Blackmores Peduli Tukar Botol, Jaga Kelestarian Laut Indonesia

Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia

Dunia pariwisata di negara kita kini mulai bangkit dengan ditandai meningkatnya hunian di hotel-hotel dan penginapan, transportasi, pusat kuliner dan cendera mata serta objek-objek wisata baik itu wisata budaya, wisata konvensi maupun wisata alam. Salah satu objek wisata yang juga banyak dikunjungi yaitu pantai dengan pasir putihnya, deru ombak dan semilir angin pantai. Saya sendiri sejak pandemi gak pernah lagi mengunjungi pantai,padhal kangen banget ya menikmati indahnya pantai kita. Namun sayangnya masih saja ditemui sampah yang bertebaran yang dibuang tidak pada tempatnya dan mengotori keindahan pantai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Permasalahan sampah ini tidak habis-habisnya, terutama sampah plastik yang menjadi salah satu isu lingkungan yang harus segera dipecahkan oleh Indonesia. Beberapa permasalahan terkait sampah ini yaitu jumlah sampah yang makin besar, pengelolaan sampah yang kurang bertanggung jawab, dan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan sehingga mencemari lingkungan, terutama lingkungan laut Indonesia. Apalagi sampah plastik yang membutuhkan waktu lama agar dapat lebur dan butuh pengelolaan khusus terhadap sampah plastik ini supaya tidak mencemari lingkungan dan dapat digunakan kembali.

Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia
(pic by: pixabay, edit by: canva)

“Limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun, dimana diperkirakan sebanyak 3,2 juta ton diantaranya merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut.” -Badan Pusat Statistik 2021-

“Terdapat 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik, di mana sebanyak 48% di antaranya dibuang ke alam terbuka dan 9% dari sampah plastik berakhir di laut.” -Data National Plastic Action Partnership (NPAP) 2020-

Melihat fenomena dan data yang terkumpul mengenai sampah plastik ini, membuat Blackmores, salah satu suplemen kesehatan premium produksi KALBE Blackmores Nutrition (KBN) berinisiatif dan bergerak untuk menjaga kebersihan laut Indonesia melalui program Blackmores Peduli.

Program Blackmores Peduli Tukar Botol

Kepedulian Blackmores akan sampah plastik ini bermaksud untuk membantu mengurangi sampah plastik yang dapat mengotori laut demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Hal tersebut sejalan dengan komitmen Blackmores yang menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan. Seperti yang dipaparkan Astrid Prasetyo selaku Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition, sebagai produk suplemen kesehatan yang berbahan baku minyak ikan laut, maka Blackmores Odourless Fish Oil menjaga produk dan lingkungan mulai dari kualitas produk, kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang dihasilkan.

Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia
Blackmores Odourless Fish Oil

Dengan diadakannya Program Peduli Tukar Botol inilah, Blackmores berinisiatif untuk mengajak masyarakat peduli kebersihan dan lingkungan laut dengan cara mengumpulkan botol kemasan plastik multivitamin merk apapun dan meletaknnya di  dropbox yang tersedia di apotek yang ditunjuk atau di Blackmores Pop Up Stores yang ada di titik-titik di mal di Indonesia.

Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia
Drop box Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia

Sebagai apresiasi atas ikut berpartisipasinya masyarakat yang membawa botol kemasan plastik, Blackmores memberikan voucher belanja senilai tertentu. Botol-botol kemasan ini nantinya akan didaur ulang menjadi berbagai produk yang bermanfaat. Untuk pengelolaan daur ulangnya tersebut, Blackmores menggandeng organisasi eRecycle.

Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia
Dapatkan voucher belanja untuk setiap mengikuti Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia

Seperti yang kita ketahui, permasalahan sampah plastik ini tidak akan terpecahkan bila hanya satu pihak saja yang bekerja. Dibutuhkan berbagai pihak dan lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan baik darat, laut maupun udara. Sebagaimana yang dilakukan juga oleh Tasya Kamila, public figur dan juga pemerhati lingkungan yang banyak berperan aktif dalam isu lingkungan hidup. Dikatakan, generasi milenial sekarang yang juga sebagai agen perubahan harus lebih berperan aktif dalam isu lingkungan hidup ini karena mereka lah nantinya yang akan mewarisi kondisi lingkungan beserta isinya ini.

Blackmores peduli tukar botol jaga kelestarian laut Indonesia
Blackmores Pop Up Stores program peduli tukar botol

Program peduli tukar botol Blackmores ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi program jangka panjang sebagai wujud peduli Blackmores untuk menjaga laut tetap bersih, serta mengajak kepedulian masyarakat untuk menjaga sumber alami yang berasal dari laut untuk kebersihan lingkungan dan juga kesehatan masyarakat Indonesia.

21 Replies to “Blackmores Peduli Tukar Botol, Jaga Kelestarian Laut Indonesia”

  1. Sebuah aksi yang penuh nilai dari Blacmores ini akan mengilhami bagi siapa saja dari kita yang peduli dengan lingkungan serta umumnya masyarakat luas. Sukses selalu Blackmores!

  2. wah ada nih aku sampah botolnya, makasih infonya mbak

  3. Lumayan banget yaaa, tuker botol blackmores dapat voucher. Jadi hemat belanja ya, enak ini. Pelanggan blackmores jadi peduli lingkungan juga ngumpulin botol.

  4. Blackmores andalan saya dan istri, apalagi pas dia hamil. hasilnya botol-botolnya masih terkumpul di lemari dan voila! terbitlah blog ini. Kaya dapet jawaban buat dikemanain nih jejeran botol blackmores. Makasih infonya!

  5. Kepedulian Blackmores yang patut diapresiasi, mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian laut. Sambil memberikan manfaat bagi masyarakat.

  6. Campaign yang sangat menarik dari Blackmores untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang makin mencemari lingkungan.

  7. Angkat jempol pada program Blackmores Peduli ini
    Dengan langkah sederhana, menukar botol bisa jadi upaya penting dalam melestarikan laut ya mbak

  8. di rumah pakainya vitamin Blackmores tapi tidak tahu ada program seperti ini. Dimana aja yaa pop up storenya? Belum pernah juga liat di apotek atu mall deket sini soale

  9. Jadi ingat zaman dulu kalau mau beli minuman suka tukar botol. Sekarang kebiasaan ini diadakan lagi. Saya dukung banget. Supaya mengurangi jumlah limbah dan menjaga alam tetap lestari. Termasuk kelestarian laut

  10. selalu senang deh sama brand yang peduli banget sama lingkungan. Keren Blackmores! dan semoga makin banyak juga konsumen yang mendukung gerakan ini

  11. Konsep seperti ini harusnya bisa dicontoh oleh beberapa perusahaan produk minuman dalam kemasan. Apalagi di tempat wisata yang pastinya menimbulkan banyak pengunjung dan mengkonsumsi produk dalam kemasan

  12. Keren sekali ini program terbaru dari Blackmores menambah semangat masyarakat untuk turut menjaga laut dengan memilah sampah plastik yg tak terpakai bisa ditukar dengan voucher

  13. Ngomongin sampah plastik ini seperti makanbuah simalakama
    manusia ingin praktis dan bersih, tapi tak menyadari kalau itu merusak lingkungan!

  14. Jadi penasaran dropbox untuk kasih botol Blackmores ada di mana aja ya mba? Baguuus banget campaign-nya, semoga bisa berkelanjutan, nih.. Aku suka Blackmores, selain kualitas vitaminnya bagus, dan memang botolnya itu bagus juga.. 🙂

  15. Sebagai pengguna blackmores banyak manfaat yang di dapat. Apalagi di masa pandemi kemarin mbak. Btw jadi pengen beli lagi dan tukar botol bekas biar dapat voucher.

  16. Sebagai pengguna Blackmores, bangga banget Blackmores peduli tidak hanya soal kesehatan saja tetapi juga soal menjaga kelestarian lingkungan dengan adanya program tukar botol ini. Mesi buru-buru cek pop up store-nya ada di mana aja nih.

  17. Semoga sampah pelastik gak makin menumpuk di laut. Dan, tentunya perlu dukungan berbagai pihak. Blackmores memiliki program keren dengan Peduli ”Tukar Botol”.

  18. Blackmore turut berkontribusi untuk jaga laut Indonesia ya, keren nih campaign kaya gini. Semoga semakin banyak perusahaan lain yang mengikuti jejak kaya gini

  19. Senang sekali karena kini sudah mulai banyak pihak swasta yang peduli terhadap lingkungan, terutama lingkungan laut yang banyak sekali biotanya.
    Pingin ikutan mencoba Tukar Botol Blackmores agar ikut melestarikan lingkungan.

  20. Semoga campaign ini terus berkelanjutan, karena jadi reminder buat masyarakat untuk meminimalisir sampah botol plastik

  21. program yang sangat bagus karena bisa memanfaatkan botol bekas menjadi sesuatu yang memiliki nilai

Leave a Reply