Film Koboy Kampus, Nostalgia Masa Kuliah

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah

Masa muda adalah masa dimana kita mencari jati diri. Masa-masa sekolah bahkan menjadi kenangan yang tidak bisa dilupakan. Begitu juga dengan yang Saya alami ketika menjalani masa di bangku sekolah dan kuliah. Kebetulan sekali Saya menghabiskan masa kuliah Saya di luar kota Jakarta yaitu di Yogyakarta.

Baca juga : Merantau ke Yogyakarta

Suka duka kisah di bangku kuliah sering kali membuat Saya tersenyum bila mengingatnya. Mungkin itu juga ya yang menjadi salah satu alasan Pidi Baiq membuat novel yang berdasarkan kisah di masa sekolah.

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah

Sebut saja novel Dilan 1990 yang banyak digandrungi pembaca, bahkan juga dibuat menjadi film yang cukup booming. Kalau film Dilan bercerita  tentang masa sekolah SMA, lain lagi dengan film Koboy Kampus yang juga diadaptasi dari novel Pidi Baiq.

Bernostalgia di film Koboy Kampus

Film Koboy Kampus karya Pidi Baiq ini bercerita tentang kisah kehidupan Pidi Baiq dan teman-teman seangkatan di jurusan Seni Rupa di kampus ITB (Institut Teknologi Bandung), yang mulai kelamaan kuliah tapi gak lulus-lulus alias bergelar MA (mahasiswa abadi).

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah

Mengambil lokasi Bandung, Jawa Barat yang kesehariannya  sangat kental dengan nuansa Sunda membuat film Koboy Kampus ini menarik perhatian Saya. Saya selalu suka dengan film-film yang berlatar seni dan budaya tradisional Indonesia. Selain itu film Koboy Kampus ini juga mengingatkan kita untuk setia mencintai tanah air dan negara Republik Indonesia.

Baca juga : Film Ambu, Cinta Ibu yang Tak Pernah Pudar

Selain berlokasi di Bandung, film Koboy Kampus ini juga mengambil waktu antara tahun 1997-1998 dimana para mahasiswa pada saat itu sedang riuh menggaungkan reformasi atas pemerintahan Orde Baru.

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah

Alih-alih ikut berdemo dengan teman-teman kampusnya, Pidi malah berniat membentuk negara sendiri dengan nama Negara Republik The Panasdalam. Kocaknya lagi, negara yang ingin dibentuk hanyalah ruangan kecil berupa studio lukis di kampusnya.

Asli nih film Koboy Kampus seru banget. Sampai disini banyak adegan-adegan yang membuat Saya menahan sakit perut karena tertawa. Komedinya khas Pidi Baiq banget.

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah
The Panasdalam bank di film Koboy Kampus.

Belum lagi backsound dari lagu-lagu yang diperdengarkan selama film Koboy Kampus ini diputar juga kocak dan ngasal tapi enak didengar. Band (yang gak mau dibilang band) yang nyanyiin lagu-lagu di film Koboy Kampus ini juga bernama The panasdalam bank. Lagu-lagunya asyik, quote-quotenya kena banget.

“Kampusmu adalah kampusmu, tetap yang terbaik. Orang-orang harus tahu. Semuanya adalah romantisme, sisanya adalah perjuangan.”

Film Koboy Kampus yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini, disutradarai sendiri oleh Pidi Baiq dan Tubagus Eddi. Kolaborasi duo seniman ini menurut Saya berhasil membangkitkan kenangan Saya sewaktu kuliah dulu. Nongkrong di kantin, pedekate dengan kakak angkatan, kabur dari dosen ketika ditanya kapan menyelesaikan tugas mata kuliah, bahkan sekali-kali ikut demo juga hehehe.

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah
Para pemain dan kru film Koboy Kampus

Film Koboy Kampus merupakan hasil kerjasama 69 Productions dan MNC Pictures. Dalam konferensi pers dan Gala Premiere pemutaran film Koboy Kampus yang diadakan di studio XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan ini bapak Rois Sunandar selaku Produser Eksekutif  sekaligus Managing Director 69 Productions mengatakan, walau baru pertama kali menjalin kerjasama dengan MNC Pictures, tapi berharap kedepannya akan berlanjut dengan memproduksi film-film Indonesia lainnya. Siapa tau akan ada novel-novel Pidi Baiq lainnya yang akan beliau produseri.

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah

Film Koboy Kampus ini mengambil pemain-pemain muda yang sudah tidak asing lagi. Ada Jason Ranti yang berperan sebagai Pidi yang dikenal juga sebagai musisi, juga Danilla Riyadi. Ada Ricky Harun, Bisma Karisma, Vienny JKT 48 bahkan pemain lawas Chicha Koeswoyo dan Ria Irawan.

Persahabatan para warga negara Republik The Panasdalam ini memang patut diacungi jempol lho. Ketika ada teman mereka yang berjuang mendekati gadis pujaannya dari kampus Unpad, mereka serentak bergotong royong membantu (bantu ngejailin juga..hehehe). Pokoknya susah senang mereka tetap bersama.

“Perempuan tidak hanya dia, ada 3 Miliar 21”

Kalau buat Saya sih, film Koboy Kampus ini rekomended banget tuk ditonton baik untuk kalian yang udah ga kuliah, pernah kuliah atau masih kuliah. Walau seting film ini di tahun 90-an, tapi masih related untuk sekarang ini kok. Gak rugi deh nonton film Koboy Kampus.

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah
Ingrid, Duta Besar Inggris untuk negara Republik The Panasdalam.

Apalagi Gala Premiere film Koboy Kampus ini diadakan di dua kota yaitu di Jakarta, pada tanggal 18 Juli kemarin dan di Bandung tanggal 21 Juli. Sok atuh anak ITB dan Unpad, kuy lah nonton film Koboy Kampus ini. Kita tonton akting kerennya Jason Ranti dan teman-temannya.

Film Koboy Kampus akan tayang serentak pada tanggal 24 Juli di bioskop-bioskop kesayangan kalian. Sebelumnya cus deh liat trailernya, dijamin ngakak.

Film Koboy Kampus

KOBOY KAMPUS “Understanding The Panasdalam

Produksi
69 PRODUCTION & MNC PICTURES

Produser Eksekutif
MARDANI H MAMING
ROIS SUNANDAR H MAMING
VALENCIA HERLIANI TANOESOEDIBJO

Produser
BUDI ISMANTO
MUHAMMAD SOUFAN (MUNNA)
M. NOLIZAM

Sutradara
PIDI BAIQ
TUBAGUS DEDDY

Penulis
PIDI BAIQ
TUBAGUS DEDDY

Produser Kreatif
SEKAR AYU ASMARA
VIVA WESTI

Promo Produser
CHANDRA SAPTA SURYA
WILMAN NATA KUSUMA

PEMAIN:
Jason Ranti  sebagai Pidi
Ricky Harun  sebagai Ninu
David John Schaap  sebagai Erwin
Miqdad Addausy  sebagai Dikdik
Bisma Karisma  sebagai Deni
Steffi Zamora Husein  sebagai Rosi
Danilla Riyadi  sebagai Nova
Vienny JKT48  sebagai Nia
Christina Colondam  sebagai Santi
Jennifer Lepas  sebagai Inggrid
Anfa Safitri  sebagai Rianto
Chicha Koeswoyo  sebagai Ibunya Pidi
Ria Irawan  sebagai Ibunya Nia

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah

Film Koboy Kampus, nostalgia masa kuliah
ISB Nobar Pre Screening film Koboy Kampus

One Reply to “Film Koboy Kampus, Nostalgia Masa Kuliah”

  1. […] saja Film Koboy Kampus yang penayangannya masih diputar di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia. Kali ini hadir Film […]

Leave a Reply