Bersama Mandiri Edukasi, Perencanaan Keuangan Matang, Masa Depan Tenang 

Dalam kehidupan kita, tentu tidak terlepas dari kebutuhan (baik primer dan sekunder)maupun keinginan. Sudah seharusnya kita bijak dalam memilah-milah mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang keinginan. Dibutuhkan perencanaan yang matang agar kita dapat mengatur pembiayaan dari kebutuhan dan keinginan tersebut. Apalagi seperti saya yang penghasilannya tidak menentu atau sebagai freelancer.
Bank Mandiri sebagai bank nasional terbesar di Indonesia kali ini memberikan edukasi tentang perencanaan keuangan kepada masyarakat. Event yang bertajuk Mandiri Edukasi 2017 ini digelar di beberapa kota di Indonesia dan Bekasi merupakan kota ke 3(tiga) setelah Jakarta dan DI Aceh. Beruntung sekali saya mendapatkan kesempatan untuk hadir bersama rekan-rekan dari Blogger Reporter Indonesia di acara tersebut. Acara yang diselenggarakan tanggal 14 April 2017 ini bertempat di Excelso Cafe, Sumarecon Mall Bekasi. Tidak hanya menghadirkan pakar dibidang keuangan tapi juga menghadirkan demo masak bersama Master Chef Lucky Andriono, pemenang pertama  Master Chef Indonesia. Chef Lucky memberikan tips masakan praktis yang mudah dipraktekkan dengan bahan-bahan baku yang juga mudah didapat. Dengan sajian internasional tapi bercita rasa tinggi yang dapat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia.

mc tommy dan chef lucky
Ki-ka : MC Tommy Purba dan Chef Lucky (dok: Instagram)
ibu nita
Ibu Nita Oktaviani Aji, Assistant Vice President Mandiri (dok: Instagram)
Acara yang dipandu oleh MC Tommy Purba berlangsung meriah dan interaktif. Sebelum acara dimulai, setelah melakukan registrasi kami pun disuguhi hidangan makan siang. Yang saya pilih menu hari itu adalah Fettucini dan Moca Latte Shake. Tepat pukul 13.30 acara dibuka dengan opening speech oleh ibu Nita Oktaviani Aji, Assistant Vice President Mandiri. Beliau berharap dengan acara mandiri edukasi ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat akan pentingnya perencanaan keuangan untuk keluarga agar masa depan lebih tertata. Usai pembukaan oleh ibu Nita,acara dilanjutkan dengan demo masak oleh Chef Lucky dengan menampilkan 2(dua) menu yaitu Banana Pina Colada dengan bahan dasar pisang yang di masak dengan sedikit butter dan taburan gula palem dengan saos santan aroma rhum. Menu kedua yaitu Morocon Beef Soup yaitu sup daging sapi dengan rempah-rempah khas Maroko, pembuatannya juga mudah, dengan tekstur yang lembut segar dari tomato pure dan rempah_rempah. Mengapa chef Lucky memilih kedua menu tersebut, karena chef Lucky ingin ibu-ibu dapat menyajikan masakan yang variatif tapi juga mudah dalam pembuatannya. Untuk bahan-bahannya pun chef Lucky membolehkan untuk divariasikan sesuai keinginan dan selera.
bapak moudi
Bapak Moudi, Head of Corporate Mandiri Investasi (dok: Instagram)
Sesi berikut, setelah penampilan chef Lucky yaitu Bapak Moudi selaku Head of Corporate Mandiri Investasi. Beliau mengatakan kebanyakan dari masyarakat Indonesia belum sepenuhnya membuat perencanaan untuk penghasilan dan pengeluarannya. Padahal hal tersebut penting sekali dilakukan, untuk membantu menata keuangan kita, berapa penghasilan kita dan untuk apa sajakah penghasilan yang kita dapatkan itu kita keluarkan. Pendapatan sebesar apapun apabila tidak dikelolal dengan baik akan percuma saja. Kita tidak tahu kemana saja pengeluaran kita terpakai. Dengan perencanaan keuangan kita dapat menghadapi masa depan dengan lebih terencana. Penghasilan yang dikelola dengan baik dapat menjadi ladang investasi. Investasi apa yang sebaiknya diambilpun juga kita harus bijak mencermatinya. Terkait dengan hal tersebut,  ada 5 (lima) tips yang dipaparkan oleh Pak Moudi agar kita dapat mengelola keuangan dengan baik,yaitu:

  1. Buat catatan keuangan keluarga. Dibagi menjadi 2(dua) bagian yaitu: a. Arus kas, laporan keuangan yang berisi aliran kas masuk dan keluar dari suatu keluarga selama periode tertentu. Pemasukan yang kita dapat dari penghasilan lebih fleksibel sifatnya karena adanya batas maksimum yang harus dikeluarkan juga bisa dilakukan penghematan. b. Neraca, yaitu catatan atas harta dan hutang. Pilah mana yang termasuk aset dan mana yg termasuk kewajiban. Aset kas diantaranya yaitu tabungan, deposito, reksadana, pasar uang. Investasipun termasuk jenis harta seperti logam mulia dan ada juga aset konsumsi seperti rumah, apartemen. Sedangkan yang termasuk hutang adalah pinjaman jangka pendek,kartu kredit, juga dana tunai. Buatlah prioritas dalam mengelola catatan keuangan, bedakan antara kebutuhan dan keinginan.
  2. Proteksi Aset, dengan mengelola resiko berarti kita juga mengelola kerugian finansial yang mungkin terjadi pada keuangan kita. Kita tidak pernah tahu kapan kita atau keluarga kita sakit, atau aset kita (rumah atau kendaraan) memerlukan perbaikan, bahkan unit link yang kita punya pun tidak terlepas dari faktor resiko.
  3. Lakukan Smart Investing, mengapa? banyaknya tawaran-tawaran investasi yang ada tentunya harus kita pelajari dengan baik,karena setiap individu itu berbeda kebutuhan investasinya. Ada baiknya lakukan tips berikut bila kita hendak melakukan investasi, yaitu: 1. Tujuan investasi, tentukan apa tujuan kita,unutk menikah,pendidikan. 2. Jangka waktu,investasi panjang tentunya lebih optimal dibanding jangka pendek ,3. Profil resiko,dimana tiap individu berbeda-beda,4. Alokasi investasi,lakukan jangan hanya di satu trempat saja,5. Tujuan periodik.
  4. Persiapkan Dana Darurat, lakukan persiapan dana khusus yang dialokasikan untuk kebutuhan tak terduga,seperti: biaya dokter,obat,rumah sakit, musibah, bencana alam, PHK mendadak, dan kerusakan peralatan di rumah. Untuk hal tersebut persiapkan dana 3x lipat dari biaya hidup.
  5. Bijak dalam Berhutang, pikirkan kembali sebelum berhutang apakah benar-benar diperlukan, karena seringka kali kita tergiur oleh iklan apalagi iklan promosi seperti cicilan 0%, penggunaan kartu kredit berlebih. Periksa kembali apakah kemampuan kita dapat menanggulangi hutang-hutang tersebut. Kalaupun terpaksa berhutang, kenali dan pelajari dahulu hutang seperti apa yang akan kita ambil, ada hutang produktif seperti untuk usaha, rumah yang keduanya itu memberikan profit kedepannya. Ada juga hutang konsumtif yang sebenarnya bisa kita hindari asalkan tidak termakan gaya hidup yang berlebihan, seperti liburan, pembelian barang-barang bermerk.

Pada intinya perencanaan keuangan itu dapat kita lakukan sendiri, asalkan konsisten dan dapat memprioritaskan mana yang harus kita dahulukan berupa kebutuhan, mana yang hanya keinginan semata. Apabila kita tidak dapat melakukan sendiri, Mandiri siap memberikan jasanya dengan mendatangi kantor bank Mandiri untuk melakukan konsultasi mengenai perencanaan keuangan. Seperti yang dikatakan pak Moudi di akhir sesi, bahwa “Janganlah kita menunggu kaya untuk berinvestasi, tapi lakukan investasi agar kita menjadi kaya”.

 
Resep Menu Banana Pina Colada
_20170415_150244
Banana Pina Colada
Bahan :

  • pisang, jenis apa saja,potong jadi 2-3 bagian, sebaiknya jangan terlalu matang
  • santan instan 2 kotak ukuran kecil
  • butter
  • gula pasir dicairkan
  • essens rhum
  • gula palem dan jahe bubuk

Cara Membuat:

  1. Pertama, buat saosnya terlebih dahulu. Panaskan butter hingga mencair, masukkan santan instan, aduk rata lalu tambahkan gula cair dan essens rhum, angkat,sisihkan
  2. Panaskan butter di wajan hingga mencair, masukkan potongan pisang, masak sampai matang sambil dibolak-balik
  3. Tambahkan gula palem dan jahe bubuk, biarkan hinga berkaramel, aduk rata, matikan api
  4. Siapkan piring saji,tata pisang yang sudah dimasak tadi, lau tuang saos santan diatasnya. Hiasi dengan potongan strawberry atau cherry. Sajikan.

Resep Menu Moroconcurba ( Morocon Beef Soup)

Exif_JPEG_420
Moroconcurba (Morocon Beef Soup)
Bahan:

  • daging sapi (has dalam, lebih cepat empuk),potong dadu
  • bawang bombay,cincang kasar
  • wortel,potong dadu
  • lobak,potong dadu
  • daun seledri,cincang halus
  • kunyit
  • jinten
  • paprika bubuk
  • garam
  • merica
  • gula palem
  • butter
  • tomatto pure
  • air kaldu (ayam/sapi)

Cara membuat:

  1. Panaskan butter,masukkan bawang bombay, tumis sampai layu dan harum
  2. Masukkan lobak, wortel dan daging sapi aduk rata
  3. Tambahkan jinten, kunyit, paprika bubuk, merica, aduk-aduk sampai rata. Masukkan tomatto pure, aduk rata.
  4. Tomatto pure dapat dibeli di supermarket besar , atau dapat dibuat sendiri dengan cara memblender kasar tomat buah segar yang kulitnya sudah dibuang
  5. Tambahkan garam dan gula palem, aduk rata, rasakan
  6. Masukkan air kaldu secukupnya, aduk rata, masak sampai matang. Tambahkan seledri cincang, lalu didihkan, matikan api
  7. Air kaldu dapat dibuat sendiri dengan cara merebus tulang-tulang ayam/sapi dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, seledri hingga matang
  8. Siapkan mangkuk saji, tuang sup ke dlam mangkuk, hiasi dengan taburan seledri, sajikan.

 
 
 
HQ’17
 
,