Adaro bersama Rumah Zakat Luncurkan Gerakan Hidupkan Hati

Kolaborasi Adaro dan Rumah Zakat hidupkan hati

Sebagai perusahaan produsen energi yang terintegrasi secara vertikal di Indonesia dengan bisnis di sektor batu bara, energi, utilitas serta infrastruktur pendukungnya, PT Adaro Energy Indonesia, Tbk di singkat Adaro juga memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility). Program tersebut berupa Adaro Nyalakan Perubahan yang terdiri atas adaro Nyalakan Ilmu, Adaro Nyalakan Sejahtera, Adaro Nyalakan Raga, Adaro Nyalakan Budaya dan Adaro Nyalakan Lestari.

Dalam pengimplementasian program CSR nya ini, Adaro menggandeng badan amal Rumah Zakat yang tahun ini berlangsung ke dua kalinya. Dalam rangka menyambut ulang tahun Adaro yang ke 31 mengadakan gerakan Hidupkan Hati dengan mendistribusikan 31.000 paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera yang berada di 7 propinsi di Indonesia yang merupakan propinsi di mana perusahaan Adaro berada.

Kolaborasi Adaro dan Rumah Zakat hidupkan hati
Ki-ka:Ibu Susanti-Dewan Pengurus YABN,Ibu Okty Damayanti-Ketua Umum YABN,Bapak Budi Bowoleksono-Dewan Pengawas YABN, Pak Irvan- CEO Rumah Zakat,Pak Adjie Sapta-Ketua YABN

Pada konperensi pers yang dilakukan pada Kamis (15/6) mengenai gerakan Hidupkan Hati ini, hadir Dewan Pengawas Adaro Bapak Budi Bowoleksono, Ibu Okty Damayanti selaku Head of CSR Adaro Energy dan Bapak Irvan Nugraha selaku CEO Rumah Zakat, bertempat di Kantor Adaro di Gedung Cyber 2, Jakarta.

Gerakan Adaro Hidupkan Hati libatkan generasi muda

Gerakan Adaro Hidupkan Hati merupakan gerakan nyata kepedulian Adaro terhadap permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Ada 2 filosofi dalam gerakan Hidupkan Hati ini yaitu menghidupkan hati para Adaro Warriors agar senantiasa bersyukur dan menghidupkan hati masyarakat penerima manfaat agar selalu memiliki harapan.

Adaro hidupkan hati

Seperti yang dipaparkan Ibu Okty bahwa gerakan Hidupkan Hati ini selain memberi bantuan kepada masyarakat pra sejahtera juga membentuk jiwa-jiwa yang bersyukur terutama generasi muda karyawan Adaro sebagai calon pemimpin di masa depan.

Implementasi gerakan Hidupkan Hati yang berkolaborasi dengan Rumah Zakat ini rencananya akan mendistribusikan paket sembako ke 156 desa di 7 propinsi. Ke 7 propinsi tersebut yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Riau, dan Sumatera Selatan yang mulai dilakukan sejak 14 Mei 2023 di desa Pangelak, kab. Tagalong dan desa Hukai, kab. Balangan dengan respon yang baik dari masyarakat setempat.

Adaro hidupkan hati
Ibu Okty, Head of CSR Adaro Energy

Pendistribusian paket sembako yang dilakukan bersama Rumah Zakat ini merupakan kali kedua yang di pekan kedua Juni ini sudah terdistribusikan sebanyak 6.939 paket sembako atau setara dengan 29% dari target yang harus selesai di bulan September 2023 ini. “Rumah Zakat merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan Adaro dalam kolaborasi gerakan Hidupkan Hati ini yang didukung oleh para relawan yang juga dari generasi muda”, imbuh Pak Irvan.

Adaro hidupkan hati
CEO Rumah Zakat, Irvan Nugraha

Adaro kembangkan budidaya ikan patin

Gerakan Hidupkan Hati Adaro bukan hanya semata mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera, tapi juga turut membantu mengembangkan potensi yang ada pada masyarakat di tempat Adaro berada seperti budidaya ikan patin. Pengembangan potensi ini sebagai upaya pembinaan kewirausahaan pada masyarakat setempat agar dapat mandiri.

Budidaya ikan patin yang berhasil dilakukan oleh para santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum di desa Bangkiling Raya, kec. Banua Lawas, kab. Tabalong, Kalimantan. Pada panen yang dilakukan, hasil budidaya ikan patin ini diolah dalam bentuk beku (frozen) yang menjadi salah satu sajian dalam paket sembako yang akan didistribusikan pada masyarakat pra sejahtera di lingkungan sekitar pesantren di kabupaten Tabalong dan Balangan.

Pembinaan kewirausahaan ini sejalan dengan Adaro Nyalakan Sejahtera yaitu program Adaro Santri Sejahtera yang telah berjalan sejak tahun 2019. Pembinaan ini juga ibarat memberikan kail kepada para santri agar mendapatkan hasil yang berkelanjutan serta membawa kesejahteraan ekonomi.

Selain program Adaro Santri Sejahtera, Adaro juga mempunyai program di bidang pendidikan seperti beasiswa bagi para siswa yang berprestasi namun terkendala ekonomi dalam melanjutkan pendidikan. Program beasiswa ini mencakup seluruh kebutuhan siswa selama menjalankan pendidikan yaitu program Indonesia Bright Future Leader (IBFL). Ada juga program capacity building bagi para guru PAUD agar dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam mendidik siswa, karena bagaimanapun negara kita akan mendapatkan bonus demografi di 2045. Dengan bonus ini diharapkan generasi muda kita nanti menjadi generasi maju yang pintar dan sanggup berkompetisi dengan negara lain.

 

 

 

One Reply to “Adaro bersama Rumah Zakat Luncurkan Gerakan Hidupkan Hati”

  1. Adaro ini gedungnya cukup menonjol di daerah Kuningan, Jakarta. Apalagi kalau malam, logo Adaro-nya terang bener.
    Dan sekarang sedang mengembangkan project Energi Baru dan Terbarukan bersama Medco. Semoga sukses…

Leave a Reply