5 Tempat Wisata di Sekitar Cimahi yang Sayang dilewatkan

Objek wisata seputar Cimahi

Berkunjung ke kota Bandung, nggak lengkap rasanya kalo nggak mampir ke kota Cimahi. Banyak tempat wisata di sekitar Cimahi yang sayang untuk dilewatkan yang nggak kalah menarik dengan tempat wisata di kota Bandung dan sekitarnya. Apalagi kalau berwisata dengan mengajak keluarga, banyak tempat wisata yang family friendly.

Buat saya pribadi, kalau ada kesempatan berkunjung ke suatu daerah dan memiliki waktu yang terbatas, saya usahakan untuk mengunjungi tempat wisata terdekat. Sebut saja alun-alun kota, yang biasanya selain tidak membutuhkan biaya untuk membayar tiket masuk, juga tempatnya luas dan berdekatan dengan tempat ibadah dan kuliner.

Selain mengunjungi tempat wisata, saya juga berencana untuk melihat salah satu perumahan di Kenari Kebonkopi Alamasri yang berlokasi di Rancabentang, Kebonkopi, Cimahi. Jadi sambil melakukan kunjungan lokasi bisa sekalian menyinggahi beberapa tempat wisata di sekitaran Cimahi. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui deh, ya nggak?

Berikut 5 pilihan tempat wisata di sekitaran Cimahi yang menjadi wish list saya bersama anak-anak.

1.Alun-alun Cimahi

Setiap kota biasanya memiliki alun-alun sebagai ruang publik di pusat pemerintahan. Ciri khas alun-alun itu juga biasanya dekat dengan tempat ibadah, pusat perbelanjaan, penginapan dan pusat pemerintahan.

Objek wisata seputar Cimahi
Alun-alun Cimahi (pic by: brisik.id)

Begitu juga dengan alun-alun kota Cimahi ini yang lokasinya berada di tengah kota ini menjadi salah satu tempat wisata favorit warga Cimahi dan sekitarnya yang murah meriah. Suasananya yang asri dengan hijau pepohonan membuat warga betah untuk beraktivitas di alun-alun kota Cimahi ini.

2.Mesjid Agung Kota Cimahi

Masjid Agung Cimahi ini lokasinya berdampingan dengan alun-alun kota Cimahi, tepatnya di Jalan Kaum No.1, Cimahi Tengah. Masjid Agung Cimahi merupakan jenis masjid besar yang dibangun pada tahun 1962 dimana bangunan pertama didirikan pada tahun 1817 dan memiliki luas tanah 1.800m2 dan luas bangunan 6.120m2 yang berstatus sebagai tanah wakaf.

Objek wisata seputar Cimahi
Masjid Agung Cimahi (pic by: cimahi.go.id)

Fasilitas yang dimiliki Masjid Agung Cimahi termasuk lengkap, selain ruang untuk shalat dan tempat wudhu juga terdapat aula, sekretariat, gedung dakwah, perpustakaan, ruang perkantoran, juga ruang belajar TKA/TPA dan RA. Jamaah yang dapat ditampung di Masjid Agung Cimahi ini sebanyak 5000 jamaah. Bangunan masjid yang sekarang masih menampilkan kesan masjid tradisional Indonesia dengan atap tumpang bersusun tiga. Salah satu yang menarik dari arsitektur masjid adalah ruang utamanya yang terhampar tampa tiang tengah berkat struktur atap yang kokoh. Atapnya ditopang oleh susunan batang baja sehingga menjadi rangkaian rangka atap yang solid dan unik.

3.Kampung Adat Cirendeu

Indonesia yang beraneka ragam daerah dan kebudayaan memiliki keunikan tersendiri. Begitu juga dengan kampung adat di wilayah masing-masing. Salah satu kampung adat yang ada di Jawa Barat yaitu kampung adat Cirendeu yang bertempat di sebuah lembah di antara Gunung Kunci, Gunung Cimenteng, dan Gunung Gajahlangu.

Objek wisata seputar Cimahi
Kampung adat Cirendeu, Cimahi (pic by: Dede Diaz-Genpi JaBar)

Masuk dalam wilayah kelurahan Leuwigajah, kecamatan Cimahi Selatan, kota Cimahi, kampung adat Cireundeu ini asal namanya dari nama pohon Rendeu yang berkhasiat sebagai tanaman herbal. Uniknya lagi warga kampung adat Cirendeu ini masih meyakini kepercayaan Sunda Wiwitan yang merupakan kepercayaan sejak dari jaman nenek moyang mereka dahulu.

Seperti kampung adat lainnya yang ada di belahan lain wilayah Indonesia, kampung adat Cirendeu memiliki semangat gotong royong dan toleransi yang tinggi.

4.Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi

Setiap berkunjung ke suatu daerah, sayang rasanya kalau tidak mengunjungi objek wisata air. Di Cimahi ternyata ada Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi yang cukup populer. Selain air terjun yang deras dari ketinggian 75m, pemandangan alam sekitar air terjun juga cukup eksotis dan mempesona. Untuk tiket masuk dikenakan harga Rp15.000/orang belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Curug Pelangi Cimahi ini dibuka untuk umum sejak 1992, dan terus mengalami peningkatan pembenahan objek wisata sehubungan dengan peningkatan wisatawan yang mengunjungi Curug Pelangi Cimahi ini. Di sekitar air terjun ini juga banyak dihuni monyet-monyet dan menjadi kawasan mereka. Uniknya dari Curug Pelangi Cimahi ini yaitu airnya akan nampak berwarna-warni ketika di malam hari dengan adanya lampu-lampu yang dipasang yang menyorot dari belakang air terjun hingga menampilkan seperti cahaya pelangi.

5.Stasiun Cimahi

Berkunjung ke Bandung, biasanya saya menggunakan transportasi kereta api dan melewati stasiun Cimahi. Nah stasiun Cimahi menjadi salah satu travel list saya. Stasiun Cimahi yang dibangun pada tahun 1884 ini awalnya ditujukan untuk kepentingan militer. Di dekat Stasiun Cimahi terdapat RS TNI AD Dustira yang berlokasi di Jalan Stasiun, Kota Cimahi. Letaknya juga berdekatan dengan Gereja Katolik Santo Ignatius dan SMP Negeri 2 Cimahi.

Objek wisata seputar Cimahi
Stasiun Cimahi (pic by: wikipediaid)

Stasiun Cimahi menjadi persinggahan kereta api Lokal Bandung Raya, kereta api Patas Bandung Raya, kereta api Lokal Cibatu, dan kereta api Argo Parahyangan namun hanya di jam-jam tertentu saja.

So..dari ke 5 tempat wisata di sekitar Cimahi ini, mana nih yang sudah kalian kunjungi? Yuk share di kolom komen ya.

 

 

11 Replies to “5 Tempat Wisata di Sekitar Cimahi yang Sayang dilewatkan”

  1. Aku belum.pernah ke cimahi sih mba.. iconic banget setiap stasiun di daerah jawa .. ini kelihatan banget kunonya..

    Next mau banget explore ke Cimahi banyak Juga tmpt wisata yg menarik

  2. Belum pernah coba le cimahi sih mba.. paling di Suka tuh bangunannya stasiun selalu iconic bnagungan lama yg brsejarah

    Next kepingin banget explore cimahi banyak tempat wisata menarik ternyata

  3. Salah satu wilayah Jawa Barat ini kerap dijuluki Kota Hijau, karena nuansa yg masih cukup asri. Dan destinasi polpuler yg kerap dikunjungi wisatawan adalah curug cimahi atau dikenal curug pelangi tapi naik turun tangganya cukup lumayan

  4. Wah di Cimahi rupanya banyak tempat menarik. Alun-alunnya lagi sepi ya mungkin karena masa pandemi. Aku jadi tertarik ke desa adatnya sama ke air terjunnya. Salam hangat ka Hida. @depus

  5. Kampung adat cirendeu nih kayaknya buat aku. Oh ini kampung kecamatannya cimahi ya. Maklum aku ya familiar daerah cirendeu dekat cinere Jakarta selatan ini.

  6. Dennise Sihombing says: Reply

    Mbak kampung adat Cirendeu ini diperuntukkan wisatakah? Ada kegiatan apa saja didalamnya. Btw penasaran nih aku dengan Air Terjun Pelangi disana banyak monyet-monyet juga ya. Beberapa kali di tempat wisata ketemu monyet tetapi karena tidak ada pawangnya jadi susah tidak mau diajak foto,hiks

  7. Cimahi memang destinasi yang nyaman untuk dikunjungi ya Hida. Aku suka banget ke daerah seputar Bandung tapi malah menghindari kota wisata seperti Lembang malahan hahahaha …
    ..
    aku takut keramaian soalnya, bukan karena phobia tapi… Takut kamar mandinya terbatas dan kotor ( alesan apaan tuh)

    Semoga bisa mampir Cimahi one day

  8. Sama, mbak, kalau ke kota di Jawa ku suka cari alun-alun dan masjid jami’ atau masjid agungnya. Itu seperti jadi icon kota yang sayang dilewatkan. Btw, aku belum pernah ke Cimahi. Kayaknya kalau ke sana mau juga mampir ke teman blogger di Cimahi.

  9. Saat mampir ke kota di Jawa akupun suka cari alun-alun dan masjid agung/masjid jami’ karena itu biasanya jadi icon kota tersebut. Sayang dilewatkan. Plus wisata kuliner dong.

  10. Wah seru yaaa wisata di sekitar Cimahi, Bandung memang juara kulinernya juga mbaaa, asli bikin ngiler pengen nyobain semuanya rasanya sambil berkunjung ke spot-spot wisata seru di Cimahi

  11. Tempat wisatanya buat pengen dikunjungi nih, belum pernah jalan-jalan sampai Cimahi. Rekomendasi tempat wisatanya menarik banget terutama ke kampung adatnya yang dari namanya pun sudah memiliki arti yang unik.

Leave a Reply