Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan Jawa di Perpusnas

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta

Sebagai tempat mencari referensi baik bagi pelajar, mahasiswa, peneliti dan juga masyarakat umum, Perpustakaan Nasional atau Perpusnas yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta kini makin menunjukkan peningkatan baik itu fasilitas maupun pelayanannya. Dari segi fasilitas yang ada kini kian ditingkatkan, seperti fasilitas studio musik dan ruang gamelan.

Kalau dulu, para pelajar atau masyarakat umum yang mempunyai grup band yang  hendak berlatih musik harus menyewa studio musik yang bisa dibilang tidak murah. Kini, kita dapat menggunakan fasilitas studio musik yang disediakan Perpusnas untuk para membernya. Apa aja syarat dan ketentuannya, simak terus aja ya artikel ini.

Baca juga: Layanan Multimedia khusus untuk Peneliti di Perpusnas Jakarta

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas

Fasilitas studio musik

Bermain musik, selain membutuhkan alat musik, kita juga membutuhkan tempat untuk berlatih. Bisa aja sih berlatih musik di rumah sendiri, tapi konsekuensinya kita akan mengganggu orang lain dari suara alat musik yang kita mainkan. Karena nggak semua rumah dindingnya kedap suara. Menurut saya sih studio musiklah salah satu tempat yang tepat digunakan untuk berlatih musik, baik ketika sendirian atau bersama grup band. Namun sayangnya sewa tempat atau studio musik itu memang tidaklah murah, apalagi buat para pelajar dan mahasiswa yang belum bekerja dan masih mengandalkan keuangan orang tua.

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Lantai 8 layanan audio visual

Salah satu solusi agar dapat tetap bermain dan berlatih musik tanpa mengkhawatirkan biaya sewa, yaitu mencari fasilitas studio musik yang tidak memungut biaya. Menjawab permasalahan tersebut, Perpusnas membuka layanan fasilitas studio musik yang berada di lantai 8, tepatnya di layanan Audio Visual yang bersebelahan dengan ruang Teater Mini.

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Studio Musik yang bersebelahan dengan Teater Mini
Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Reservasi online fasilitas Studio Musik

Fasilitas studio musik ini dapat digunakan oleh perorangan atau grup band. Namun ada persyaratannya, yaitu:

  1. Wajib memiliki kartu anggota Perpusnas bagi seluruh anggota band
  2. Wajib mendaftar online di sini
  3. Wajib memakai masker
  4. Maksimal jumlah anggota band 7 orang
  5. Wajib mempunyai video performance yang dikirim melalui link pendaftaran
  6. Maksimal penggunaan studio musik yaitu 2 jam
  7. Menjaga peralatan musik yang ada di studio musik Perpusnas

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Aneka peralatan musik yang tersedia di studio musik Perpusnas

Penggunaan studio musik ini tidak bisa sembarangan, kita harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Anggota Perpusnas yang hendak menggunakan studio musik ini dan telah melakukan pendaftaran akan mendapatkan konfirmasi jadwal dari pihak studio musik. Untuk jam operasional studio musik Perpusnas ini mulai dari pukul 15.00-17.00 WIB dan berlaku setiap hari.

Alat musik yang tersedia di studio musik Perpusnas ini antara lain terdiri dari bass, gitar (elektrik dan klasik), keyboard, juga drum. Selain itu juga tersedia ruang khusus tempat perangkat sound system yang dijaga oleh petugas/operator.

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Perangkat sound system di studio musik Perpusnas

Fasilitas studio musik Perpusnas ini digunakan sejak bulan Mei 2021, namun sempat ditutup karena adanya peraturan PPKM dari pemerintah. Seiring menurunnya kasus positif virus covid-19 dan menurunnya level di Jakarta, maka Perpusnas kembali beroperasi berikut fasilitasnya.

Fasilitas ruang gamelan Jawa

Berbeda dengan fasilitas studio musik yang berada di lantai 8, fasilitas ruang gamelan Jawa ini berada di ruangan yang berbeda. Tepatnya di Bangunan Cagar Budaya (BCB) Barat, gedung Perpusnas. Jadi ketika kita memasuki gedung Perpusnas, kita akan mendapati gedung BCB Barat ini tepat di sebelah kiri bangunan lobby tempat kita melakukan scan barcode pedulilindungi. Lokasi persisnya dibelakang pos satpam di pintu masuk utama.

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Bangunan Cagar Budaya (BCB) Barat lokasi Ruang Gamelan

Fasilitas ruang gamelan Jawa ini memang menempati bangunan khusus karena ruangan di bangunan utama sudah tidak mencukupi. Untuk dapat menggunakan fasilitas ruang gamelan Jawa ini, kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Tampak depan Ruang Gamelan di BCB Barat Perpusnas Jakarta

Berikut ini peraturan pemakaian fasilitas gamelan Jawa di Perpusnas :

1. Wajib memiliki kartu anggota Perpusnas
2. Wajib mendaftar online di sini
3. Wajib memakai masker
4. Wajib melepas alas kaki
5. Boleh membawa air minum (mineral) tanpa alkohol saat latihan tapi tidak boleh membawa makanan/makan di ruang gamelan
6. Tidak boleh melangkahi gamelan
7. Wajib mengembalikan kembali alat pukul yang digunakan saat latihan gamelan pada tempatnya
8. Wajib menjaga/merawat alat/rincikan gamelan, apabila tiba-tiba rusak ketika memakai harus diganti
9. Tidak boleh merokok di ruang latihan gamelan
10. Apabila pengunjung kehilangan barang yang di bawa saat kegiatan layanan dan pengenalan gamelan, menjadi tanggung jawab pengunjung

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Pintu utama ruang gamelan Jawa, wajib lepas alas kaki dan letakkan di kotak sepatu dan sandal

Jadwal penggunaan fasilitas ruang gamelan Jawa ini mengikuti jadwal operasional Perpusnas, yaitu mulai dari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 16.00 WIB dan untuk Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 15.30 WIB. Oiya, selain tersedia berbagai macam perangkat gamelan, kita dapat mempelajari gamelan itu sendiri. Ada mas Suk yang akan mengajari kalian tentang pengenalan sekaligus pelatihannya. Jadi gak asal mukul-mukul aja, ya.

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta

Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan di Perpusnas Jakarta
Pengenalan dan pelatihan gamelan dilakukan dengan dipandu instruktur

Penting untuk mengenali dan memahami fungsi dan cara menggunakan tiap gamelan. Sebagai orang awam yang tidak pernah menggunakan alat musik gamelan, fasilitas ruang gamelan Jawa ini sangat membantu saya untuk lebih mengenal dan memahami alat tradisional ini. Gak cuma pelajar dan mahasiswa aja yang bisa belajar dan menggunakan ruang gamelan ini, tapi juga berlaku untuk masyarakat umum asalkan sudah menjadi anggota Perpusnas.

Buat kalian yang belum mendaftar menjadi anggota Perpusnas, yuk daftar aja, gampang dan cepat kok. Kalian tinggal menuju lantai 2 di ruang pendaftaran dan mengisi form pendaftaran di komputer yang sudah tersedia dan mendapatkan nomer antrian. Setelah dipanggil oleh petugas dan mencocokkan data kalian, lalu dilakukan pemotretan untuk kartu anggota. Hari itu juga kartu anggota langsung jadi deh.

Oiya, untuk memasuki gedung Perpusnas syaratnya harus sudah vaksinasi Covid-19 minimal dosis 1 dan scan barcode aplikasi pedulilindungi di lobby utama. Protokol kesehatan di gedung Perpusnas ini juga dilakukan dengan ketat. Jadi kapan nih mau ke Perpusnas dan mencoba fasilitas studio musik dan ruang gamelan Jawa di Perpusnas ini? Jangan lupa ajak teman dan kerabat kalian, ya?

19 Replies to “Fasilitas Studio Musik dan Ruang Gamelan Jawa di Perpusnas”

  1. Aku udah berkali-kali baca tulisan temen blogger yang infokan soal perpusnas. Tapi rasanya baru di sini aku tahu kalau di sana juga ada studio musiknya. Luar biasa! bener-bener wajib didatangi kalau ke Jakarta lagi.

    1. Iya donk oom..sekalian daftar jadi member juga, ya?

  2. Demi apa Aku baru tahu fasilitas studio Musik Dan ruang gamelan jawa. Enak banget bisa mendengarkan Musik atau belajar gamelan langsung disana. Pastinya refrensinya banyak banget. Betah pasti disana

    1. Iya kak…Perpusnas makin bebenah dengan memberikan fasilitas yang lebih variatif lagi. Ayuk kak main-main ke Perpusnas dan cobain belajar gamelan Jawa.

  3. Bagus nih fasilitas” di perpusnas Jakarta, ada studio musik dan ruang gamelannya… Dan fasilitas ini seperti ruang penyegaran dari perpustakaan yg biasanya diisi oleh banyak bacaan ya mba, jadi penasaran nih sama perpusnasnya..

  4. Keren ya Perpusnas menyediakan fasilitas berlatih musik gini, gratis pula dengan syarat prokes yang ketat gitu juga jadi semua saling terlindungi ya.
    Ruang gamelan Jawanya pun juga lengkap dengan pemandunya ya, jadi bisa sekalian belajar dong 🙂

  5. Keren banget kok sampe ada studio musiknya! beneran baru tau, ini ada khusus ruangan gamelannya. Ke perpus bisa satu paket, baca buku, main musik, melestarikan budaya daerah. seru..seru…

  6. Ternyata di Perpusnas ada studio musik dan gamelan Jawa nya. Saya kira di perpustakaan adanya hanya buku-buku yang banyak, ternyata ada ruang yang beda.

    Terus cara daftarnya bisa online ya kalau mau pakai. Kalau deket, bisa nih sering main-main ke perpusnas.

  7. Ya ampun, kangeenn banget ke perpusnas. Terakhir kesana tahun berapa yak, jauh sebelum pandemi kayaknya. Sekarang ternyata makin banyak aja fasilitas yang tersedia, gak cuma tentang buku, tapi juga seni. Gamelan ini asyik banget loh kalau didengerin

    1. Iya…ayo main ke Perpusnas lagi, bawa anak-anak pasti seneng deh.

  8. Perpustakaan dikasih fasilitas bermusik? Hmm…baru tahu saya. Sekilas kesannya nggak nyambung sih, tapi sepertinya idenya menarik. Bayangin misalnya baru selesai baca buku autobiografi musisi, terus tetiba terinspirasi bikin lagu, bisa langsung njujug ke ruang musik buat jam session (ok, nggak seliar itu juga sih).

  9. wahh jadi makin betah yaa ke perpusnas. Keren nih pepusnas, semakin berbenah dengan memberikan banyak fasilitas yang bermanfaat bagi pengunjung

  10. Ihh keren banget baru tau loh kalau di Perpusnas ada fasilitas studio musik sama ruang gamelan jawa. Kirain cuma ada buku-buku yang banyak aja bisa nih kalau nanti kesana sekalian belajar bermain gamelan yaa apalagi ada pemandunya komplit deh.

  11. Yuni Bint Saniro says: Reply

    Keren sih. Perpustakaan bisa menjadi sumber informasi dengan koleksi buku-bukunya. Bagi yang suka musik dan nggak memiliki biaya yang gedhe untuk mengembangkannya juga pasti terbantu sekali dengan fasilitas studio musik dan ruang gamelan yang ada di perpusnas. Ah, surga dunia banget sih ini.

  12. Omg itu ada di perpustakaan nasional?❤️
    Anakku Dio harus tau nih karena dia ingin banget punya studio sendiri. Dia pikir bikin studio mudah dan murah kali ye

  13. Hiks kapan ya bisa sampe perpusnas. Kalo baca postingan temen2 ttg perpusnas tu udah penasaran banget sekarang ditambah info ada ruang gamelan dan ruang musik makin deh kepo

  14. PerPusNas. Tujuan yang selalu ingin disinggahi taoi hingga kini masih belum pernah menginjakkan kaki disana, hiks.
    Ternyata Perpusnas lengkap banget, ya. Segala studio musik Jawa juga ada. Experience warga yang pernah kesana pasti bakalan seru banget! Someday semoga bisa ke perpusnas…

  15. Perpusnas ini emang lengkap banget fasilitasnya, ak suka bukubukunya karena lengkap dan fasilitas lain yang disediakan seperti ini.. Tapi ak kesana baru sekali sih, jadi pengen dateng lg hhi

  16. duh perpusnas ini benar-benar keren ya, mbak fasilitasnya. kalau ada rezeki ke Jakarta lagi wajib banget nih mampir ke sini biar nggak penasaran lagi

Leave a Reply