Tips Beraktifitas Sehat dengan Gigi Sehat dan Kuat bersama Medikids

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids

Urusan sikat gigi anak-anak saya termasuk yang sangat cerewet. Gak bosan-bosan saya selalu mengingatkan anak-anak terutama si bungsu untuk rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Sewaktu mereka masih balita saya selalu membantu mereka untuk menyikat gigi. Namun setelah duduk di bangku sekolah menengah mereka menyikat sendiri gigi mereka. Paling saya bantu mengingatkan dan melihat apa sudah benar mereka menyikat gigi.

Namun begitu cerewetnya saya masih aja kecolongan si bungsu alpa menyikat gigi, terutama ketika mau tidur. Akibatnya bisa dipastikan gigi si bungsu mulai ada bolong-bolongnya dan timbul karies yang mengganggu aktifitas karena gigi yang gak sehat.  Kalau sudah begini mau gak mau harus membawa si bungsu ke dokter gigi. Namun kondisi pandemi sekarang ini membuat saya ragu untuk membawa si bungsu ke dokter gigi.

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids

Kebetulan sekali saya yang tergabung di Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) mendapat kesempatan untuk mengikuti virtual field trip reopening Medikids Kemang sekaligus berkonsultasi dengan salah satu dokter gigi di sana. Membawa anak ke dokter gigi emang jadi salah satu PR nih buat saya. Seringnya anak merasa takut dan gak nyaman dengan situasi dan peralatan medis yang ada di dokter/klinik gigi. Ditambah lagi sekarang ada pandemi..duuh makin susah aja nih bawa anak periksa ke dokter gigi.

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
Medikids Clinic Kemang.

Medikids Kemang adalah salah satu cabang dari MHDC Group (Mulia Health & Dental  Care) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Awal berdirinya di Januari 2017 di Jl. Benda No. 98C dan di tanggal 23 Oktober 2020, Medikids Kemang melakukan relokasi ke tempat yang lebih  strategis dan mudah dijangkau, tepatnya di Jl. Ampera Raya No.5A, Pejaten Barat, Jakarta Selatan. 

Kesempatan bagus yang ditawarkan IIDN inipun saya terima, sekaligus mengenalkan pada si bungsu klinik gigi yang ramah anak dan menyenangkan seperti Medikids Kemang ini.

Tips beraktifitas sehat dengan gigi kuat dan sehat

Virtual field trip reopening Medikids Kemang dilaksanakan pada Rabu (11/11) siang melalui aplikasi Zoom. Sebanyak 20 anggota IIDN beserta putra dan putrinya hadir meramaikan dan menyimak acara online ini dengan antusias. Apalagi pembukaannya dibuka dengan dance ala captain Medi.

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
Paket Medikids..gak tahan ma kata-kata di tas lipatnya 😁

Oiya, beberapa hari sebelum virtual field trip dilakukan, pihak Medikids mengirimkan kejutan nih buat para peserta. Isinya ada masker bergambar Captain Medi, crayon Pentel Febric, paket sikat gigi dan pasta gigi, voucher treatment dan juga tas parasut lipat dengan gambar Captain Medi.

Sebagai pembuka, video dance captain Medi ini cukup membuat anak-anak menjadi lebih relaks, menjadikan sesi penjelasan dokter gak terasa berat. Bersama dokter cantik drg. Saskia Karenina, kami bersama-sama belajar mengenai kesehatan gigi dan cara merawat gigi yang baik dan benar.

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
drg. Saskia Karenina dari Medikids Kemang (pic by: Widyanti IIDN)

drg. Saskia memberikan edukasi singkat mengenai kesehatan gigi. Ternyata musuh gigi yang paling utama itu adalah menumpuknya sisa makanan di gigi yang menimbulkan bakteri yang bersifat asam. Sisa makanan yang ada di gigi yang tidak dibersihkan inilah yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Disinilah pentingnya menjaga kebersihan gigi dan juga menggunakan pasta gigi yang berfluorida untuk menjaga gigi dan juga menguatkan email gigi.

Selain itu kata drg. Saskia juga bahwa pemilihan sikat gigi harus diperhatikan. Minimal kita harus mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau kalau sikat gigi sudah mulai mekar bulu-bulu sikatnya nah itu harus segera diganti. Senangnya lagi drg. Saskia mendemonstrasikan cara menyikat gigi yang benar, jadi anak-anakpun tau bagaimana menyikat gigi yang benar hingga gigi jadi bersih deh.

Agar dapat beraktifitas dengan gigi yang sehat dan kuat selama pandemi ini, drg. Saskia memberikan tipsnya nih, yaitu:

  1. Rajin mencuci tangan dengan sabun
  2. Menjaga jarak dengan orang lain
  3. Menggunakan masker saat keluar rumah
  4. Istirahat yang cukup
  5. Membawa handsanitizer saat keluar rumah
  6. Makan makanan bergizi
  7. Rajin menyikat gigi, minimal 2 kali sehari sehabis makan dan sebelum tidur
  8. Menyikat gigi dengan benar
  9. Rutin mengganti sikat gigi, minimal tiap 3 bulan
  10. Rutin periksa gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali
Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
Demo cara menyikat gigi bersama drg. Saskia dari Medikids Kemang (pic by: Uci Olyv)

Setelah tips yang diberikan drg. Saskia ini, kamipun dibawa mengunjungi Medikids Kemang dan mengenal ruang-ruang yang ada disana. Tapi sebelumnya anak-anak berfoto menggunakan masker bergambar Captain Medi yang sudah diwarnai.

Medikids Kemang, klinik gigi yang ramah anak 

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
Ruang tunggu Medikids Kemang.

Selain dukungan tenaga medis yang profesional dan ramah, program edukasi kepada anak  menjadi salah satu kelebihan dan privilege yang ditawarkan ketika berkunjung ke Medikids Kemang. 

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
Front Office Medikids Kemang.

Oiya, Medikids Kemang merupakan salah satu one stop clinic yang menyediakan layanan dental,  kesehatan umum, dan juga vaksin. Medikids Kemang juga didukung oleh tim dokter gigi spesialis anak dan dewasa,  dokter umum, dan vaksinasi. Jadi hanya dengan mendatangi satu klinik, maka kita dapat melakukan treatment dan konsultasi dokter sekaligus.

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
Medikids Clinic lantai 2.

Selain memberikan pelayanan kesehatan fisik dan mental yang prima  serta ramah anak, Medikids didesain dengan suasana yang playful, unik, colorful, dan  nyaman. Kita dan buah hati dapat merasakan suasana klinik yang menyenangkan dengan  tema layaknya airport dari berbagai penjuru dunia seperti, Africa Safari Dental Room, Paris  Dental Room, Japan Dental Room, Turkey Dental Room, America General Room dan  London Play Hospital. Suasana klinik dibangun senyaman mungkin untuk anak dan  keluarga. Seru deh liat video yang ditayangkan Medikids Kemang itu, jadi pengen segera kesana untuk menikmati langsung treatment dan ambience Medikids.

Aktifitas sehat dengan gigi sehat bersama Medikids
Ruang dental kids yang bernuansa Around the Wolrd di Medikids Kemang.

Mengusung tema Around the World dan dilengkapi dengan fasilitas London Play Hospital  dimana anak dapat belajar dan merasakan keseruan untuk menjadi dokter gigi serta tenaga  medis lainnya. 

Perawatan kesehatan secara rutin menjadi hal penting untuk kita perhatikan. Kesehatan  yang prima tentu menunjang produktifitas. Namun, dengan aktifitas kerja yang cukup padat,  kadang tak banyak waktu yang dimiliki untuk sekedar mengecek dan merawat kesehatan. Dengan sistem booking jadwal dokter, maka kita gak perlu lagi menghabiskan waktu berlama lama di klinik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Medikids Kemang menjadi pilihan cerdas untuk kita yang mencari dokter gigi yang ramah anak untuk daerah Kemang dan sekitarnya. 

Medikids Kemang bisa kita intip di sosial media mereka juga lho, yaitu di instagram @medikidsclinic @mhdcclinic, facebook Klinik MHDC Jakarta, youtube MHDC Jakarta dan tiktok @mhdcclinic.

 

Leave a Reply