Tau Nggak Kenapa Madu Warnanya Bisa Berbeda-beda? Ini Dia Jawabannya

Tau Nggak Kenapa Madu Warnanya Bisa Berbeda-beda? Ini Dia Jawabannya

Salah satu produk utama dari lebah adalah madu, dan Saya termasuk yang menyukainya apalagi madu murni dan asli. Biasanya Saya nikmati madu sebagai campuran di minuman teh atau sebagai olesan di roti.

Apakah teman-teman juga penikmat madu murni? Pernah nggak kalian perhatikan kalo warna dari madu murni itu bisa berbeda-beda. Hmm.. Kok bisa ya? Tenang aja, jangan panik dulu. Warna madu murni yang asli bisa berbeda-beda, bukan berarti warnanya beda terus produknya palsu atau campuran. Semua ada penjelasannya kok!

Tau Nggak Kenapa Madu Warnanya Bisa Berbeda-beda? Ini Dia Jawabannya
Tau Nggak Kenapa Madu Warnanya Bisa Berbeda-beda?

Berikut adalah beberapa fakta tentang perbedaan warna pada madu murni:

  1. Ternyata warna madu asli berbeda-beda itu tergantung dari jenis nektar yang dihisap oleh si lebah. Madu di Indonesia sangat bervariasi, warna yang dihasilkan dari madu murninya pun nggak selalu sama. Ada yang warnanya kuning kecoklatan, ada yang transparan sampai yang nggak punya warna sama sekali alias bening.
  2. Indonesia adalah negara tropis, jenis bunga yang tumbuh pun sangat bervariasi. Jadi jangan heran kalau warna madu murninya juga beda-beda, karena jenis nektarnya juga beda antara madu yang satu dengan yang lainnya.
  3. Warna yang muncul pada madu bisa jadi tanda dari jenis madu tersebut. Misalnya, warna madu murni yang kuning, itu adalah jenis madu kaliandra. Sedangkan yang warnanya lebih gelap dan agak kehitaman, itu umumnya merupakan madu hutan. Jadi semua tergantung jenis bunga dan partikel yang ada di dalamnya.
  4. Madu yang disimpan lama akan berubah warnanya. Semakin lama madu disimpan, maka warnanya akan semakin gelap.

Tau Nggak Kenapa Madu Warnanya Bisa Berbeda-beda? Ini Dia Jawabannya

Makanya kalo beli madu di apotik atau supermarket, jangan dulu panik karena liat warna madunya beda-beda. Contoh Saya sendiri yang udah sering beli dan konsumsi Madu TJ Super. Madu ini udah terjamin asli dan murni madunya loh!

Kenapa Saya bisa bilang begitu? Karena semua produk Madu TJ ini sudah terdaftar di BPOM, teruji halal di MUI dan sudah sesuai dengan SNI. Jadi sudah pasti aman dan halal untuk dikonsumsi, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Madu TJ ini sebenernya punya banyak varian, seperti Madu TJ Murni, Madu TJ Super, dan Madu Kurma TJ. Kalo kita perhatikan dengan seksama, dalam satu varian yang sama sekalipun, terkadang warna madunya bisa berbeda-beda lho. Jawabannya ya seperti yang sudah dijelaskan diatas, karena jenis nektar bunga yang digunakan oleh lebah berbeda-beda.

Kenapa kok Saya yakin banget kalo Madu TJ ini madu murni dan asli? Karena Saya udah cek label komposisinya dan label kecil yang biasa diikatkan di botol madunya. Di situ kita bisa liat hasil uji tes laboratorium dari Madu TJ ini. Dan jelas banget kalo produk mereka memang terbuat dari 100% madu alami pilihan dan sudah lolos persyaratan SNI.

Tau Nggak Kenapa Madu Warnanya Bisa Berbeda-beda? Ini Dia Jawabannya

Terutama untuk produk andalanku, yaitu Madu TJ Super yang mengandung Royal Jelly dan Bee Pollen. Madu TJ Super ini jadi andalan Saya karena kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan. Royal Jelly dan bee pollen mengandung banyak nutrisi dan sumber antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan, stamina, dan daya tahan tubuh.

Nah karena sekarang sudah tau kenapa madu warnanya bisa berbeda-beda, yuk mulai konsumsi madu secara rutin, ya. Share di kolom komen yuk pengalaman kalian menikmati madu.

Tau Nggak Kenapa Madu Warnanya Bisa Berbeda-beda? Ini Dia Jawabannya
Madu TJ Super, madu asli dan murni

Leave a Reply