"Sendirian Atau Berdampingan, Hidup Sepatutnya Tetap Penuh Arti": Filosofi Kopi 2 (the movie) 

Mendengar berita kalo Filosofi Kopi bakal ada sekuelnya itu, rasanya ga sabar banget pengen cepet-cepet nonton filmnya. Makanya waktu BloggerCrony nyebar flyer nobarnya, wahh langsung donk saya ikut daftar. Alhamdulillah tanggal 5 Juli 2017 lalu bisa ikutan nobarnya.

Bertempat di XXI Plaza Indonesia, saya dan rekan-rekan BloggerCrony hadir di screening film Filosofi Kopi 2. Film yang diangkat dari buku Filosofi Kopi karya Dee Lestari ini merupakan sekuel dari Filosofi Kopi yang pertama yang rilis 2015. Animo pecinta film Indonesia cukup bagus, hingga dibuat Filosofi Kopi 2.
Screening film Filosofi Kopi 2 dimulai jam 19.00, dibuka oleh kehadiran pemain utamanya yaitu Chicco Jerikho, Rio Dewanto dan Luna Maya serta perwakilan Visinema sebagai rumah produksinya. 

Chicco Jericho, Luna Maya, Rio Dewanto (Dok : BloggerCrony)
Sinopsis 
Keputusan menjual kedai Filosofi Kopi dan memutuskan untuk berkeliling Indonesia, dimaksudkan Ben dan Jodi untuk membagikan kopi terbaik di tiap cangkir Filosofi Kopi. Perjalanan Filosofi Kopi berkeliling Indonesia selama 2tahun dengan vw kombi, berakhir di Bali ketika 3 baristra mereka, Nana, Alga dan Aldi memutuskan resign. 
Setelah bergonta-ganti baristra untuk menggantikan ketiganya, akhirnya Ben dan Jodi memutuskan untuk kembali ke Jakarta. Seperti yang Alga bilang bahwa dia punya mimpi yang ingin diwujudkan sama seperti mimpi yang dipunya Ben dan Jodi di Filosofi Kopi. Mereka harus keluar dari zona nyaman mereka sekarang dan kembali ke Jakarta untuk membangun kedai Filosofi Kopi kembali. 
Antara mimpi dan idealisme membuat Ben dan Jodi menjalani hal-hal yang tidak mudah dalam mewujudkan mimpi mereka. Dimulai dengan sulitnya bernego dengan pemilik bangunan kedai lama mereka hingga kesulitan mencari dana. 
Dalam usahanya itu, mereka dipertemukan dengan Tarra (diperankan oleh Luna Maya) dan Brie (diperankan oleh Nadine Alexander). Tarra, wanita cantik sekaligus investor yang akhirnya menjadi mitra mereka dan Brie, barista geek yang sering berbeda pendapat dengan Ben. 
Kehadiran Tarra dan Brie di Filosofi Kopi banyak menghadirkan kejutan2. Pertentangan Ben dan Brie tentang kopi juga hubungan Tarra dengan kehidupan Ben dan ayahnya. Akankah Ben bisa menerima kehadiran Brie? Ada apakah dengan Tarra dan kehidupan ayah Ben,apakah ada hubungannya dengan perkebunan ayah Ben? Konflik-konflik pun banyak terjadi. Penasaran kan? Tonton aja yuuk peluncuran perdananya di tanggal 13 Juli serentak di bioskop-bioskop kesayanganmu. 

My Review
Film Filosofi Kopi2 ini memang berbeda dengan novelnya. Tapi keduanya tetap menyajikan cerita dan adegan yang menarik. Ada hal menarik yang saya tangkap dari film Filosofi Kopi 2 ini, yaitu tentang Mimpi dan Cita-cita.
Potongan kalimat Alga, barista Filosofi Kopi yang mengundurkan diri karena ingin mewujudkan impiannya bahwa kitapun bisa mewujudkan mimpi kita, cita-cita kita sama seperti orang lain. Berjuanglah untuk mewujudkan impian kita, jangan hanya sekedar jadi keinginan. Ben dan Jodi pun mau gak mau harus menghargai mimpi dan keinginan Alga karena semua orang berhak untuk mengejar cita-cita dan mewujudkan mimpi mereka.
Dari segi akting, tentulah tidak diragukan lagi kualitas akting Chicco Jerikho sebagai Ben dan Rio Dewanto sebagai Jodi. Kehadiran Luna Maya pun menambah menarik jalan cerita film Filosofi Kopi 2. Kalo saya perhatikan, Luna Maya terlihat lebih segar dan bugar di film ini. Saya bukan penggemar fanatik Luna Maya tapi saya lihat aktingnya bisa mengimbangi Chicco dan Rio. 
Kehadiran pemain lain seperti Melissa Karim, Ernest  dan Tio Pakusadewo semakin menambah berisi jalan cerita di film Filosofi Kopi2 ini. 
Ketertarikan saya di film Filosofi Kopi 2 selain karena pemerannya, juga karena penasaran dengan kelanjutan ceritanya setelah di Filosofi Kopi sebelumnya yg sudah lama diproduksi tahun 2015. 
Di Filosofi Kopi 2 ini banyak menghadirkan scene-scene memanjakan mata daerah wisata seperti di Yogya, Lamping, Makassar, Bali. Belum lagi penjelasan-penjelasan Ben dan Brie tentang kopi, buat saya sangat menarik. Filosofi yang dihadirkan di tiap Ben menyuguhkan kopi sangat mengena sekali. 
Seperti yang Ben katakan bahwa setiap kopi mempunyai filosofinya masing-masing. 
Tiwus – walau tak ada yang sempurna, hidup ini indah begini adanya. 
Macchiato – sendirian atau berdampingan, hidup sepatutnya tetap penuh arti. 
Perfecto – sukses adalah wujud kesempurnaan hidup. 
Tubruk – kenali lebih dalam dan terpukaulah oleh lugunya sebuah pesona. 
Cappuccino – keseimbangan dan keindahan adalah syarat mutlak keberhasilan. 
Karena kopi itu bukan untuk diminum tapi untuk dinikmati. Itulah filosofi yang tidak pernah ditulis tapi selalu ada di setiap cangkir yang ada di kedai Filosofi Kopi. Karena “Setiap hal yang punya rasa, selalu punya nyawa“.
Filosofi Kopi 2
Novel asli : Dee Lestari 
Sutradara : Angga Dwimas Sasongko
Produksi : Visinema Pictures 
Produser : Anggia Kharisma, Chicco Jerikho, Rio Dewanto 
Penulis naskah : Jenny Jusuf, Irfan Ramly, Angga Dwimas Sasongko 
Durasi : 97 menit 
Pemain : Chicco Jericho, Rio Dewanto, Luna Maya, Nadine Alexander
Social Media 
Facebook : Filosofi Kopi 2
Twitter : @filkopmovie 
Instagram : @filkopmovie 

HQ’17

0 Replies to “"Sendirian Atau Berdampingan, Hidup Sepatutnya Tetap Penuh Arti": Filosofi Kopi 2 (the movie) ”

  1. Aku ngak nonton filosofi kopi 1, kalau tiba-tiba nonton filosofi kopi 2, bisa nyambung ngk? Apa harus nonton yg pertama dulu?

    1. Gpp, nyambung2 aja kok. tp klo mo lbh enaknya ntn yg pertama di YouTube kyknya ada deh. Bagus kok filmnya, ga nyesel dehh.

  2. Rasa adalah anugrah tuhan. Menikmati secangkitr Kopi bukan hanya Cerita segelas Kopi Tapi bagaimana kisah Kopi itu di buat dengan cinta Dan para petani memanam kopi. Filosopi Kopi menghadirkan kalimat indah penuh makna

    1. Setuju mpokk… Minum kopi itu g bisa sekedar minum, hrs dinikmati apalg klo smbil ntn Filosofi Kopi 2 ☺

  3. Suka Judulnya euy…film yang sangat syarat makna ya. Secangkir kopi ternyata luas rasa dan makna

    1. Banget.. Nonton filosofi kopi 2 bikin senyum makin lebar ☺ romantis

  4. Banyak quote2 keren sepanjang film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody ini ya, Mbak. Makasi sudah merangkumkannya di tulisan ini. Btw, aku sempat sebel berat sama Ben lho pas nonton… hahaha. Seru filmnya. Wajib nonton dah pokoknya.

    1. Iya mbk, akupun jatuh cinta dgn quote2nya… Makasih udah mampir y mbk..

      1. Iya, Mbak, makasi kembaliii

Leave a Reply