4 Pilihan Kampus yang Membuka Program S2 Teknik Lingkungan

4 pilihan kampus S2

Jurusan teknik lingkungan merupakan program studi yang fokus mengkaji dampak dari kerusakan lingkungan. Kemudian mencari solusi untuk menangani permasalahan lingkungan seperti pencemaran air, polusi udara, hingga masalah limbah. Anda bisa mengajukan pinjaman bunga rendah, untuk melanjutkan studi magister teknik lingkungan di luar negeri.

4 pilihan kampus S2
(dok: pexels)

Supaya Anda bisa belajar langsung, dari negara-negara maju yang sudah berhasil menerapkan teknologi untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Anda akan memperoleh pengalaman dan pemahaman yang lebih mendalam. Serta mendapatkan prospek karir yang lebih menjanjikan

4 Pilihan Kampus yang Membuka Program Studi S2 Teknik Lingkungan

Ketika mencari universitas di luar negeri, pastikan Anda mencari tahu secara lengkap informasi terkait kampus. Mulai dari program dan kurikulum, jumlah tuition, tahapan penerimaan, dan profil universitas.

Sebagai bahan pertimbangan berikut ini 4 pilihan kampus yang membuka program studi S2 teknik lingkungan, yang bisa Anda pilih:

1.The George Washington University, Amerika Serikat

Pertama ada kampus dari negeri paman Sam, George Washington University, School of Engineering & Applied Science. Di kampus ini Anda akan lebih fokus belajar tentang wastewater management.

Selain belajar di dalam kampus, mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan belajar di salah satu pabrik pengolah air limbah terbesar di dunia. Biaya kuliahnya yaitu sebesar $1,995 / kredit, sedangkan jumlah kredit ada, 30 dengan tesis dan 33 tanpa tesis. Berarti biaya kuliah di universitas ini bisa mencapai $64,515 atau sekitar Rp1 miliar.

2.University of Plymouth, Inggris

Selama di Universitas Plymouth, Anda akan lebih fokus belajar mengenai karakterisasi tanah dan batuan, serta melakukan assessment terkait pencemaran lingkungan.

Kampus ini membuat program yang menggabungkan ilmu teknik geologi dan lingkungan, untuk memberikan landasan kuat bagi mahasiswanya. Biaya kuliahnya berkisar £16,700 atau sekitar Rp311 juta, dengan masa studi satu tahun.

3.University of Oulu, Finlandia

Bila Anda ingin melanjutkan studi di Finlandia, maka Universitas Oulu bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Program magister teknik lingkungan di kampus ini menyediakan beberapa pilihan fokus studi.

Diantaranya ada teknik lingkungan industrial, sistem energi berkelanjutan, serta hidrologi dan manajemen air. Biaya kuliah untuk mahasiswa internasional yaitu ada di kisaran € 10,000 per tahun dengan lama studi 2 tahun. Berarti Anda perlu menyiapkan dana pendidikan sebanyak Rp328 juta.

4.Oxford Brookes University, Inggris

Anda bisa melanjutkan magister teknik lingkungan di pusat pendidikan terkenal di dunia, yang kaya akan sejarah sejak ratusan tahun. Selama di kampus Oxford Brookes, Anda akan belajar bagaimana merancang solusi yang inovatif untuk masalah lingkungan dan kehidupan yang berkelanjutan.

Program pembelajaran yang disiapkan, mengikuti perkembangan terbaru. Mahasiswa juga akan belajar langsung dari para praktisi profesional. Biaya kuliah di kampus ini yaitu sebesar £15,900 per tahun atau sekitar Rp296 juta. Dengan lama studi bisa 1 hingga 2 tahun.

Temukan kampus impian Anda dan persiapkan dana pendidikan mulai dari sekarang. Anda bisa mengajukan pinjaman online dengan bunga rendah, untuk membayar biaya kuliah hingga selesai. Sehingga Anda bisa lebih fokus mempersiapkan persyaratan yang lain dan tes masuk universitas.

4 pilihan kampus S2
(dok: pexels)

Prospek Karir Teknik Lingkungan ke Depannya

Jurusan teknik lingkungan, mempunyai peluang karir yang cemerlang. Anda dapat berkarir di sektor public dan swasta, atau menjadi akademisi. Berikut ini prospek karir bagi lulusan teknik lingkungan:

-Konsultan Lingkungan

Konsultan lingkungan bertugas mengidentifikasi permasalahan lingkungan seperti kontaminasi pada air, udara dan tanah. Pengelolaan limbah, dampak lingkungan, dan juga mengkaji peluang energi terbarukan. Anda dapat bekerja untuk perusahaan, pemerintah, atau membuka layanan jasa konsultasi sendiri.

-Environmental Manager

Tanggung jawab dari environmental manager adalah mengawasi performa lingkungan dari perusahaan ataupun organisasi. Termasuk memastikan aspek yang berhubungan dengan isu lingkungan berjalan dengan baik. Seperti proses pengelolaan limbah, kesehatan lingkungan, dan daur ulang.

-Water Project Manager

Water project manager lebih fokus pada pengelolaan air bersih, manajemen risiko banjir, dan pengelolaan limbah air. Manajer harus memastikan air tidak tercemar sebelum disalurkan atau dikembalikan lagi kea lam setelah digunakan.

-Petugas konservasi Lingkungan

Jika Anda tertarik dengan isu lingkungan, maka pekerjaan di tempat konservasi bisa menjadi pilihan terbaik. Sebagai petugas konservasi, Anda akan fokus meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Selain empat profesi di atas Anda juga dapat menggeluti pekerjaan sebagai dosen di universitas. Selain itu Anda pun bisa berkecimpung di dunia daur ulang limbah yang perannya banyak dibutuhkan saat ini.

Persiapkan Biaya Studi dengan Pinjaman Bunga Rendah DBS KTA

Setelah menemukan kampus terbaik, segera persiapkan dana pendidikan untuk studi ke luar negeri dari sekarang. Anda dapat mengajukan pinjaman dengan bunga yang rendah dari DBS KTA.

DBS KTA menawarkan berbagai keuntungan seperti, jumlah pinjaman hingga Rp300 juta. Anda bisa mengatur tenor hingga 3 tahun dan mendapatkan bunga pinjaman yang flat mulai dari 0,88%. Cukup persiapkan e-KTP dan NPWP, lalu ikut langkah-langkah mendaftar dan pengajuan di laman berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page

Pengajuan pinjaman akan di-approve dalam waktu 3-5 hari kerja. Namun sebelum apply, pastikan Anda berdomisili di Jabodetabek, memiliki penghasilan minimal Rp5 juta per bulan, dan mempunyai kartu kredit di bank lain dengan limit Rp10 juta. Ajukan pinjaman bunga rendah DBS KTA dari sekarang dan segera daftar ke universitas impian Anda.

Leave a Reply