Resep Sukses Jalani Bisnis Makanan ala William Gozali

Resep Sukses Bisnis Makanan

Badai pandemi masih berlangsung di negara kita juga di negara-negara lain di dunia. Banyak sektor yang mengalami dampak dari pandemi ini termasuk sektor ekonomi.

Baca juga Tips Menghadapi New Normal

Beberapa teman saya menjalankan bisnis makanan akibat pekerjaan utamanya terimbas pandemi seperti pengurangan karyawan atau bahkan penutupan perusahaannya.

Menjadi tantangan tersendiri menjalankan bisnis kuliner di tengah pandemi sekarang ini. Namun jangan jadi patah semangat ya. #AyoMajuBersama seperti yang diceritakan Chef William Gozali di Fun Talk bareng Homecredit.

Resep Sukses Bisnis Makanan

Acara Fun Talk persembahan Homecredit ini tiap minggu menghadirkan tema dan narasumber yang berbeda. Pada Rabu (16/9) jam 19.00 kemarin Fun Talk Homecredit ini menghadirkan Chef William Gozali sebagai narasumbernya.

Menariknya tema yang dibahas pas banget dengan kondisi sekarang yaitu Resep Jagoan Bisnis Makanan. Sebagai seorang chef dan juga content creator, Chef WillGoz memaparkan tips dan trik mengelola bisnis kuliner atau makanan sekarang ini.

Fun Talk yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam di IG Live Homecredit ini terbilang seru. Karena selain mendapatkan ilmu tentang bisnis makanan juga bertabur banyak hadiah berupa voucher belanja.

Bisnis makanan sekarang ini memang kian merebak. Namun saran Chef WilGoz yang memiliki bisnis makanan rice bowl Sunny Fatday ini yaitu sebaiknya kita dapat menyajikan makanan rumahan atau comfort food.

Walau banyak sekali trend makanan yang dijual dan viral, namun sebaiknya jangan bertindak latah atau ikut-ikutan. Diperlukan konsistensi dalam bisnis makanan ini.

Selain itu bisnis makanan yang kita jalankan dapat dimulai dari keluarga, teman dekat. Jangan langsung berharap menjadi besar dan dijual di aplikasi online. Karena bisnis makanan yang di jual di aplikasi online kebanyakan harus siap disediakan segera.

Dalam menjalankan bisnis makanan di tengah pandemi sekarang ini Chef WilGoz menyarankan untuk menjual makanan beku siap santap. Jangan terlalu banyak menawarkan menu. Cukup beberapa menu tapi yang the best, klasik dan konsisten dijalankan.

Resep Sukses Bisnis Makanan

Hal ini untuk menekan bajet daripada membuat menu banyak namun animo konsumen kurang bagus. Lebih baik menyediakan menu terbaik dan terus-menerus ditingkatkan kualitas penyajian dan pelayanannya.

Selain itu yang paling penting adalah pastikan makanan yang kita jual itu kita makan juga paling tidak selama 2x dalam seminggu. Hal ini menandakan apakah produk makanan kita tersebut layak jual atau tidak.

Secara garis besar tips Resep Jagoan Bisnis Makanan ala Chef WilGoz tersebut yaitu:

  • Objektif menilai produk yang akan kita jual, apakah layak atau tidak
  • Yakin bahwa produk yang kita jual memang yang terbaik dan telah sesuai standar protokol kesehatan
  • Lakukan penjualan dengan sistem Pre Order bila bukan jenis makanan frozen atau kering.
  • Langkah awal mulai dengan menjual produk frozen food karena masa penyimpanannya lebih panjang

Dari sekian tips Chef WilGoz ini yang melekat sekali dalam pikiran saya yaitu lakukan bisnis makanan ini dengan konsisten. Bila terdapat penurunan penjualan walau kualitas rasa sudah bagus berarti kita harus merubah strategi pemasarannya.

Jangan pantang menyerah, karena bisnis makanan sejatinya bisnis yang berumur panjang dimana banyak yang mencari produk makanan yang berkualitas namun konsisten dalam cita rasa, kemasan dan keunikannya.

Saking serunya menyaksikan Fun Talk bareng Chef WilGoz ini, 1 jam saja rasanya terlalu cepat. Oiya keseruan Live IG Fun Talk ini dapat kalian saksikan di sini ya. Sampai bertemu di Fun Talk selanjutnya.

 

5 Replies to “Resep Sukses Jalani Bisnis Makanan ala William Gozali”

  1. Wah iya benar.. konsep jualan Frozen food supaya bisa delivery.. sempat disarankan demikian, tapi kami fokus & komit utk membesarkan usaha roti.. nice info Mbak..

  2. Ulet., kunci sukses semua bisnis termasuk bisnis makanan
    Apalagi di era pandemic, semua orang mau bisnis makanan

  3. Seru yah ini livenya dan bener banget emang bisnis makanan akan survive tapi tetap harus berinovasi. Thanks for sharing Mba.

  4. Keren deh tips Chef WillGoz ini. Bikin aku mikir keras mau bisnis kuliner. Sip deh kudu muter otak dulu. 😀

  5. Wah kok seru ini…..

Leave a Reply