Yuk Belanja Buah dan Sayur di Lokbin Pasar Minggu

Berbelanja ke pasar tradisional merupakan salah satu aktifitas yang saya gemari. Selain belanja kebutuhan sehari-hari seperti sembako, saya juga suka belanja buah dan sayur. Namun keberadaan pasar tradisional kini semakin kalah pamornya dengan banyak munculnya supermarket-supermarket modern. Bisa dimaklumi mengapa masyarakat lebih memilih pasar modern karena tempatnya yang bersih, wangi, berpendingin dan tidak becek seperti di pasar tradisional. Walaupun sekarang sudah mulai ada beberapa pasar tradisonal yang mengalami pembenahan baik itu dari lokasi dan manajemennya.

Menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Provinsi (PemProv) DKI Jakarta dan juga Pemerintah Daerah (PemDa) lainnya dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan agar keberadaan pasar tradisional tidak bergeser dan menyurutkan niat berbelanja penduduknya. Pembenahan itu pula yang dilakukan sebagai upaya dalam merevitalisasi lokasi binaan pasar  buah dan sayur di Pasar Minggu.

Lokasi Binaan (Lokbin) Pasar Minggu direvitalisasi agar masyarakat dapat berbelanja buah dan sayur dengan nyaman di lokasi sekarang. Seperti yang kita ketahui buah dan sayur menjadi icon Pasar Minggu sejak tahun 1960 hingga 1980an dan menjadi sentra buah di Jakarta. Namun keberadaan Pasar Minggu sebagai pasar tradisional yang becek, kotor dan tidak nyaman membuat pamornya meredup.

Bertujuan agar pedagang mendapatkan sarana dan fasilitas dalam mengelola usaha mereka dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat, maka Dinas Koperasi dan UKM serta Perdagangan bekerjasama dengan PemProv DKI Jakarta merevitalisasi Lokbin pasar buah dan sayur Pasar Minggu.

belanja buah dan sayur di lokbin pasar minggu
WaGub DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Lokbin Buah dan Sayur Pasar Minggu

Acara peresmian Lokbin Pasar Minggu ini disertai dengan Festival Buah dan Sayur yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Sandiaga Uno, pada hari Sabtu (21/04) lalu. Rangkaian acara peresmian Lokbin Pasar Minggu diawali dengan senam bersama oleh Ibu-ibu warga sekitar Pasar Minggu. Selain itu juga iringan musik yang membawakan lagu-lagu nostalgia hadir memeriahkan suasana Lokbin. Untuk adik-adik, sementara bundanya ikut senam dan zumba, panitia juga menyediakan area baca dimana tersedia mobil perpustakaan. Jadi adik-adik tidak bosan selama menunggu bundanya senam dan berbelanja buah dan sayur di Lokbin Pasar Minggu.

belanja buah dan sayur di lokbin pasar minggu
Senam Zumba di Lokbin Buah dan Sayur Pasar Minggu

Beruntung sekali saya dapat menghadiri acara peresmian Lokbin Pasar Minggu sekaligus melihat sendiri lorong-lorong dan kios-kios pedagang di Lokbin tersebut. Masyarakat antusias sekali menyambut kehadiran Lokbin Pasar Minggu ini, karena lokasi yang sekarang menjadi lebih nyaman, bersih dan tertata rapi. Lokbin Pasar Minggu sebagai tempat belanja buah dan sayur ini berupa tempat usaha terbuka, setengah tertutup dan tertutup yang dilengkapi fasilitas MCK, listrik, tempat sampah dan papan lokasi.

belanja buah dan sayur di lokbin pasar minggu
Lorong Buah dan Sayur di Lokbin Pasar Minggu

Festival Buah dan Sayur di Lokbin Pasar Minggu ini selaras dengan visi dan misi HIRATHA Corporation, sebagai mitra yang menyelenggarakan kegiatan ini. “Mengutamakan keseimbangan antara konsep pemberdayaan manusia, pengelolaan alam serta teknologi terbarukan yang berlandaskan kesadaran sehingga menjadi manusia berkesadaran tinggi dan berkarakter kuat dalam integritas, kredibilitas dan kinerja”, ujar Arif Budi Utomo, Direktur Utama PT. Hijrah Tahta Artha.

PT Hijrah Tahta Artha yang menaungi HIRATHA Corporation merupakan perusahaan multinasional yang konsen pada tiga bidang usaha, yaitu Eco Learning, Eco Searching dan Eco Engineering. Dengan misi tersebut seperti yang dipaparkan bapak Arif, Hirata Corporation memiliki SDM yang kuat di integritas (integrity),  kredilitas (credibility) dan penampilan (performance) dalam satu kesatuan.

Adapun kegiatan Festival Buah dan Sayur ini rencananya akan digelar 2 bulan sekali dengan maksud untuk mengajak masyarakat lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur dalam menu harian mereka. Selain buah dan sayur, di Lokbin Pasar Minggu juga menyediakan pedagang yang menjual hasil olahan buah dan sayur yang dapat langsung di konsumsi.

Dengan diadakannya Festival buah dan sayur ini diharapkan dapat menghidupkan lagi  Pasar Minggu sebagai sentra buah dan sayur terbesar. Tidak berlebihan apabila ada lagu anak-anak karya Adi Karsa yang bercerita tentang keanekaragaman buah yang ada di Pasar Minggu. Saya masih ingat sekali dengan liriknya yaitu :

Pepaya mangga pisang jambu
Dibawa dari pasar minggu
Disana banyak penjualnya
Dikota banyak pembelinya

Papaya buah yang berguna
Bentuknya sangat sederhana
Pasanya manis tidak kalah
Membikin badan sehat segar

Reff :
Pepaya jeruk jambu
Rambutan duren duku dan lain-lainnya
Marilah mari kawan
Kawan semua
Membeli buah buahan

Papaya makanan rakyat
Karena sangat bermanfaat
Harganya juga tak mengikat
Setalen tuan boleh angkat

Yuk kita konsumsi buah dan sayur setiap hari dan belanjanya di Lokbin Pasar Minggu ya.

belanja buah dan sayur di lokbin pasar minggu
Peresmian Lokbin Buah dan Sayur Pasar Minggu

 

4 Replies to “Yuk Belanja Buah dan Sayur di Lokbin Pasar Minggu”

  1. Kalau pasarnya nyaman dan bersih, pasti banyak yang senang belanja disana.

    1. Hai mbak Nur Rochma..iya mbak, pasar tradisional harus banyak dibenahi ya biar pengunjungnya merasa nyaman dan betah berbelanja.

  2. Sama Mba. Saya juga suka belanja ke pasar tradisional. Suka seminggu sekali belanjanya buat stok di dapur. Allhamdulillah pasar tradisional di daerah saya bersih-bersih jadi lebih bikin nyaman belanjanya

    1. Hai bunda Erysha..iya mbak, dengan kita belanja di pasar tradisional berarti kita juga ikut menghidupkan perekonomian pedagang di pasar tradisonal. Terima kasih sudah berkunjung ya.

Leave a Reply