5 Tips Berbelanja Aman di Promo Belanja Online

5 Tips belanja di promo belanja online

Shopping online atau berbelanja di dunia maya kini kian marak kita temui. Keberadaan aneka merchant di portal belanja online dan berbondong-bondong mengeluarkan jurus promo belanja online mampu membius para pembeli.

Namun sebagai pembaca dan pembeli cerdas, tentunya kita tidak semata-mata tergiur oleh promo belanja online saja. Kita juga harus melihat dan mengetahui track record portal belanja online dan juga merchant atau pedagang yang memberikan harga promo tersebut.

5 Tips belanja di promo belanja online
Pic by : Pixabay

Saya juga termasuk yang menyukai berbelanja online, apalagi kalo lihat ada promo belanja online. Wahh rasanya bisa berjam-jam melototin laptop untuk melihat-lihat barang-barang apa saja yang sedang promo.

Namun demikian, Saya selalu berusaha untuk realistis. Barang yang Saya beli melalui portal belanja online adalah barang yang benar-benar Saya butuhkan. Bukan sekedar karena Saya kepengen, tertarik dengan barangnya atau bahkan karena barangnya yang lagi diskon gede-gedean.

5 Tips belanja di promo belanja online

    Promo belanja online

Untuk menghindari belanja online yang berlebihan, Saya ada tipsnya nih. Yah paling tidak, bisa meminimalisir barang apa aja yang akan kita beli dan benar-benar sesuai dengan yang kita butuhkan. Ini dia tips ala Saya, ya :

1.Bedakan mana kebutuhan dan keinginan serta buat anggaran.

Biasanya nih Saya membuat coretan-coretan daftar barang apa yang sedang saya butuhkan. Daftar barang-barang ini sekaligus menjadi pengingat ketika Saya asyik browsing aneka barang. Seringnya kan kita lupa ya, main masuk-masukin aja ke troli barang-barang yang keliatannya bagus dan menarik.

Selain itu juga Saya juga membatasi budget Saya ketika hendak berbelanja online. Karena biasanya kalo lagi ada promo belanja online, harga-harganya mampu membius pembeli untuk memborong semua barang yang sedang promo.

Nah oleh sebab itu Saya selalu membuat anggarannya berapa rupiah yang akan Saya keluarkan untuk berbelanja online saat itu.

2. Pastikan apakah sudah memiliki barang yang akan kita incar di promo belanja online.

Kalau sudah membuat daftar barang yang akan kita beli dan juga anggarannya, biasanya Saya sudah memastikan nih bahwa barang yang Saya beli nanti itu memang barang yang belum saya punya dan tentunya Saya butuhkan.

Hal ini untuk membantu Saya untuk mengingatkan bahwa barang yang akan Saya beli itu sudah ada atau tidak dirumah. Kalau belum punya dan memang dibutuhkan, maka akan Saya cari sesuai dengan anggaran yang sudah Saya buat sebelumnya.

3. Selektif menentukan e-commerce dan merchant tempat kita berbelanja.

Jangan sampai karena kita terpengaruh harga promo dan barang yang kita lihat, maka kita tidak selektif. Berhati-hati dalam memilih e-commerce sebagai tempat kita berbelanja online itu perlu sekali. Agar kita terhindar dari penipuan di dunia maya.

Karena dengan menjamurnya portal belanja online sekarang ini tentu akan membuat orang yang tidak biasa berbelanja online akan bingung mau berbelanja dimana. Lakukan perbandingan antara satu e-commerce dengan e-commerce lain dan merchant yang satu dengan merchant yang lain.

4. Pastikan berbelanja di merchant yang aman dan terpercaya.

Siapa bilang penipuan dengan kedok belanja tidak ditemukan di belanja online. Oknum yang tidak bertanggung jawab juga ada di portal belanja online. Agar kita tidak terjebak dengan e-commerce dan merchant abal-abal, sebaiknya kita telusuri track record mereka.

Bagaimana caranya? Biasanya toko/merchant yang sudah terpercaya akan menampilkan ulasan dari pelanggannya. Ulasan baik itu yang negatif dan postif akan terpampang di toko online mereka. Nah dari situlah kita dapat melihat kredibilitas merchant mereka.

Bahkan mungkin juga akan ada tanda trusted seller atau star seller seperti di ShopeeΒ dari para pembeli yang puas dengan pelayanan dan barang yang mereka beli.

5. Pertimbangkan ongkos kirim.

Seperti yang kita ketahui, kalau berbelanja promo online biasanya pembeli akan dikenakan biaya ongkos kirim. Disini kita juga harus jeli melihat harga ongkos kirim yang tanggung apakah sudah termasuk dalam harga barang yang kita beli atau tidak. Dan juga harus kita perhatikan jasa pengiriman barang yang akan mengantar barang yang kita beli.

5 Tips belanja di promo belanja online
Gratis ongkir, siapa yang gak mau πŸ˜‰

Baca juga :Β Paxel Jasa Pengiriman Barang Same Day dengan Flat Rate

Karena bagaimanapun kalau kita berbelanja online, tentu barang akan dikirim dan kita dikenakan ongkos kirimnya. Nah disini kita dituntut untuk cermat melihat apakah barang yang kita beli akan diantar oleh jasa ekspedisi yang juga terpercaya.

Nah, demikian tips belanja promo belanja online ala Saya. Dari kelima tips belanja online diatas, kendala apa sih yang biasanya kalian temui? Yuk ceritakan pengalaman kalian di kolom komen ya.

 

 

 

 

20 Replies to “5 Tips Berbelanja Aman di Promo Belanja Online”

  1. satu lagi kak tips belanja aman dari promo online…. singkirkan HP jauh2 dari jangkauan kita di awal bulan. Udah gitu ajah. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜

  2. Duuuh memang ya godaan belanja online itu adaaa aja
    Kalau gak pinter-pinter nahan diri, bisa bobol kantong nih
    Eh itu tawaran gratis ongkir dari Shopee menarik euy

  3. Acapkali kita sulit membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan

  4. Jujur nih mba, meski aku gila banget sama belanja, terutama belanja online, tapi akutu termasuk yang jarang, malah belum pernah ikutan promo belanja online di e-commerce ataupun online shop apapun. Hahahha.. kurang kompetitif keknya

  5. Wah makasih tipsnya mba. Kalau buatku, aku selalu mencoba interaksi dgn cs onlinenya kalau mau beli barang mahal di toko online.

  6. Saling percaya yg terkadang msh kurang percaya, selektif tuh yg sangat susah apalagi mupeng ya mb hehehe

  7. Aku udah ga tergoda sama promo belanja online mba. Alhamdulillah. Karena selalu bikin anggaran bulan, seperti tips di atas juga, bedakan kebutuhan dan keinginan. itu penting banget.

  8. tips pertama itu yang paling penting namun mudah tergoda. Aku jarang unduh aplikasi e-commerce. Di hp adanya Shopee buat intip-intip. hahaha

  9. Hihihi emak emak bngt ya suka kalap kalau belanja .jarang ikut yg acara sale karena suka bingung ga tau cara ny

  10. Nah jebakan batman tuh hahaha kalau nggak bisa bedain kebutuhan dan keinginan. Aku mau online/offline alhamdulillah biasa aja sesuai kebutuhan pun mau heboh promonya hahaha, keukeh pada kebutuhan aja

  11. Aku Juga sering bngt belanja d shopee selamat ini aman,2 Aja dah gitu bnyk promo lagi selain free ongkir tentunya

  12. Promo belanja online ini terkadang membuat kita kalap ya, padahal sudah ada tujuan utama tapi begitu buka dan ingin belanja berasa semuanya perlu dibeli.

  13. Saya yg suka pemilih bgt soal ecommerce. Biasanya sih rajin mantengin yg lagi banyak promo spesial πŸ˜€

  14. Saya jarang beli barang-barang online, dan kalo beli pun sesuai dengan kebutuhan yang diperlakukan

  15. Belanj online ada triknya biar aman ya kak

  16. Aku belanja seserahan buat nikah pas harbolnas. Lumayan diskonnya gede dan free ongkir. Promo-promo gini banyak nguntungin kalo kita pinter manfaatinnya ya πŸ˜€

  17. Yang nomor 1 itu godaan banget, kadang yang bukan kebutuhan malah langsung dibeli karena keinginan.

  18. Saya suka belanja di Shopee karena ada gratis ongkir. Produknya juga bagus-bagus. Paling sering belanja kosmetik

  19. Belanja kalau nggak di merchant terpercaya memang nggak nyaman, bawaannya was was

  20. belanja secara online memang memudahkan hidup. Saya juga suka belanja online πŸ™‚

Leave a Reply