Kelas Coding is Fun di Sekolah Coding Anak Indonesia

kelas coding untuk anak

Dunia digital kian berkembang pesat dari hari ke hari. Beragam kebutuhan kini banyak yang menggunakan teknologi digital, mulai dari sistem pembayaran, belanja, belajar bahkan juga game. Para pengguna pun tidak terbatas pada orang dewasa saja, tapi juga remaja dan anak-anak. Menjadi pekerjaan rumah buat para orang tua nih agar buah hatinya tidak terlalu addicted to gadgetnya karena keasyikan.

Perlu dicarikan solusi agar mereka dapat mengambil manfaat dari aktifitas bermain di gadget mereka. Ada banyak aktifitas dan kegiatan yang mengasyikan yang berkaitan dengan digital. Salah satunya dengan belajar coding atau pemrograman. Seperti yang kita ketahui berbagai perangkat lunak atau aplikasi itu tidak terlepas dari programmer yang mengembangkannya.

kelas coding untuk anak
Suasana kelas Coding is Fun sebelum pandemi.

Tidak ada salahnya juga bila kita terutama anak-anak diberikan kegiatan dengan diikutkan kelas coding. Apa sih coding itu? Ribet gak sih belajarnya?

Coding is Fun

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kita harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kita gunakan saat menuliskan skrip.

Sederhananya nih coding itu jadi kegiatan dimana kita memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan untuk kita. Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. Setiap kode yang kita tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kita lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang kita tuliskan.

Kelihatannya sederhana ya, tapi buat orang awam ngebayanginnya udah pusing dan ribet, hehehe. Eh tapi jangan salah, belajar coding juga bisa fun lho. Nah di Sekolah Coding Anak Indonesia yang berada di bawah Rumah Seni Kak Zulfa ini bisa jadi fun, lho.

kelas coding untuk anak
Kelas Coding is Fun

Sesuai dengan tag linenya “Coding is Fun”, kelas coding di Sekolah Coding Anak Indonesia adalah kelas pemrograman komputer menggunakan aplikasi berbahasa visual (Scratch, Microbit, PictoBlox, Tinkercad, S4A, Ardublock + microcontroller Arduino) yang menarik, mudah, serta menyenangkan.

Di kelas Coding is Fun ini, siswa belajar membuat game, animasi, cerita interaktif, aplikasi dan robot secara mandiri. Selain itu Kurikulum Coding is Fun juga mendukung konsep logika matematika dan computational thinking serta materi seni rupa dan kreativitas. Semuanya menyenangkan dan mudah dilakukan.

Tidak hanya itu, siswa kelas Coding is Fun juga diarahkan untuk memahami prinsip robotika dasar, ditambah dengan mikrokontroler Microbit, Arduino, yang pengoperasiannya menggunakan software Microbit, Tinkercad, PictoBlox maupun Ardublock. Metode belajar yang diterapkan di Sekolah Coding Anak Indonesia yaitu 85% praktek dan 15% teori.

Sekolah Coding Anak Indonesia diselenggarakan awalnya pada tahun 2017 oleh RUMAH SENI RUPA KAKZULFA yang pemilik sekaligus seorang seniman alumni Seni Rupa ITB angkatan 83, sekaligus pendiri sekolah seni rupa terbuka bersama Muhammad Edliadi yang alumni Astronomi ITB angkatan 2000.

Bahasa coding adalah bahasa universal yang akan banyak digunakan kelak di era industri 4.0 ke depan, dan anak-anak akan dapat paham materi coding ini lewat bahasa yg universal, yaitu bahasa gambar (block code).

Syarat, Fasilitas dan Kurikulum Coding is Fun

Dalam menjalankan kelas Coding is Fun ini, Sekolah Coding Anak Indonesia memberikan berbagai persyaratan agar calon siswa dapat mengikuti materi yang diajarkan. Syarat tersebut antara lain:

  • Anak usia SD & SMP
  • Khusus siswa 1 dan 2 SD sebaiknya didampingi oleh orangtua
  • Memahami pengoperasian dasar komputer
  • Mentaati peraturan yang ditetapkan
kelas coding untuk anak
Siswa kelas Coding is Fun yang memenangkan kejuaraan R4M Januari 2020.

Selain pengajar utama di kelas coding ini yang adalah para alumni ITB yang telah berpengalaman di dunia pendidikan anak sejak 1983, Sekolah Coding Anak Indonesia ini juga mempunyai fasilitas yang mendukung siswa dalam belajar. Selama pandemi kelas coding dilakukan secara online, berikut fasilitasnya:

• 48 kali pertemuan (+- 6 bulan)
• Durasi pertemuan rata-rata 1 3/4 jam
• Setiap hari Sabtu pukul 14:00 – 16:00 WIB & Rabu pukul 16:00 – 17:30 WIB
• Konsultasi projek lomba via WA Grup dan privat
• Raport digital akhir semester
• Materi video tutorial dan materi online
• Kit Arduino/Micro:bit (bagi peserta yang baru pertama kali ikut) dikirim ke alamat rumah.

Sedang kurikulum yang diberikan kepada siswa meliputi:

  • Aplikasi berbasic bahasa visual:
    – Scratch, Picotblox, S4A, Tinkercad, Microbit, Makecode, Drone Block, DJI Robo Master S1
  • Microcontroller Micro:bit, Arduino
  • Dasar elektronika
  • Dasar mekanika
  • Seni Rupa dan kreativitas
  • Presentasi projek
  • Projek perorangan
  • Pameran karya siswa
  • Setiap siswa dapat naik ke level berikutnya kapan saja, sesuai dengan kecepatan memahami materi per levelnya, jadi tidak musti menunggu 6 bulan.
  • Metode belajar full praktek langsung membuat projek
  • Aktif mengikuti ajang lomba coding
  • Setiap level kelas maksimal 9 peserta
kelas coding untuk anak
Sertifikat penghargaan siswa kelas Coding is Fun.

Setiap akhir kelas setiap siswa mendapat tantangan untuk berkreasi membuat sebuah project game dengan menggunakan Scratch dan atau perangkat robotika + Mikrokontroler, yang kemudian disiapkan di ajang pameran karya tahunan siswa. Siswa juga didukung untuk mengikuti berbagai lomba dan terbukti ada banyak siswa Coding is Fun yang berhasil memenangkan berbagai kejuaraan.

Kegiatan mengenalkan coding ke masyarakat luas terutama pada anak-anak sebagai upaya awal melawan anak yang kecanduan game dengan mengajaknya untuk belajar membuat game. Bermain game dan membuat game adalah hal yang berbeda. Dalam hal membuat game si anak akan belajar banyak hal. Yang terpenting adalah belajar berpikir runut, matematis serta kreatifitas, berbeda dengan pemain game yang hanya menikmati saja dan memuaskan kesenangannya dalam bermain game.

Belajar coding tidak hanya dapat membuat game, tapi melalui coding anak belajar dan berkarya membuat animasi, menciptakan aplikasi, membuat cerita interaktif, membangun robot pintar, internet of thing dan lain sebagainya.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Sekolah Coding Anak Indonesia dan kelas Coding is Fun ini kalian bisa menghubungi melalui sosial media instagram @kakzulfa @coding.is.fun dan youtube @ArtNCoding atau di http://wa.me/+628119461993.

 

6 Replies to “Kelas Coding is Fun di Sekolah Coding Anak Indonesia”

  1. Kelas coding is fun ini iklannya sering aku lihat di timeline mbak. Aku belum tau sih anakku minat atau tidak ke kelas ini, tapi kayaknya menarik banget ya buat anak-anak usia SD atau SMP. Nanti aku mau tanyakan dulu ke si kecil, semoga dia berminat untuk ikutan kelas coding is fun ini supaya jadi bekal untuk kedepannya.

  2. Wah menarik ya, memang sepertinya pemrograman perlu diajarkan sejak kecil,agar mereka terbiasa kelak. Dulu aku agak telat belajar pemrograman, juga kalau sejak kecil belajar ya. Saat ini ada masa-masa senang koding, tapi ada masa juga jenuh koding hahaha. Salam hangat kak Hida. (@depus)

  3. coding itu menantang dan menyenangkan 😀 pasti anak-anak suka

  4. Kurikulum di Sekolah Coding Anak Indonesia ini menyenangkan ya mbak. Anak dibuat mandiri untuk belajar membuat animasi, game dengan suasana yang Fun. Tentunya anak-anak merasa kegiatan ini memacu mereka untuk lebih kreatif

  5. Kelihatannya seru ya Mba. Selain belajar dengan cara yang fun, belajar coding juga bisa mengalihkan anak dari gadget dengan lebih bermanfaat.

  6. Seru y codding .. buat anak juga.. dlu jaman kecil mau belajar gini susah.. skrg mudah yaaak

Leave a Reply