Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga

Di tengah pandemi sekarang ini, imun tubuh yang kuat sangat dibutuhkan. Sebagai ibu yang berkewajiban menjaga dan memperhatikan kesehatan anak-anak dan keluarga dituntut untuk pandai dalam memilih apa yang dikonsumsi yang dapat menjaga dan menaikkan imun tubuh. Ada banyak bahan alami yang dapat kita konsumsi untuk menjaga imunitas tubuh, salah satunya yang mengandung imunomodulator. Apa sih imunomodulator itu?

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga.

Pas banget nih saya mendapat kesempatan untuk mengikuti webinar yang diselenggarakan Imugard salah satu produsen multivitamin yang berfungsi menjaga imun tubuh. Webinar dengan tema “Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga” dengan narasumber dr. Inggrid Tania M.Si, selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dan Apt. Agie Avionico Gaudart, S.Farm, selaku Brand Manager Imugard ini diadakan pada Senin (22/3) yang berlangsung selama hampir 2 jam.

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga
Webinar bersama Imugard.

Imunomodulator sebagai salah satu bahan yang meningkatkan imunitas tubuh

Sistem imun atau kekebalan dalam tubuh kita berguna untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri. Berbagai macam patogen yang berasal dari luar tubuh seperti bakteri, virus, jamur, parasit yang masuk ke dalam tubuh dan berkembang menjadi penyakit. Hal tersebut dapat diatasi apabila imun tubuh kita kuat. Namun akan berakibat kematian apabila terlambat diatasi.

Makanya waktu saya teridentifikasi positif virus Covid-19, pada saat itu daya tahan tubuh saya dalam keadaan tidak bagus hingga virus Covid-19 yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat ditangkal.

Baca juga : Pengalaman Isolasi Mandiri di Rumah Ketika Terkonfirmasi Positif Covid-19

Respon tubuh dalam menghadapi patogen yang berupa virus dalam tubuh kita memang berbeda-beda. Kalau yang saya alami, gejala yang ada berupa demam dan tidak dapat mencium bebauan. Ternyata pada saat itu tubuh saya memberikan tanda atau alarm bahwa ada virus yang masuk.

Disinilah peran imunomodulator yang dapat mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif diperlukan dan akhirnya akan mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu, jelas dr.Inggrid. Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif sehingga mengembalikan sistem imun yang terganggu.

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga
Tanaman herbal yang mengandung imunomodulator.

Ada beberapa tanaman herbal yang mengandung imunomodulator yang dapat meningkatkan kerja komponen sistem imun seperti ginseng, safron, meniran, jinten hitam, kunyit, sambiloto, bawang putih, kelor, jahe, pegagan, temulawak, dan masih banyak lagi.

Tanaman herbal seperti disebut diatas memang dapat dikonsumsi sebagai salah satu imunostimulasi bagi tubuh. Namun demi kepraktisannya kini dibuat dan dikemas sedemikian rupa yang membuat kita mudah untuk mengkonsumsinya, seperti pada produk Imugard.

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga
Imugard, produk herbal yang mengandung imunomodulator.

Imugard, produk herbal yang membantu meningkatkan imunitas tubuh

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga
Imugard dengan 3 in 1 herbal formula.

Imugard yang merupakan merk dagang produksi Deltomed Laboratories ini merupakan produk herbal yang diproduksi sebagai suplemen peningkat daya tahan tubuh dengan formula 3 in 1. Bahan herbal yang terkandung dalam Imugard yaitu:

1.Meniran atau Phyllantus niruri yang bersifat imunostimulasi yang mempercepat penyembuhan. Dalam pemakaian jangka panjang juga man untuk dikonsumsi.

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga
(foto sumber: instagram Imugard)

2.Daun kelor atau Moringa oliefera kaya akan nutrisi dan berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun kelor juga banyak mengandung calcium sehingga dapat mencegah osteoporosis, selain itu juga berfungsi sebagai antivirus, antioksidan dan antiinflamasi.

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga
(foto sumber: instagram Imugard)

3.Kunyit atau Curcuma domestica, selain sebagai antioksidan dan antiinflamasi, kunyit juga meningkatkan efek fungsi utama dari sel T, sel natural killer dan makrofag.

Dalam penjelasannya, Agie mengatakan pengolahan ketiga bahan herbal tersebut dalam Imugard melalui proses Good Manufacturing Practices (GMP) dan juga Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) serta tersertifikasi halal dari MUI, jadi lebih tenang dalam mengkonsumsinya.

Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga

Imugard yang dikemas dalam kemasan box berisi 3 blister @10 kaplet ini aman dikonsumsi oleh anak-anak mulai usia 12 tahun, orang dewasa dan juga lansia, 1 kaplet perhari atau apabila kondisi tubuh sedang drop dapat mengkonsumsi sebanyak 2 kaplet perhari. Dalam pemakaian jangka lama, Imugard ini termasuk aman asalkan tidak terlalu lama, misalnya selama 6 bulan berturut-turut. Konsumsi Imugard ketika tubuh-tubuh benar-benar membutuhkan tambahan asupan multivitamin. Untuk harga Imugard sendiri berkisar antara Rp30.000-35.000 dan tersedia di toko obat, apotek, dan juga ecommerce.

Banyak tanaman herbal Indonesia yang punya peranan sebagai imunomodulator yang dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal. Namun demikian tetap utamakan pertimbangan keamanan pemakaiannya. Selain mengkonsumsi multivitamin sebagai upaya meningkatkan imun tubuh, tetap jangan lupa menjaga kebersihan dan patuhi protokol kesehatan 5M di masa pandemi ini dan semoga kita semua terhindar dari segala penyakit.

 

 

 

4 Replies to “Yuk Jadi Ibu Sigap Jaga Imun Tubuh Keluarga”

  1. Wah, aku baru tau nih merk imugard. Bahan-bahannya dari herbal ya? Harganya terjangkau lagi, boleh nih coba konsumsi ini.

  2. Warbiyasah yaa….kaya nya bumi Indonesia….banyak tanaman berkhasiat yg mudah didapatkan. Lebih dimanjakan lagi dengan kepraktisan adanya Imugard. Semoga kita semua sehat selalu…aamiin…

  3. Selama pandemi aku juga ga pernah absen Ama suplemen mba. Apalagi sempet kena juga awal2 covid melanda.

    Makanya suplemen skr jd belanjaan rutin utk semua anggota keluargaku termasuk asisten2 ku wajibkan minum juga.

    Aku blm coba yg imugard ini. Bulan ini udh telanjur beli suplemen. Jd ntr bulan depan aku mau cobain imugard deh 🙂

  4. kelor memang manfaatnya banyak ya, aku rutin nih minum teh kelor

Leave a Reply