Tips Memilih Pipa PVC untuk Keperluan Pipa Air Rumah Tangga

Tips memilih pipa pvc untuk keperluan pipa air rumah tangga

Drama suatu pagi..”Maaa…pipa airnya lepas lagi nihh, teriak si bungsu dari kamar mandi. Sayapun bergegas menemui si bungsu dan melihat apa yang terjadi. “Ya ampuunn, kok bisa sih? Emang kamu apain?, sayapun merepet ngomel layaknya anak burung yang berebutan dikasih makan induknya. Hehehe…gimana gak ngomel ya…pagi-pagi wayahe eh waktunya sibuk-sibuknya nyiapin sarapan dan belajar online, adaa aja kejadiannya.

Pipa air tempat menyalurkan air bersih di tempat saya tinggal ini memang beberapa kali lepas. Saya gak tau sih apa sebabnya, kemungkinan karena pemasangannya kurang kuat atau bisa jadi karena kualitas pipa airnya yang memang kurang bagus.

Tips memilih pipa pvc untuk keperluan pipa air rumah tangga
Pipa PVC standard Rucika.

Berhubung tempat yang saya tinggali ini merupakan rumah kontrakan dan saya bertanggung jawab atas kondisi rumah ini, termasuk bila ada sesuatu kerusakan. Saya gak mau bila kejadian pipa air ini rusak terus-menerus, yang pastinya akan mengganggu sekali karena pasokan air bersihpun jadi terhambat.

Saking penasarannya akan jenis pipa PVC yang bagus dan juga tentunya dengan harga terjangkau, sayapun googling untuk mencari informasi tentang jenis pipa air yang saya inginkan. Ternyata bukan hanya jenis pipa air yang saya temukan tapi juga sekaligus tips cara memilih pipa PVC untuk kebutuhan pipa air rumah tangga.

Pipa air Rucika yang sesuai dengan kebutuhan

 

Tips memilih pipa pvc untuk keperluan pipa air rumah tangga

Ngomongin soal pipa PVC, jadi ingat saya pernah melihat iklan komersial di stasiun TV lokal yang taglinenya “dimana air mengalir sampai jauh”, kayak salah satu syair lagu lawas ya. Setelah searching kesana kemari, akhirnya saya menemukan informasi soal pipa PVC.

Pipa air Rucika Standard adalah pipa PVC untuk jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan. Terbuat dari bahan uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride) yang banyak sekali kelebihannya dibanding material polimer lainnya, seperti adanya Calcium Zinc (Tanpa Timbal), tahan terhadap korosi, kuat, ringan, mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan. Rucika Standard diproduksi mengacu standar JIS dan ISO dengan sertifikasi system manajemen mutu ISO 9001:2000.

Pipa air Rucika Standard ini terbagi menjadi 2 kelompok/kelas, yaitu kelas D dan kelas AW. Untuk pipa air kelas D dipergunakan untuk saluran pembuangan dan limbah dengan 11 macam ukuran diameter dari 1-1/4″ sampai 12″. Sedang pipa air PVC Rucika Standard kelas AW dipergunakan untuk air bertekanan sampai tekanan kerja 10 kg/cm2 dengan 14 macam ukuran diameter dari 1/2″ sampai 12″.

Tips memilih pipa pvc untuk keperluan pipa air rumah tangga

Jadi kebutuhan akan pipa air ini bisa dilihat dari dua jenis ini, misalnya pada kasus saya ya saya butuhnya jenis pipa PVC yang mampu menahan sedotan air dari sumur dan mengalirkan ke tempat penyimpanan (toren) menuju kamar mandi. Kebutuhan air dalam rumah tangga sangatlah penting dan hal ini harus didukung oleh fasilitas baik dalam menampung juga mengalirkan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Tips memilih pipa PVC untuk keperluan pipa air rumah tangga

Berdasarkan pengalaman tersebut, kini saya lebih berhati-hati dalam memilih dan membeli peralatan untuk keperluan penunjang di rumah. Berikut saya share tips memilih pipa PVC yang cocok dan sesuai untuk keperluan pipa air rumah tangga:

  1. Anti karat, sering kali kita temukan permasalahan ini di pipa air. Oleh sebab itu penting untuk memilih pipa air yang anti karat, selain awet juga akibat karat dari pipa tidak mencemari air bersih yang kita pergunakan.
  2. Ringan, pipa air yang ringan tentunya membantu meringankan beban pipa air itu sendiri sehingga pipa tidak gampang rusak ataubahkan pecah karena menahan beban air.
  3. Mudahnya proses penyambungan, kondisi rumah sangat menentukan penempatan pipa air yang akan kita pergunakan. Oleh sebab itu penyambungan pipa air sangat penting dan membutuhkan kemudahan juga efektifitas.
  4. Variatif, dengan model yang variatif, diharapkan proses pemasangan dan penyambungan pipa air dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu juga dapat disesuaikan dengan kondisi dan peruntukannya, apakah untuk air panas atau air dingin.
  5. Merk dan kualitas terpercaya, walau di pasaran banyak merk pipa air yang ditawarkan, namun sebagai konsumen kita harus jeli dalam memilih dan membeli produk pipa sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah membeli dan akhirnya memicu kebocoran dan kerusakan yang lainnya.

Tips memilih pipa pvc untuk keperluan pipa air rumah tangga

Demikian 5 tips saya dalam memilih pipa PVC untuk keperluan pipa air rumah tangga. Semoga sharing ini bermanfaat.

 

2 Replies to “Tips Memilih Pipa PVC untuk Keperluan Pipa Air Rumah Tangga”

  1. makasih tipsnya

  2. Tidak hanya untuk saluran pipa di rumah, pipa pvc juga bisa dimanfaatkan untuk hobi berkebun dengan sistem hidroponik.

Leave a Reply