Tips dan Trik Beli Rumah Dijual Tanpa Perantara

Beli rumah di jual

Sering kali kita melihat tulisan “rumah dijual tanpa perantara”, tapi apakah kita mengerti apa maksudnya? Dalam jual beli, perantara sendiri menjadi penghubung antara penyedia barang atau jasa dengan konsumen. Hal yang sama berlaku juga pada jual beli rumah.

Dalam perihal jual beli rumah, perantara ini disebut dengan pialang, makelar properti, atau broker properti. Tugasnya adalah untuk menjembatani pembeli dan penjual dengan mengenakan tarif. Sebagian orang yang tidak ingin menggunakan jasa ini, memilih jalur tanpa perantara.

Beli rumah di jual

Jika kalian berniat untuk membeli rumah dijual tanpa perantara, tentu itu berarti kalian harus mengurusnya secara mandiri tanpa bantuan broker properti.

Meski kemungkinan agen properti dapat lebih cepat dalam mencarikan kalian rumah yang sesuai karena memang sudah memiliki data rumah dijual, ternyata beli rumah dijual tanpa perantara juga tidak sulit, lho!

Simak tips beli rumah dijual tanpa perantara yang bakal membuat jual beli rumah kalian jadi makin lancar ini, ya!

Beli rumah di jual
(pic by: pixabay)

Tips Beli Rumah Dijual Tanpa Perantara

1. Siapkan persetujuan awal hipotik atau KPR

Yang pertama, jika kita berniat untuk beli rumah dijual dengan cara kredit, kita perlu siapkan persetujuan awal hipotik terlebih dahulu. Hipotik atau fasilitas pendanaan ini penting dipersiapkan sehingga kita bisa menentukan dengan tepat jumlah dana yang bisa kita pinjam untuk beli rumah.

Jumlah ini bisa dijadikan patokan ketika kita melakukan tawar menawar harga dengan penjual. Pengertian hipotik sendiri adalah bentuk jaminan kredit yang timbul dari perjanjian. Dalam hal membeli rumah dijual, pinjaman hipotik memungkinkan kita untuk membayar sebuah rumah di angsuran.

Beli rumah di jual
(pic by: pixabay)

Selain hipotik, salah satu contoh lain jalur kredit dalam membeli rumah adalah dengan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Fasilitas pembiayaan ini bisa diajukan setelah kita menemukan rumah mana yang hendak dibeli.

2. Cari rumah dijual tanpa perantara lewat situs properti

Jika kita menggunakan jasa perantara, mencari rumah dijual yang sesuai dengan keinginan kita adalah tugas perantara tersebut. Berhubung kita akan beli rumah dijual tanpa perantara, maka kita harus mencari sendiri rumahnya.

Dulu mungkin mencari rumah dijual cukup sulit karena terbatasnya infomasi. Tapi sekarang jauh lebih mudah dengan adanya situs jual beli properti yang menyediakan berbagai macam listing iklan rumah dijual.

Situs jual beli rumah terpercaya seperti www.99.co/id bisa jadi pilihan. Kita bisa mengakses iklan rumah dijual, dengan melakukan pencarian berdasarkan kondisi yang kita inginkan seperti lokasi, rentang harga, penataan rumah, dan lain-lain.

Rumah dijual yang bisa kita temukan di situs properti mencakup rumah dijual dengan atau tanpa perantara. Jadi, dengan mencari rumah dijual di sana, kita bisa sekaligus membandingkan keduanya.

3. Survey rumah dan lokasi

Setelah membandingkan mana rumah dijual yang paling cocok, tentunya kita perlu segera menghubungi penjual dan menjadwalkan survey. Ingat, survey rumah dan lokasi adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan.

Karena kita mendapatkan iklan rumah dijual ini via internet, saatnya untuk memastikan semua hal yang ditulis dan ditampilkan di sana benar adanya. Jika terdapat hal-hal yang tidak dicantumkan atau berbeda dari iklan, kita bisa menemukannya pada saat survey ini.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Me-Time dengan Jasa Pembersih Rumah

4. Nego harga rumah dijual

Jika sudah cocok, saatnya nego harga rumah. Meski kebanyakan rumah dijual sudah dipatok dengan harga mati, ada juga rumah dijual yang harganya masih bisa nego. Nah, jika kita ingin mengajukan penawaran untuk rumah dijual, kita harus memutuskan kira-kira berapa harga yang pas.

Ada beberapa cara untuk membuat perkiraan harga rumah tanpa bantuan perantara properti, salah satunya adalah CMA. Analisis perbandingan pasar atau biasa disebut CMA (Comparative Market Analysis) memperhitungkan bagaimana kondisi rumahnya, properti di mana rumah ini berada, dan properti yang ada di sekitarnya sebagai bahan perbandingan.

Agar bisa memberikan data yang tepat tentang berapa harga rumah tersebut di pasar pada saat ini, cara paling mudahnya adalah menggunakan situs properti dan mencarinya berdasarkan lokasi. Kita jadi bisa mengira-ngira berapa harga untuk rumah yang hendak kita beli.

5. Perjanjian jual beli rumah

Meski beli rumah dijual tanpa perantara, kita tetap membutuhkan seorang professional untuk mengurus dokumen-dokumen jual beli rumah secara legal. Pengacara properti kita akan membuat perjanjian penjualan untuk kita yang harus ditandatangani oleh kita dan penjual.

Beli rumah di jual
(pic by: pixabay)

Disingkat SPJB, akta jual beli rumah ini juga berfungsi sebagai bukti bahwa si penjual dan pembeli sudah menyepakati adanya proses perpindahan tangan atas kepemilikan properti. Surat Perjanjian Jual Beli Rumah biasanya ditandatangani di hadapan PPAT atau notaris.

Di dalamnya, terdapat pasal-pasal seperti objek kesepakatan dan harga transaksi, jangka waktu kesepakatan dan tata cara transaksi, tanggung jawab para pihak, hingga pengakhiran kesepakatan dan sanksi. Selain itu, perjanjian ini juga memuat pasal pelaksanaan serah terima dan jaminan para pihak.

Itu dia tips beli rumah dijual tanpa perantara. Ingat, jika ingin beli rumah tanpa perantara, pastikan kita memiliki kemampuan negosiasi harga yang mantap, ya! Nah, kalau pengalaman kalian apa nih terkait pembelian rumah?Share yuk.

One Reply to “Tips dan Trik Beli Rumah Dijual Tanpa Perantara”

  1. Waw menurutku rumit juga jual beli rumah ini. Banyak seluk beluk yang harus dipelajari dan diketahui, baik administrasinya maupun segala hal terkait kondisi rumah, status hukum dll

Leave a Reply

error: Jangan coba-coba copas yaa !!