Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat

Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat

Momen lebaran menjadi momen penting untuk pulang kampung atau mudik untuk mereka yang merantau. Tradisi mudik di negara kita memang sudah melekat dan menjadi tradisi turun menurun.

Berbagai moda transportasi penuh dipadati pemudik yang hendak berlebaran bersama sanak saudara di kampung halaman. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi, banyak juga yang menggunakan kendaraan umum, baik darat, laut maupun udara.

Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat
Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat

Pemerintah dalam hal ini pihak Kementrian Perhubungan dan Kementrian Kesehatan setiap tahunnya selalu bekerja keras memberikan layanan dan peringatan kepada para pemudik untuk berhati-hati dan mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan.

Seperti mudik lebaran tahun 2019 ini, pemerintah kembali memberikan peringatan dan perhatian kepada para pemudik. Pada Selasa (28/5) lalu, Kementrian Kesehatan dan Kementrian Perhubungan menggelar acara Ngabuburit Sehat  di area parkir Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat

Ngabuburit Sehat yang mengambil tema “Mudik Aman, Selamat, Sehat sampai Tujuan” ini dihadiri oleh Ibu Nila F. Moeloek, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ibu Kirana Pritasari selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Bapak Bambang Wibowo selaku DirJen Pelayanan Kesehatan, Bapak Djoko Sasono selaku SekJen KemenHub, dan Bapak Fitra Eri perwakilan komunitas otomotif.

Ibu Nila menyampaikan kepada para pemudik agar menyiapkan fisik dan kondisi kelayakan kendaraannya. Seperti tahun-tahun sebelumnya Kemenkes menyiapkan layanan kesehatan di sepanjang jalur mudik. Tahun ini terdapat 6.047 titik/posko kesehatan yang siap siaga melayani pemudik.

Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat
Ibu Kirana Pritasari, Ibu Nila F Moeloek, Bapak Bambang Wibowo dan Bapak Djoko Sasono.

Bukan hanya kondisi tubuh yang harus diperhatikan selama perjalanan mudik, tapi juga persiapan kondisi kendaraan bagi yang menggunakan kendaraan pribadi.

Sebesar 90% kecelakaan lalu lintas dikarenakan kelalaian manusia yaitu berupa kelelahan fisik, mengantuk misalnya. Oleh sebab itu penting beristirahat setiap 4 jam selama berkendara jarak jauh.

Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat
Bapak Fitra Eri perwakilan komunitas otomotif.

Persiapan kondisi fisik dengam memeriksakan kesehatan jauh hari sebelum mudik. Biasakan kondisi tubuh sebelum melakukan mudik. Misalnya hendak melakukan perjalanan mudik di malam hari, maka kondisikan tubuh beberapa hari sebelumnya agar tubuh tidak kaget dengan perubahan waktu.

Begitu juga dengan persiapan kendaraan, lakukan pengecekan dan pemeriksaan kendaraan jauh hari sebelum mudik dan lakukan di bengkel resmi kendaraan.

Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat
Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat

Berikut tips mudik sehat, aman dan nyaman selama perjalanan supaya selamat sampai tujuan.

  1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik. Ada baiknya periksakan diri ke dokter atau tenaga medis di rumah sakit atau pos kesehatan.
  2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan di bengkel resmi kendaraan.
  3. Sebelum dan selama mengemudi tidak mengkonsumsi minum-minuman keras dan obat yang menyebabkan kantuk.
  4. Lakukan istirahat tiap 4 jam selama perjalanan.
  5. Jangan paksakan diri untukengudi bila lelah dan mengantuk.
  6. Disiplin dan patuhi rambu lalu lintas.
  7. Kendalikan kecepatan kendaraan terutama pada kondisi jalan rusak atau bergelombang, saat hujan dan cuaca buruk.
  8. Jangan penuhi kendaraan dengan muatan yang melebihi peruntukannya.
  9. Gunakan masker dan lindungi dari asap, debu dan polusi.
  10. Bawalah bekal makanan yang tidak cepat basi.
  11. Tidak menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.
  12. Apabila membeli makanan dan minuman di rest area atau sepanjang perjalanan,  lihat tanggal kadaluarsanya.
  13. Usahakan tangan selalu bersih dan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir sebelum dan sesudah makan. Atau bisa juga menyediakan hand sanitizer apabila kesulitan menemukan air bersih.
  14. Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat.
  15. Buanglah sampah pada tempatnya, sediakan juga tempat/kantong sampah di dalam kendaraan.
  16. Buang air kecil/besar di toilet yang tersedia.
  17. Tidak menggunakan gadget selama berkendara. Menepilah bila ingin menggunakan gadget untuk menerima panggilan telepon atau mengecek peta.
  18. Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat dan jangan lupa membawa kartu BPJS.

Demikian tips dan saran untuk kalian yang hendak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Semoga perjalanan kalian lancar yaa.

Tips Mudik Sehat, Aman, Nyaman dan Selamat

Share yuuk kalian mudik kemana sih lebaran tahun ini?

Leave a Reply