Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukatif yang Mendukung Literasi Gizi pada Anak

Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukatif yang Mendukung Literasi Gizi pada Anak

Kebiasaan minum susu merupakan salah satu kebiasaan baik untuk membantu asupan gizi seimbang si kecil. Gizi seimbang tentu diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

Selain gizi seimbang, orang tua juga dituntut agar dapat memberikan contoh dan pembelajaran gaya hidup sehat sejak dini. Misalnya saja dengan memberikan tontonan yang edukatif dan bermanfaat.

Sah-sah aja kok memberikan tontonan kartun pada anak-anak asalkan sesuai dengan batasan umurnya dan juga pesan yang disampaikan dari tayangan tersebut.

Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukatif yang Mendukung Literasi Gizi pada Anak
Peluncuran karakter Zuzhu Zazha

Hal tersebut juga dilakukan oleh Frisian Flag yang konsisten menghadirkan inovasi melalui rangkaian produk susu yang berkualitas dan terjangkau. Inovasi yang dihadirkan antara lain dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi yang saat ini lekat dengan anak.

Hadirnya duo karakter Zuzhu dan Zazha tidak hanya berupa tokoh dalam susu kemasan, namun juga dalam format cerita bergambar dan seri film pendek.

“Diharapkan dengan hadirnya sosok Zuzhu dan Zazha yang membawa pesan budi pekerti yang baik dan pola hidup sehat dapat lekat dalam ingatan anak-anak dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, papar Aliah Shalihah selaku Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia.

Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukatif yang Mendukung Literasi Gizi pada Anak
Narasumber dalam peluncuran karakter Zuzhu Zazha

Menambahi harapan Aliah Shalihah, Psikolog Putu Andani, M.Psi mengatakan bahwa ketika anak memasuki middle childhood (antara usia 6-12tahun), faktor pembentukan karakter anak semakin meluas.

Bukan hanya dibawah pengaruh orang tua saja, tapi juga konten dan hiburan yang dikonsumsinya. Oleh sebab itu diperlukan pemberian konten yang positif pada anak yang tentunya dibawah pengawasan dan bimbingan orang tua.

Konten positif yang dikonsumsi anak pun sebagai orang tua kita harus tahu alur ceritanya. Jangan asal melihat tokoh karakternya saja. Lebih bagus lagi apabila terjadi diskusi sehubungan tokoh dari konten yang ditonton oleh anak-anak.

Sebagai orang tua yang cerdas dan peduli akan tumbuh kembang si kecil, berikut tips dan anjuran Putu Andani agar dapat mendampingi anak dalam menikmati konten animasi, yaitu:

  1. Pastikan e-comic dan film animasi sesuai dengan usia anak
  2. Cari tahu dan cermati terlebih dulu gambaran singkat mengenai kisah dan karakter tokohnya
  3. Fokus dan arahkan anak saat membaca e-comic dan menonton film animasi
  4. Ajak anak berdiskusi setelah membaca e-comic dan menonton animasi

Pada peluncuran karakter Zuzhu dan Zazha ini juga hadir Bambang Gunawan Santoso, seorang animator Indonesia. Beliau mengatakan bahwa secara visual, anak-anak lebih menyukai konten yang berwarna-warni ceria. Juga sosok animasi yang didalamnya kita dapat menyisipkan pesan-pesan baik.

Narasumber dalam peluncuran karakter Zuzhu Zazha
Zuzhu Zazha dalam kemasan susu cair Frisian Flag

Dalam mendukung pendistribusian susu cair kemasan Frisian Flag dengan karakter Zuzhu Zazha ini, Frisian Flag menggandeng Alfamart.

Seperti yang kita ketahui gerai Alfamart mudah ditemui di lingkungan tempat tinggal kita. Dalam kemasan mungil yang siap minum dan pas dengan kebutuhan si kecil, susu cair Frisian Flag membantu para orang tua dalam memberikan asupan bergizi pada anaknya.

Zuzhu dan Zazha, Tokoh Animasi Edukatif yang Mendukung Literasi Gizi pada Anak
Komik Zuzhu dan Zazha

Karakter Zuzhu dan Zazha yang terdapat dalam kemasan susu Frisian Flag ini juga dapat dinikmati berupa e-comic yang dapat diakses di www.frisianflag.com/komikzuzhu.

Leave a Reply