Jumat Berkah: Sedekah Pakan untuk Kucing-kucing Liar/Jalanan

sedekah pakan untuk kucing liar

Banyak yang percaya hari Jumat sebagai hari yang mustajab untuk lebih banyak berbuat kebaikan. Banyak orang mencari keberkahan di hari Jumat lebih dari hari-hari lain. Seringkali saya mendapati orang-orang baik yang berbagi di hari Jumat, baik berupa makanan, uang atau barang kebutuhan lain.

Sedekah Jumat yang dilakukan biasanya diberikan kepada sesama manusia. Padahal kita juga bisa lakukan pada makhluk hidup lain yaitu hewan-hewan liar yang kita temui di jalanan atau dimanapun. Hewan-hewan liar yang seringkali mendapat perlakuan tidak menyenangkan diantanya kucing dan anjing.

sedekah pakan untuk kucing liar
2 oyen yang ada di halte TransJakarta Latuharhari.

Tidak jarang ada yang memukul atau menendang kucing liar yang terlihat mengambil makanan karena kelaparan. Padahal mereka hanya lapar dan membutuhkan makan. Sebagai pemilik hewan piaraan khususnya kucing, saya merasa sedih mendapati perlakuan yang tidak seharusnya diperoleh kucing-kucing tersebut.

Baca juga : Pengalaman Steril Kucing

sedekah pakan untuk kucing liar
Pakan dan minum untuk kucing liar di halte TransJakarta Latuharhari

sedekah pakan untuk kucing liar

Terinspirasi oleh sedekah nasi bungkus di hari Jumat, ada juga orang yang memikirkan untuk memberikan sebagian rejekinya kepada kucing-kucing liar berupa pakan kucing gratis khusus untuk kucing-kucing liar. Saya sering menjumpai tempat pakan dan minum kucing liar di beberapa halte bus, di stasiun kereta dan juga beberapa tempat strategis lainnya.

sedekah pakan untuk kucing liar
Sedekah pakan untuk kucing liar

Adalah pak Haderis Alkaf pemilik salah sebuah pet shop dan grooming di bilangan Ciledug, Jakarta Selatan yang mempunyai ide untuk menyediakan pakan kucing gratis. Awalnya saya melihat postingan salah satu teman tentang kegiatan beliau tersebut. Karena penasaran, saya pun langsung mengirim pesan melalui akun facebook beliau dan membuat janji bertemu untuk berbincang-bincang sekaligus melihat sendiri sedekah Jumat pakan kucing tersebut.

sedekah pakan untuk kucing liar
Petshop dan grooming

Dalam obrolannya beliau mengatakan bahwa usaha pet shop-nya itu terbilang baru sekitar 2 tahun dan kebetulan berlokasi di pinggir jalan hingga memudahkan para pengendara untuk mengambil sedekah pakan kucing. Walau beliau tidak membatasi orang untuk mengambil pakan kucing yang tersedia, tapi beliau selalu mengingatkan untuk mengambil seperlunya saja dan memang khusus diberikan untuk kucing-kucing liar atau kucing jalanan.  Bagaimanapun kucing liar atau kucing jalanan itu menjadi tanggung jawab kita bersama, beda dengan kucing peliharaan tentunya menjadi tanggung jawab si pemilik itu sendiri.

sedekah pakan untuk kucing liar
Penampakan lokasi penyediaan pakan kucing gratis.

Beliau bercerita bahwa suatu hari ketika sedang berada di suatu daerah, pak Haderis tidak sengaja mendapati seorang supir ojol (ojek online) yang baru saja memarkir kendaraannya dan tiba-tiba didatangi kucing liar. Apa yang dilakukan supir ojol itu membuat beliau kaget karena supir ojol itu mengeluarkan pakan kucing dan langsung diberikan kepada kucing liar yang mendatanginya tersebut. Disinilah pak Haderis sempat berpikir lama dan mendapatkan ide untuk menyediakan pakan kucing gratis di setiap hari Jumat, dengan harapan akan membantu para ojol yang melintasi pet shop-nya dan mau membagikannya ke para kucing liar yang mereka temui sepanjang perjalanan mereka mengantarkan dan atau menjemput penumpang.

sedekah pakan untuk kucing liar
Yuuk sedekah pakan kucing..

Beliau merasa apa yang dilakukannya itu sekedar menumpahkan rasa berbaginya kepada kucing-kucing liar. Walau masih terbilang baru, beliau khusus menyediakan pakan kucing sebanyak 1 karung yang berisi kurang lebih 20 kantong pakan kucing untuk dibagikan. Ketika saya menanyakan tentang kemungkinan ada yang hendak ikut berdonasi, beliau bilang tidak menutup kemungkinan itu. Tapi beliau tidak ingin menerima donasi berupa uang, bila ada yang ingin berdonasi dapat menitipkan langsung berupa pakan kucing juga dan akan didisplay di depan pet shop-nya ini untuk dibagikan kepada yang membutuhkan. Apa yang dilakukan beliau semoga dapat menginspirasi kita untuk lebih peduli pada hewan-hewan liar khususnya kucing-kucing jalanan yang kita temui.

 

 

30 Replies to “Jumat Berkah: Sedekah Pakan untuk Kucing-kucing Liar/Jalanan”

  1. aku pun liat banyak pengguna bus, Mrt, dan commuter line a.k.a kereta yang bawa pakan untuk kucing liar, kalo pas liat, tinggal dikasih aja ke kucingnya

  2. Sintia Astarina says: Reply

    Waaaa menarik banget! Jadi inget salah seorang temenku suka street feeding kucing-kucing yang ditemui di jalan atau yang di dekat rumahnya. Thanks for sharing this story, Mbak. 🙂

  3. Animal homelessness ini kalau di negara Paman Sam udah ditangkap lalu dikandangin di sebuah area ya Hida, karena kotorannya pasti mengganggu
    nah di Indonesia masih banyak yang peduli sama kucing kucing ini, semoga program ini berkelanjutan hingga ada penampungan kucing liar juga

  4. subhanallah luar biasa loh kak ini idenya apalagi pahalanya untuk pak haderis, semoga beliau sehat selalu dan selalu dilancarkan rejekinya. Semoga tidak ada lagi kucing-kucing liar yang kekurangan makanan

  5. MasyaAllah di dekat halte dan koridor jalanan menuju stasiun kereta di kantor saya pun ada ini bentuk sedekah pakan kucing begini, melihatnya terharu. Semoga semakin banyak orang-orang yang peduli sama kucing liar melalui aksi seperti ini yaa.

  6. mantab ini mudah2an yang ngambil pakan kucing tersebut bener2 amanah ya maksudnya ngga untuk kucing pribadi di rumahnya. Namanya orang ya kadang ga amanah. Tapi jarang2 juga sih, karena kayaknya pemilik kucing juga sudah berpendidikan dan teredukasi soal etika dan mana yang boleh atau tidak.

  7. Suka banget liat kucing-kucing liar di jalanan, bawaannya pingin pulang. Tapi kasihan juga sih liat kondisi fisik kucing yang memprihantikan, semoga kucing-kucingnya selalu sehat ya 🙂

    Terimakasih orang baik

  8. Wah programnya menarik. Pakan buat kucing liar. Di petshop dekat rumah juga selalu tersedia makanan kucing yang bisa disantap kucing liar. Kalau di rumah juga suka ada kucing liar ikut makan dan minum.
    Kasihan sih kucing liar. Di sini mereka masih dianggap semacam hama. Salut ka Hida sudah ikut bergabung dengan program ini.

    Salam hangat
    @dewipuspa

  9. Masya Allah ya bukan hanya sedekah makanan aja saat ini sedekah pangan buat kucing aja betebaran. Berbagi itu memang nikmat yang sulit dilukiskan ya

  10. Waaah baru tau aku. Sampe ada yang naro tempat pakan kucing di stasiun busway ya itu. Temenku ada sih yg kayak gitu. Tapi cuma naro makanannya aja di depan kucing yang dia temuin di jalan

  11. Wah keren ini. Semoga makin banyak yang tergerak untuk ikutan
    Jadi gak ada lagi kucing-kucing liar yang kelaparan di pinggir jalan

  12. Wuninga.com says: Reply

    Memarik juga ya program sedekaj pakan ini. Kucing2 seperti ini seharusnya tdk hanya disediakan makanan, tapi juga perlu tempat penampungan.

    1. Hai kak..untuk shelter hewan seperti kucing dan anjing,,beberapa tempat sudah ada kok. Next saya ulas deh di blog mengenai shelter hewan liar.

  13. Ma sya Allah, sama hewan saja sayang. Salut dengan pemilik pet shop. Teman aku ada yang sayang sama kucing yang tak dipelihara. Jadi ia sengaja beli ikan tanpa tulang untuk kucing-kucing tersebut.

    1. Ammiin..semoga terus berjalan ya pemberian makanan untuk kucing-kucing itu.

  14. Masya Allah, bagus banget ini programnya. Aku udah setahun lebih enggak naik bus TJ jadi belum pernah melihat tempat makan minum untuk kucing di sana.

    kalau di komplekku ada yang suka meletakkan pakan kucing, biasanya di depan toko kosong gitu.

    1. Iya..di halte bus emang udah mulai banyak kok, juga di stasiun-stasiun atau tempat strategis lain. Yang jadi perhatian saya sih gerakan dari pemilik pet shop ini yang ingin memberikan pakan gratis untuk para kucing liar melalui supir ojol atau pengendara lain.

  15. Masih Ada ya mba.. yang bener2 sayang banget sama kucing terharu banget semoga petshopnya Makin maju .. kerana kebaikan nya

  16. cara bersedekah yang berbeda tapi memberi manfaat yang luar biasa, jadi menyadari juga kak bila sedekah tidak harus ke sesama kita sebagai manusia tapi juga bisa untuk yang lain di sekitar kita seperti untuk kucing2 liar ini

  17. di sekitar rumah mamaku banyak banget kucing liar, Mba. Setiap jam makan siang, mereka selalu datang ke rumah karena udah biasa diberi makan sama adikku

  18. bagus neh sedekah pakan.. kucing kadang butuh makanan yang terlantar jangan sampai dia mencuri makanan orang lain..

  19. Mulia banget usahanya pak Haderis. Kasih makan kucing liar. Semoga berkah usaha pet shopnya juga.

  20. Sangat menarik sekali program mbak. Kalau saya sering sekali menemukan kucing-kucing tak bertuan kalau sedang makan pecel lele/ayam di warung pinggir jalan.

  21. Keren banget deh, buat semua orang yang peduli dengan kucing atau binatang liar lainnya. Rela membawa makanan untuk mereka secara cuma-cuma. Dan diharapkan enggak ada kucing liar yang kelaparan lagi. Kasihan mereka.

    Buat Pak Haderis, mantap. Semoga Bapak makin lancar usaha pet shopnya.

  22. Seneng banget lihat program seperti ini
    Semoga makin banyak yang tergerak memberi makan hewan-hewan liar ya
    Harapanku sih bukan hanya kucing. Mungkin anjing juga perlu dapat perhatian

  23. Selama ini aku juga selalu bawa pakan kucing saat keluar rumah. Aku taruh di botol plastik gitu. Jadi klo ketemu kucing liar ya tinggal kasih aja
    Membaca kisah pak Haderis ini aku sangar terkesan, salut dgn sedekah makanan kucingnya..
    semoga makin sukses usaha pak Haderis ini ya mbak

  24. Bener mbak, Mamaku juga bilang kalau misalnya ada kesempatan, jangan lupa juga sedekah makanan ke hewan. Ini inisiatifnya unik banget! Tapi jangan lupa juga untuk mensterilkan kucing juga sih klo ada budget lebih, karena kalau kebanyakan kucing liar, suka kewalahan hehehe.

  25. MashaAllah…
    Senang sekali dengan perpanjangan tangan Allah begini.
    Semoga rahmat senantiasa tercurah karena kebaikannya dengan makhluk Allah.

  26. Andayani Rhani says: Reply

    Masya Allah inspiratif banget ceritanya. Seneng kalau ada cerita seperti ini, semoga hal baik ini bisa meluas ke daerah-daerah lain aamiin

  27. Saya juga jadi ngeh nih mba, ternyata semakin banyak yang sayang sama kucing-kucing jalanan ini.. jadi tergerak buat ngasih makan di jalan juga

Leave a Reply