih baik dan menjadi kebanggaan Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan Realcom yaitu kemudahan akses dimana saja, dari mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja agar menjadi salah satu alternatif kegiatan belajar mengajar. Menjadi salah satu tempat bertemunya orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk menimba ilmu dan berbagi ilmu dan informasi yang bermanfaat.

img-20180106-wa0003-1441794353.jpg

Walaupun demikian, Realcom menjamin kerahasiaan hubungan transaksional antara murid dan guru yang bersifat langsung, murni dan hanya antara kedua belah pihak. Kerahasiaan dan keamanan data juga menjadi jaminan bagi pengguna Realcom. Hal-hal yang berbau fake news, hoax, hate speech, SARA, politik praktis sekalipun tidak akan mendapat tempat di Realcom yang tidak membawa manfaat bagi dunia pendidikan.

Sebagai aplikasi pendidikan yang berbasis Social Media Network, Realcom sangat mudah digunakan dan dapat diunduh melalui App Store dan Play Store secara gratis. Fitur Realcom sangat banyak berupa multiple cross platform yang nantinya akan menjadi one stop sollution bagi dunia pendidikan di Indonesia dan dunia. Bahkan kedepannya kantor Realcom akan mengusung konsep Realcom Station berupa coffee shop and pastry dengan fasilitas wifi yang berkecepatan tinggi 100Mbps plus dilengkapi koneksi listrik. Wah kalo fasilitas keren begitu siapa yang gak akan betah ya..

img-20180109-wa0012-1441794353.jpg
Bapak Risanda Wijaya,HP, CEO/Founder/Owner Realcom (Dok: Agung Han)

Aplikasi Realcom ini dalam proses pengerjaannya memang membutuhkan waktu yang panjang, bahkan pada saat peluncuran pertamanya pada 1 September 2016 saja banyak fitur-fitur yang belum ada. Tim Teknologi bekerja keras agar Realcom dapat terealisasi dalam versi App Store seperti sekarang ini. Untuk fitur video call saja baru ada di akhir 2016, menyusul fitur video conference pada awal 2017. Kemampuan awal yang berupa real time application semakin ditingkatkan dengan kemampuan optimasi data, dimana kedepannya akan dapat mengakomodir kebutuhan pembelian tiket kereta, pesawat, booking hotel melalui fitur Real Pay, Real TV dan Real Travel. Tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada kemudahan untuk murid dan guru dalam menggunakan word, excel dan power point versi Realcom.

img-20180106-wa0040-1441794353.jpg
Media dan Blogger bersama jajaran management Realcom (Dok: Kiki H)

Penggunaan aplikasi Realcom sangat mudah kok..selain fitur yang beraneka ragam, kita juga mudah mengaksesnya dengan mendaftar terlebih dahulu sebagai guru atau murid. Pilihan materipun tidak terbatas hanya pada pelajaran bahasa Inggris melalui LIA saja tapi juga materi lain seperti yang saya lihat yaitu dari Majelis Az Zikra, BPNB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Training Center, Padiciti, Wikan Osho, juga Real Community. Disana kita dapat melakukan appointment atau melihat jadwal. Nah tunggu apalagi, yuuk kita unduh Realcom dan temukan ilmu-ilmu yang bermanfaat disana.

 

HQ’18

 

0 Replies to “Realcom App : Aplikasi Belajar Mengajar Dari Indonesia Untuk Dunia”

  1. Wah sekarang era makin canggih ya bun, belajar bisa via online 😍. Coba ah donlot realcom 😊. Tq info nya ya bun.

    1. Hai Wenny..yup, dengan aplikasi Realcom ini jadi terbantukan ya tuk belajar dan mengajar. Makasih sudah berkunjung ya.

  2. bermanfaat semua hanya dalam genggaman handphone bisa belajar dan mengganjar asyik ya jadi ga usah panggil guru bisa langsung dengan aplikasi realcom.

    1. Hai Sifora…betul banget, untuk yang mau belajar online tanpa keluar rumah, aplikasi Realcom ini patut dicoba. Makasih sudah berkunjung ya.

  3. Aih mpo bisa jadi jago bahasa arab nih gara gara realcom. Gak cuma bisa bilang wahid, arba, khomsa dan halal

    1. Hahaha…mpo bisa aja, semoga kedepannya akan ada guru pengajar bahasa Arab di Realcom ya. Atau mpo aja yg mengusulkan ke Realcomnya.

  4. Wuahh…buatan anak bangsa apps ini. Tentu saja menjadi inovasi terbaru dlm start up yg bertema pendidikan

    1. Hai Siti..iya ini aplikasi Realcom buatan anak Indonesia lho. yuuk coba deh

  5. Wah keren nih jadi mau coba. Ku punya kursus nulis novel. Mungkin bisa lebih efektif dan efisien.

    1. Hai mbak Leyla..tuh bisa dipakai mbak tuk buka kelas menulis. Daftar aja mbak jadi guru, gampang kok.

  6. Keceeee… Sampai ke hal ajar mengajar aja bisa dilakukan jarak jauh dengan aplikasi macam ini…

    1. Hai Natara, iya donk…aplikasi jangan game mulu ya, sekali-kali lah aplikasi yang mendidik kayak gini nih.

  7. Wah, ada aplikasi baru ya… Tapi gede ga ya makan size memori.

    1. Hai Tika…coba donlot aja, kecil kok memorynya, tapi lengkap.

  8. Aku baru denger aplikasi ini, mungkin krn baru launching ya. Jd blm bnyk yg tau. Tapi memang hrs lebih bnyk lagi aplikasi belajar mengajar spt realcom ini

    1. Hai Dewi…memang ini aplikasi baru kok, tapi InsyaAllah akan bermanfaat untuk yang ingin menggali dan berbagi ilmu. Makasih sudah berkunjung ya.

  9. “Namun di era high technology sekarang ini, belajar pun sudah lagi tidak terbatas pada ruang dan waktu” setuju banget. sekarang belajar makin mudah dan bisa dimana aja yaa bun

    1. Hai Nov..betul banget apalagi dengan adanya aplikasi Realcom ini. Makasih udah berkunjung ya.

  10. Susah komen di blog nya Hida.
    Aplikasinya bagus ya, saya belum coba nih.
    Tapi akan saya pasang, soalnya penasaran dengan fitur2 yg disediakan

    1. Hai Nisa..susah komen bagaimana ya?Ini komen kamu masuk kok. Makasih ya.

  11. armitafibriyanti says: Reply

    Baru tahu ada aplikasi ini

    1. Hai Mbak Armita, iya mbak. Realcom ini aplikasi asli buatan anak bangsa. Coba aja donlot mbak atau mampir ke webnya. Semoga bermanfaat ya. Makasih juga sudah berkunjung.

  12. Ini khusus untuk guru dan murid saja ah?

    1. Hai teh Meta…aplikasi Realcom ini untuk umum juga kok. Tapi memang sebelumnya harus registrasi dulu sebagai murid atau guru. Semoga bermanfaat ya teh. Makasih sudah berkunjung.

  13. Yeay, satu lagi karya anak bangsa. Keren. Makasih infonya, Teh..

    1. Hai Syifa..iya, semoga memberi manfaat ya. Terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Reply