Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain

Pertumbuhan fisik dan kognitif anak tumbuh pesat di usia emas (golden year). Hal itu juga ditunjukkan dengan rasa ingin tahu dan minat si kecil terhadap sesuatu. Sebagai orang tua tentu ingin buah hati kita dapat tumbuh sesuai dengan usia dan tumbuh kembangnya.

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya mengalami hambatan baik dalam pertumbuhan fisik, maupun kecerdasannya. Kesemuanya itu harus didukung dengan asupan gizi yang baik dan seimbang sejak dalam kandungan yang dikenal juga dengan 1000 hari pertama kehidupan.

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain

“Kesadaran dan pengetahuan akan pentingnya pemenuhan kebutuhan nutrisi di masa emas pertumbuhan, perlu dipahami oleh para orang tua untuk mendukung potensi terbaik anak-anak sejak usia dini. Salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh dan otak adalah susu yang salah satunya mengandung asam amino yang baik untuk kecerdasan,” jelas ibu Felicia Julian, Marketing Director Frisian Flag Indonesia.

Selaras dengan pernyataan ibu Felicia, begitu pula dengan Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K), seorang Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak yang mengatakan bahwa pemenuhan gizi anak di masa emas merupakan masa krusial yang berlangsung singkat dan pendek, dan tidak akan terulang lagi.

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain
Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K) – Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak.

Asam amino yang berasal dari protein hewani membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan kecerdasan anak. Komposisi pemenuhan gizi pada anak di usia emas tentu berbeda dengan pemenuhan gizi orang dewasa. Oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus aware akan hal tersebut dan dapat memenuhi asupan gizi si kecil.

Banyak kendala yang akan dihadapi di masa dewasa si anak ketika di masa usia emasnya tidak tercukupi kebutuhan gizinya terutama asam amino. Otaklah yang pertama kali menjadi korban ketika asupan gizi kurang.

Ketika si kecil melewati masa ASI eksklusifnya, sudah seharusnya mendapatkan makanan tambahan berupa MPASI yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein hewani. Karena ketiga jenis itulah yang ada di ASI, dan ketika ASI sudah tidak mencukupi lagi maka makanan tambahan harus diberikan kepada si kecil untuk memenuhi asupan gizi seimbangnya.

Protein hewani memegang peranan penting, karena disanalah terdapat asam amino esensial lengkap yang berperan membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak. Asam amino banyak bersumber pada protein hewani, diantaranya terdapat pada susu, telur, ikan, dan daging (baik ayam maupun sapi).

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain
Peluncuran FF Junio

Salah satu sumber asam amino yaitu susu sapi dimana di dalam produk susu terdapat asam amino esensial yang berguna untuk tumbuh kembang si kecil. Apalagi bila ditambah dengan vitamin, mineral serta omega 3 dan omega 6, tentunya memberikan tambahan asupan bergizi untuk si kecil.

Seperti yang terdapat pada produk susu siap minum Frisian Flag Junio yang diperkaya dengan Nutribrain. Frisian Flag Junio membantu para orang tua menghadirkan asupan nutrisi dengan kandungan asam amino esensial yang hadir dengan 4 varian rasa (plain,coklat, strawberry dan pisang) dan siap minum.

Karena pertumbuhan fisik harus sejalan dengan pertumbuhan kognitif anak. Rasa ingin tahu dan minat anak menjadi salah satu ciri anak yang ingin bereksplorasi. Rasa inilah yang harus didukung  dengan memberikan respon antusias pada anak, hingga si kecil semangat untuk mencari tahu dan mengeksplorasi banyak hal.

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain
Felicia Julian-Marketing Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro-Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, dan Kantiana Taslim-Psikolog Klinis Anak.

Frisian Flag Indonesia berkomitmen mendukung pertumbuhan, aktivitas harian dan proses eksplorasi anak melalui visi Nourishing by Nature dengan ketersediaan gizi berkualitas bagi keluarga Indonesia, anak-anak khususnya, imbuh bapak Andrew F. Saputro selaku Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia.

Kehadiran ibu Kantiana Taslim, Psikolog Klinis Anak pada acara peluncuran produk Frisin Flag Junio hari Kamis (24/10) ini makin menguatkan pentingnya asupan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembang dan kecerdasan si kecil. Acara yang dilangsungkan di Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba yang diikuti oleh siswa-siswi TK di Jakarta dan sekitarnya.

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain
Gerakan minum susu bersama

Namun demikian, menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua di generasi sekarang dengan perbedaan generasi yang ada. Generasi sekarang yang lahir di era globalisasi (generasi Alpha) membuat mereka dihadapkan pada beragam minat. Pendekatan pada mereka pun tentu perlu dilakukan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Berikut langkah-langkah orang tua dalam memaksimalkan minat dan potensi si kecil sebagai generasi Alpha, yaitu:

  • Penuhi kebutuhan nutrisi harian, khususnya yang berperan dalam pembentukan otak anak
  • Berikan stimulus melalui berbagai macam aktivitas, tapi jangan sampai memaksakan minat orang ua pada anak. Biarkan anak berproses menemukan minatnya sendiri.
  • Ajarkan optimisme dengan menstimulasi dan mendorong anak untuk terus mencoba.
  • Berikan apresiasi terhadap usaha anak untuk meningkatkan motivasi, tanpa melakukan penilaian atau judgement.

Yuk bantu si kecil mewujudkan impian dan cita-citanya sesuai dengan minat dan kemampuannya dengan nutrisi dan stimulasi.

Yuk Dukung Minat dan Bakat Terbaik si Kecil dengan Nutribrain
Blogger Momblogger Community mendukung ragam minat generasi Alpha.

 

 

 

Leave a Reply