Upacara Bregada di Griya Yogya, Jakarta

Upacara Bregada

Sebagai negara kesatuan, Republik Indonesia juga memiliki kerajaan di beberapa daerah. Namun pusat pemerintahan tetap berada di bawah pimpinan presiden.

Layaknya sebuah negara, kerajaan yang berada di wilayah negara Indonesia juga memiliki armada kekuatan tempur baik berupa pasukan maupun persenjataan. Begitu pula dengan Kraton Yogyakarta yang memiliki pasukan prajurit atau dikenal dengan Bregada.

Upacara Bregada
Upacara Bregada

Bregada di kraton Yogjakarta ini masih ada sampai sekarang dan bertugas menjaga di sekitar wilayah Kraton Yogya. Dalam tugasnya tersebut prajurit atau bregada ini bertugas secara bergantian.

Upacara Bregada di Griya Yogya, Jakarta

Peristiwa pergantian prajurit atau Bregada ini dikenal dengan nama Upacara Bregada yang dilakukan setiap 40 hari sekali. Bukan hanya di Kraton Yogya saja tapi Upacara Bregada ini juga dilakukan di Jakarta dimana terdapat Badan Penghubung Daerah Istimewa Yogyakarta.

Upacara Bregada

Upacara Bregada
Upacara Bregada

Kesempatan menyaksikan Upacara Bregada ini saya dapatkan pada hari Kamis Pahing (12/03) di Griya Yogya yang juga merupakan kantor Badan Penghubung Daerah Istimewa Yogyakarta. Upacara Bregada yang dilaksanakan di Griya Yogya ini dilakukan setiap Kamis Pahing berdasarkan perhitungan kalender Jawa setiap bulannya.

Baca juga : Jam(u)an untuk Indonesia

Upacara Bregada

Upacara Bregada
Upacara Bregada

Menurut Bapak Karyono selaku pelatih bregada mengatakan sebagai Badan Penghubung Daerah Istimewa Yogyakarta ingin melestarikan dan mengenalkan budaya Yogyakarta pada masyarakat sekitar khususnya mengenai Upacara Bregada ini. Upacara Bregada merupakan upacara pergantian prajurit penjaga yang diikuti oleh sekitar 30 pria berpakaian prajurit.

Upacara Bregada
Upacara Bregada

Pakaian yang dikenakan oleh prajurit atau bregada ini berbeda-beda dan memiliki nama serta ciri khas dan juga tugasnya masing-masing. Pada Upacara Bregada di Griya Yogya ini, prajurit yang mengikuti upacara adalah Bregada Patangpuluhan, Bregada Jagakarya dan Bregada Bugis.

Upacara Bregada
Bregada Jagakarya
Upacara Bregada
Bregada Bugis

Prajurit Kraton Yogyakarta sendiri dibagi ke dalam tiga kelompok. Prajurit yang dimiliki Kepatihan, yaitu Bregada Bugis. Prajurit yang dimiliki Kadipaten Anom (putera mahkota), yaitu Bregada Surakarsa. Sementara sisanya dimiliki oleh kraton.

10 Bregada di Kraton Yogyakarta

Upacara Bregada
10 Bregada Kraton Yogyakarta

Bregada yang ada di Kraton Yogya ada 10 bregada yang memiliki seragam dan nama yang berbeda. Ke-10 bregada itu adalah:

1. Bregada Nyutra, yaitu pengawal pribadi sultan yang mempunyai arti sehalus sutra dan selalu mendampingi dan menjaga keamanan raja.

2. Bregada Surakarsa, prajurit yang pemberani dengan tujuan menjaga keselamatan Adipati Anom.

3. Bregada Wirabraja, prajurit yang sangat berani, pantang menyerah dalam membela kebenaran.

4. Bregada Patangpuluhan

5. Bregada Prawiratama, prajurit yang pemberani dan pandai dalam setiap tindakan serta bijak dalam berperang.

6. Bregada Ketanggung, prajurit dengan tanggung jawab yang sangat berat.

7. Bregada Mantrijero, prajurit yang mempunyai wewenang ikut ambil bagiandalam memutuskan hal-hal di lingkungan kraton.

8. Bregada Jagakarya, yang bertugas menjaga dan mengamankan jalannya pelaksanaan pemerintahan dalam kerajaan.

9. Bregada Bugis, yang awalnya berasal dari Bugis di Sulawesi yang secara sukarela menjaga kraton Yogya.

10. Bregada Dhaeng, sama seperti bregada Bugis yang juga berasal dari Sulawesi yang mengambil dari sebutan gelar bangsawan Sulawesi.

Upacara Bregada
Upacara Bregada

Upacara Bregada yang dilakukan di Griya Yogya ini menduplikasi upacara Bregada di kraton Yogya yang juga melakukan kirab mengelilingi Griya Yogya.

Namun demikian kirab yang dilakukan tidak sampai mengganggu lalu lintas di sekitar Griya Yogya yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini.

Upacara Bregada

Upacara Bregada
Kirab Upacara Bregada

Uniknya, bila di kraton Yogya para bregada ini merupakan bregada asli kraton, berbeda dengan bregada di Griya Yogya ini. Para bregada ini sebagian diikuti oleh karyawan Badan Penghubung Daerah Istimewa Yogyakarta juga oleh masyarakat umum.

Upacara Bregada
Kirab Upacara Bregada

Jadi untuk kalian yang ingin mencoba menjadi bregada di Upacara Bregada, bisa menghubungi Badan Penghubung DIY di Jakarta. Pak Karyono akan melatih para bregada mulai dari gerakan, aba-aba dalam bahasa Jawa.

Upacara Bregada
Upacara Bregada

Menarikkan? Inilah upaya Badan Penghubung DIY agar budaya upacara bregada ini dapat dikenal masyarakat sekitar.

22 Replies to “Upacara Bregada di Griya Yogya, Jakarta”

  1. Wah, ternyata upacara ini juga diselenggarakan di Jakarta ya. Jadi tradisi tetap terjaga

  2. areacewecom says: Reply

    aku baru tahu Ka, ada 3 kelompok Prajurit. Anw, kenapa ada Bregada Bugis Ka?
    Apa karena dulunya dari Bugis?

    1. Iya kaka..dulunya prajurit Bugis yang membantu kerajaan Yogya. Tapi sekarang ngga lagi dan untuk menghormati mereka tetap dipakai nama Bregada Bugis.

  3. Keren banget ya, punya upacara sendiri. Apa kerajaan di daerah ku punya begituan juga ya? Makasih infonya mbak!

  4. waaa aku baru tau nih soal upacara bregada jni, dan baru tau juga prosesinyaa, jadi penasaran ih pengen liat langsung juga prosesinya hehehe

  5. Menarik ya kalau masyarakat juga bisa ikutan partisipasi. Ada syarat umur minimal atau maksimal untuk ikutan? Btw, benderanya melambangkan apa?

  6. Aku baru banget tahu tentang upacara Bregada dan ternyata ada 10 bregada ya. Terimakasih informasinya mba, jadi lebih tahu nih 😄

  7. Baru tau ada upacara Bregada, Mbak. Diadakan juga di Jakarta pula. Mungkin kegiatan ini tak terlalu menarik apa ya sehingga masyarakat menganggapnya biasa aja.
    Jadi kalau pergantian begitu, tiap Bregada ganti seragam 40 hari sekali apa gimana mbak? Unik pakaiannya, saya suka sama baju lorengnya, hehe

    1. Untuk seragam memang berganti-ganti mbak.

  8. Keraton ternyata punya tentara juga ya. Aku jadi ingat tentara inggris (aku lupa sebutannya) yang menjaga istana di Inggris, aku dulu pernah nonton di Mr. Bean. Baru sekali kayaknya ke keraton dan itu waktu masih kecil, lupa aku ketemu bregada gak ya di sana. Tapi memang budaya semacam ini mesti dilestarikan sih, untuk menunjukkan bahwa Indonesia punya budaya biar anak cucu tau sejarah bangsa

    1. Betul ka..Inggris juga punya prajurit dan ada upacara pergantian jaga juga.

  9. Seneng banget bisa punya kesempatan untuk melihat langsung kegiatan di keraton Yogjakarta. Aku kapan yaaa

    1. Ini upacara Bregada yang di Jakarta, mbak…coba baca lagi deh tulisannya.

  10. Wah beruntung banget mba, aku beberapa kali ke Jogjakarta blm pernah dapat kesempatan bisa lihat langsung prosesi ini.
    Paling pernah saat main ke keraton ya.. beberapa abdi saja sedang lalu lalang

    1. Ini upacaranya juga di Jakarta, kok…coba baca lagi deh tulisannya.

  11. menarik banget mba Hid, jujur kalo ke Jogja aku belum pernah nih liat upacara bregada ini.

    1. Aku juga belum pernah…kan ini upacaranya di Jakarta di kantor Badan Penghubung DIY.

  12. Nurhilmiyah says: Reply

    Owhh ada Badan Penghubung DIY yaa di Jakarta mbak,, saya pikir ini upacaranya diadakan di Kraton Jogja hehe… Sipp informatif Mbak, btw dr smua bregada saya familiar dg Bregada Mantrijeron hehe… Dulu waktu kuliah di Jogja setiap hr ngelewati Jalan Mantrijeron

  13. Baru tau aku mba klo di Jakarta ada badan penghubung gini. Diharapkan tradisi dan budaya yg kita miliki bisa terus lestari melalui upaya seperti ini. Bisa ajak langsung masyarakat untuk nyobain ikutan jadi bregada, istimewa nih.

  14. Meilia Wuryantati says: Reply

    Jadi upacara bregada ini setiap 40 hari sekali gitu yah kak. Aku baru tahu lho. Dulu kuliah di Jogja belum pernah sekalipun lihat upacara bregada ini. Unik dan bagus untuk penghubung dan dikenal masyarakat

  15. Salut sama mereka yang berdedikasi tinggi menjadi prajurit Keraton, aku baru tau ternyata ada upacara Bregada ini untuk pergantian sesi, kalo kita mah nyebutnya ganti shift kali ya

  16. Keren juga nih upacaranya. Ah Jogja,.. jadi kangen pengen ke sini kan. 😀

Leave a Reply